5 Peluang Usaha Pertanian yang Patut Dicoba

By On Sabtu, Oktober 8th, 2016 Categories : review
Advertisement

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya.Sebagian besar dari masyarakatnya memilih untuk bercocok tanam sebagai mata pencaharian sehingga negara Indonesia bisa disebut sebagai negara agraris. Berbagai jenis tanaman bisa tumbuh subur di tanah Indonesia kita ini.Mengingat hal tersebut maka peluang usaha pertanian pun terbuka sangat lebar.Namun tidak semua jenis tanaman mempunyai harga tinggi.Harga tanaman tidak hanya ditentukan oleh jenisnya saja namun juga dari permintaan pasar. Berbicara tentang pertanian tidak hanya tentang tanam menanam saja tetapi masih banyak peluang usaha lain di bidang pertanian yang sama menjanjikan keuntungan besar.

Namun seperti usaha lainya,dalam menjalani usaha pertanian ini diperlukan kesungguhan,ketekunan,serta pengetahuan yang cukup jika menginginkan hasil sesuai dengan keinginan.Adapun peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian yang dapat anda coba diantaranya:

peluang-usaha-pertanian-yang-menjanjikan

1. Usaha obat dan bibit tanaman
Banyaknya pertanian yang berkembang tentunya menambah kebutuhan para petani untuk bertani. Dengan menyediakan kebutuhan para petani seperti obat-obatan tanaman, pupuk,bibit,serta alat-alat pertanian dan penunjang lainya bisa kita manfaatkan untuk menambah pundi-pundi keuangan kita.

2. Usaha tanaman obat herbal
Seiring perkembangan zaman berkembang pula jenis-jenis penyakit.Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan terus meningkat,salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal yang secara klinis mempunyai sedikit efek samping yang lebih rendah daripada obat kimia. Sekarangpun telah banyak perusahaan pembuat obat herbal seperti jamu dalam berbagai macam bentuk.Dengan alasan tersebut prospek akan usaha pertanian obat herbalpun akan meningkat. Tanaman yang mempunyai nilai dan harga stabil diantaranya seperti jahe merah,sirih,lidah buaya,daun mint,gingseng dan tanaman rimpang-rimpang dan lain seperti temulawak,kunyit,dan lain sebagainya.

3. Usaha sayuran dan buah organik
Sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung berbagai zat dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kesadaran untuk hidup sehat dimasyarakat kian meningkat.Sayuran dan buah organik banyak dipilih karena lebih sehat dan tidak mengandung zat kimia. Usaha sayuran dan buah organik merupakan bisnis alternatif yang menguntungkan dan menyehatkan. Tetapi dalam menggeluti bisnis ini diperlukan pengetahuan yang baik cara membudidayakan tanaman organik agar memaksimalkan keuntungan kita.

4. Usaha tanaman hias
Perkembangan zaman kian maju.Semakin majunya zaman semakin banyaknya pabrik,kendaraan bermotor,dan hal lain yang menyebabkan meningkatnya polusi udara. Salah satu cara untuk menanggulangi polusi udara ialah dengan menanam berbagai tanaman. Usaha terkecil bisa kita mulai dari rumah kita yaitu dengan menanam berbagai tanaman yang sesuai dengan keinginan kita salah satunya tanaman hias.Selain bermanfaat bagi lingkungan menanam tanaman hias dirumah juga dapat menambah nilai estetika rumah kita. Meningkatnya kesadaran menjaga lingkungan dan kebutuhan akan tanaman hias dapat kita manfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.Apalagi bagi anda yang gemar berkebun. Lumayan bukan selain dapat menyalurkan hobi juga dapat menghasilkan uang.

5. Usaha makanan ringan dari sayur dan buah
Harga sayur dan buah di pasaran tidak menentu. Sebagai pengusaha harus pandai untuk menyikapinya,salah satu cara yaitu mengolah produc dari usaha pertanian sayur dan buah sehingga mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi. Salah satunya yaitu dengan mengolah hasil pertanian sayur dan buah menjadi makanan kecil yang banyak digemari diantaranya sayur seperti bayam dan buah seperti nangka ,apel,durian,nanas banyak yang dijadikan keripik.Masih banyak lagi produc yang dihasilkan dari sayur dan buah seperti dodol sayur dan buah,sirup buah,minuman dan buah kaleng,dan lain sebagainya.Hal tersebut dapat meminimalisir kerugian akibat turunnya harga sayur dan di pasaran.

Peluang usaha pertanian memang mempunyai pangsa pasarnya yang masih terbuka lebar dan beragam. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan bahwa usaha agrobisnis masih bagus prospeknya dan juga menjanjikan keuntungan besar.Hal penting lain yang harus diperhatikan yaitu harus pintar memilih jenis tanaman yang akan dikembangkan karena setiap daerah mempunyai potensi yang berbeda.Usaha pertanian juga tak selamanya membutuhkan modal besar,dapat dijalankan dengan modal kecil tergantung jenis tanamanya.Hanya perlu menyiapkan lahan dan menggunakannya secara maksimal.

Dalam setiap usaha bila dijalankan dengan sepenuh hati dan dengan pengetahuan yang memadahi serta pemasaran yang cukup akan menghasilkan keuntungan maksimal. Dibandingkan dengan sektor lainnya, kini sudah mulai banyak pengusaha yang tertarik untuk melakukan investasi di bidang pertanian. Hal ini tidak terlepas dari peran BKPM yang selalu mendukung dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk menjajal usaha di bidang pertanian. Adanya investor-investor muda yang berbakat dan mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih diharapkan benar-benar mampu memberikan inovasi produk pertanian. Hasil inovasi tersebut juga diharapkan mampu bersaing dengan produk-produk impor sehingga bisa dijadikan produk ekspor. Di era yang global ini, banyak sekali pengusaha asing yang tidak segan-segan menawarkan produk asing di Indonesia. Adanya inovasi di bidang pertanian diharapkan mampu mempengaruhi masyarakat untuk lebih mencintai produknya sendiri dibandingkan dengan produk yang ditawarkan oleh investor asing. Semoga usaha pertanian di Indonesia semakin jaya dan terimakasih BKPM telah mendukung penuh untuk hal tersebut.

Semoga informasi yang kita berikan bermanfaat bagi anda.

Advertisement
5 Peluang Usaha Pertanian yang Patut Dicoba | Destiara Cahaya | 4.5