Hindari Kesalahan Memilih Speaker Soundsystem, Berikut yang Harus Diperhatikan

By On Rabu, Desember 30th, 2015 Categories : review

Speaker tidak hanya dipergunakan dalam ruangan karena terdapat speaker yang ditempatkan di luar ruangan sehingga suara orang atau musik yang merupakan input dari alat tersebut dapat didengar hingga jangka luas tertentu. Speaker lapangan biasanya memiliki harga speaker sound system yang lebih mahal karena ketahanannya. Akan tetapi, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi ketika pemasangan atau masalah dalam speaker tersebut.

Pertama adalah kesalahan dalam pemilihan speaker. Alat output suara tersebut harus memiliki daya watt sekitar 500-600 watt untuk hight, 600-800 watt untuk speaker sebesar 6-12” dan 800-2000 watt untuk 15-21”. Harga speaker sound system tergantung pada kapasitas watt yang ada. Saat ini banyak speaker yang lebih menggunakan magnet NEO karena ukuran yang lebih kecil namun memiliki daya tampung yang lebih besar jika dibandingkan dengan speaker lapangan dengan menggunakan magnet ferit.

Selain daya watt, Anda juga harus memperhatikan mengenai PA atau power amplifier dengan perhitungan minimal PA dihitung dari 150% dari watt speaker tersebut. Hal tersebut dikarenakan karakter dari PA akan menentukan hasil akhir audio. Untuk speaker lapangan, jangan lupa dengan design box speaker yang harus disesuaikan dengan jenis dan karakter speaker. Dengan ukuran box yang sesuai, tidak hanya mampu untuk melindungi speaker tersebut namun juga berpengaruh pada kualitas suara dan volume.

Speaker Soundsystem

Kesalahan lain pada speaker lapangan dan bukan karena kesalahan dalam pemilihan harga speaker sound system yang sering dilakukan yaitu:

• Pemilihan mixer dan aksesoris yang digunakan. Jika nantinya Anda akan menggunakannya untuk melakukan mix pada acara live, sebaiknya gunakan mixer dengan channel minimal 32 channel dengan tenaga dorong kuat.
• Kabel dari sound system tersebut. Jika Anda salah dalam pemilihan kabel maka output suara yang dihasilkan tidak akan maksimal dan bahkan akan menimbulkan masalah lain misalnya konsleting karena tidak mampu menampung daya.
• Sumber arus
• Penempatan speaker tersebut. Bagus tidaknya suara juga dipengaruhi oleh benda dan keadaan yang ada di sekitar tempat pemasangan misalnya terpengaruh akan angin yang akan membuat suara menjadi kurang jelas.

Hindari Kesalahan Memilih Speaker Soundsystem, Berikut yang Harus Diperhatikan | Destiara Cahaya | 4.5