Definisi Ruang Reklamasi Beserta Sistem yang Diterapkan

By On Minggu, Juni 12th, 2016 Categories : review

Reklamasi secara bahasa mempunyai arti yaitu memperbaiki sesuatu yang rusak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ruang reklamasi adalah ruang atau kesempatan dimana suatu daerah atau tempat dapat melakukan perbaikan terhadap suatu daerah melalui pemanfaatan tanah atau lahan yang tidak digunakan, dan akhirnya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat serta dapat membantu kebutuhan masyarakat sekitar. Saat ini Reklamasi Jakarta dipusatkan di daerah pantai jakarta utara dan akan berdampak pada 7 kelurahan.

fokus-reklamasi-teluk-benoa-dan-jakarta

Untuk berbagai daerah atau negara yang berhasil dan sukses dalam melakukan reklamasi adalah singapura, jepang dan dubai. Banyak yang mengatakan bahwa reklamasi digunakan sebagai proses pembentukan tanah baru di pesisir pantai. Reklamasi ini memiliki tujuan yaitu untuk menjadikan kawasan berair yang rusak dan sudah tidak berguna lagi untuk menjadi lahan tanah yang akhirnya dapat memberi manfaat lebih baik. Untuk prosesnya sendiri, reklamasi atau ruang reklamasi ini memiliki beberapa proses atau sistem yang digunakan. Berikut ini adalah jenis sistem yang digunakan:

1. Sistem Timbunan
Sistem yang digunakan pertama jika terdapat ruang reklamasi atau kesempatan untuk memperbaiki adalah dengan sistem penimbunan. Dengan sistem timbun ini, maka reklamasi digunakan dengan cara menimbun perairan pantai yang sudah tidak memberikan manfaat sampai muka lahan berada di atas perairan laut yang tinggi.

2. Sistem Polder
Sistem yang kedua yakni sistem polder, sistem yang satu ini yaitu dengan melakukan pengeringan perairan yang akan direklamasi dengan cara memompa air yang berada di dalam tanggul kedap air untuk dibuang keluar lahan reklamasi.

3. Sistem Kombinasi (Timbunan dan Polder)
Sistem ketiga yang juga sering digunakan ketika terdapat ruang reklamasi adalah dengan menggunakan sistem kombinasi, sistem kombinasi ini adalah sistem gabungan dari sistem timbunan dan juga sistem polder.

Itulah maksud dari ruang reklamasi lengkap dengan sistem yang digunakan. Dengan mengetahui sistem yang digunakan dalam reklamasi ketika terdapat ruang reklamasi atau kesempatan serta apa maksud dari reklamasi kita bisa mengerti dan mendapatkan ilmu baru yang tentunya bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain. Seperti reklamasi jakarta yang akan berfungsi sebagai lahan baru dan juga penyangga banjir rob,terlepas dari pro kontra di sisi lain juga membawa dampak positif bagi daerah pantai jakarta utara.

Definisi Ruang Reklamasi Beserta Sistem yang Diterapkan | Destiara Cahaya | 4.5