Ketahui Ketentuan Berqurban Idul Adha

By On Rabu, September 7th, 2016 Categories : review

Idul Adha merupakan salah satu hari raya ummat Islam yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah pada kalender Islam. Hari raya Idul Adha hanya hadir setiap satu tahun sekali, oleh karena itu, perlu dijalankan dengan baik, mulai dari ibadah Sholat Ied, hingga penyembelihan hewan kurban. Hewan qurban di Indonesia sudah mulai banyak dijual di banyak tempat, mulai dari kambing, domba, hingga kerbau. Penyembelihan hewan qurban merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi setiap ummat Islam yang mampu pada hari raya Idul Adha. Ibadah qurban bagi ummat Islam yang bertakwa dapat meningkatkan ketakwaan serta berbagi kepada sesama yang kurang beruntung dalam hal perekonomiannya. Dalam berkurban tentunya terdapat beberapa ketentuan untuk setiap hewan qurban.

korban-620x330

Hewan Qurban Kambing
Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang diperbolehkan untuk proses penyembelihan di Hari Raya Idul Adha. Terdapat sebuah hadist riwayat Tirmidzi yang mengatakan bahwa:
“pada masa Rasulullah, ada seorang suami menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya sendiri dan juga keluarganya.”
Terdapat perselisihan antar ulama yang ada, namun dapat dilihat dari hadist tersebut bahwa qurban dengan kambing dapat diniatkan untuk satu keluarga. Ada juga dengan menyimpulkan pendapat dari berbagai mayoritas ulama yang menjelaskan penyembelihan hewan qurban Kambing dapat diniatkan untuk seluruh keluarganya, meski anggota keluarganya berjumlah ratusan jiwa.

Hewan Qurban Kerbau dan Unta
Hewan unta lebih diutamakan untuk dijadikan hewan qurban 2016 dibandingkan dengan hewan kambing. Namun bukan berarti berqurban dengan kambing mengurangi kualitas ibadah qurban. Hewan kambing lebih diutamakan untuk diri sendiri, sedangkan hewan kerbau atau sapi dapat dijadikan qurban untuk 7 dan 10 orang. 7 orang untuk kerbau, sementara 7 atau 10 orang untuk unta. Dari setiap 7 atau 10 orang yang ikut berqurban dengan satu sapi atau unta tersebut, dapat meniatkan untuk dirinya sendiri beserta keluarganya. Terdapat sebuah hadist riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

“Dahulu kami pernah bersafar bersama Rasulullah lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sebanyak sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.”

Dengan ini, kamu dapat berpatungan bersama tetangga untuk membeli hewan qurban kerbau ataupun unta dan dapat kamu niatkan untuk seluruh anggota kamu.

Beli Hewan Qurban 2016 Sehat dan Murah di Bukalapak
Beli hewan qurban kini menjadi semakin mudah dan praktis di Bukalapak.com yang merupakan toko online terpercaya di Indonesia. Bukalapak terus berkomitmen untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian masyarakat Indonesia, mulai dari produk elektronik, rumah tangga, fashion, otomotif, hingga hewan qurban murah setiap menjelang hari raya Idul Adha. Bukalapak bekerja sama dengan ACT atau Aksi Cepat Tanggap dan Global Qurban menyediakan hewan qurban sehat dan tentunya memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan agar penyembelihan qurban pun sah. Harga hewan qurban 2016 yang ditawarkan di Bukalapak juga cukup terjangkau dan bisa dicicil dalam beberapa bulan.

Dengan membeli hewan qurban dari Global Qurban di Bukalapak, kamu akan diberikan informasi yang detail, mulai dari penyembelihan, pendistribusian, hingga foto-foto hewan qurban yang telah kamu beli. Kamu juga akan diberikan sertifikat sebagai bukt bahwa kamu telah terdaftar dalam pengqurban di Global Qurban. Berqurban dengan mudah dan praktis hanya di Bukalapak.com.

loading...
Ketahui Ketentuan Berqurban Idul Adha | Destiara Cahaya | 4.5