Menjaga Keharmonisan Fungsi Keluarga dengan Berkumpul dan Bicara

By On Kamis, Desember 10th, 2015 Categories : review

minum teh

Fungsi keluarga adalah hal yang paling penting bagi setiap individu didalam keluarga, baik orang tua dan anak. Keluarga adalah tempat bagi setiap anggota keluarga untuk menjalankan setiap peran, hak, dan kewajiban masing-masing anggota. Keharmonisan adalah hal mendasar bagi terlaksananya setiap fungsi dari keluarga dengan baik. Setiap keluarga, baik orang tua maupun anak pasti menginginkan keluarga yang harmonis. Keluarga yang harmonis dapat tercipta dengan adanya kerekatan dan keceriaan setiap anggota keluarga. Keharmonisan dapat tercipta salah satunya dengan seringnya tatap muka setiap anggota keluarga dan waktu untuk bercengkrama.

Namun seiring berjalannya waktu, didalam sebuah keluarga biasanya waktu untuk berkumpul dan bertatap muka semakin berkurang diakibatkan oleh kesibukan masing-masing anggota keluarga. Kesibukan terjadi karena orang tua yang sibuk bekerja sehari-hari untuk mencari nafkah, dan anak yang sudah sekolah atau sedang mencari ilmu dan memiliki banyak aktivitas dalam setiap harinya. Setelah sibuk seharian dalam kegiatan kantor dan sekolah, setelah sampai rumah tak jarang setiap anggota keluarga hanya membersihkan diri, kemudian tidur malam dan istirahat. Ketidakharmonisan akibat kurangnya waktu untuk bertatap muka harus diperhatikan. Apabila dibiarkan maka akan mengakibatkan fungsi keluarga mulai berkurang dalam keharmonisannya. Untuk menjaga hal tersebut, maka berkumpul dan berbicara sejenak walau hanya sebentar harus diluangkan demi tetap terjaganya keharmonisan keluarga.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dikenal dengan tradisi minum teh. Sariwangi dapat digunakan sebagai teman berbicara dalam sebuah keluarga. Dengan tradisi meminum teh Sariwangi, sejenak luangkan waktu setiap anggota keluarga untuk berkumpul dan berbincang diantara keluarga dan sekedar berbagi cerita seputar kegiatan yang dijalankannya hari ini, maka keharmonisan dalam keluarga akan tetap terjaga. Kegiatan meminum teh untuk berbincang bersama keluarga dapat dilakukan dan diluangkan dalam sedikit waktu dalam setiap hari, misalnya setelah makan malam, kemudian berbincang dengan meminum teh sambil menonton televisi. Setelah keharmonisan dalam keluarga tetap terjaga, maka fungsi keluarga bagi setiap anggota keluarga juga akan tetap terlaksana dengan baik.

Menjaga Keharmonisan Fungsi Keluarga dengan Berkumpul dan Bicara | Destiara Cahaya | 4.5