Peluang Bisnis yang Menjanjikan dari Usaha Peternakan

By On Sabtu, Oktober 1st, 2016 Categories : review

Di zaman sekarang sangat sedikit lapangan pekerjaan yang tersedia bagi kita. Untuk memenuhi kebutuhan hidup kita harus pintar menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Salah satu usaha yang menjanjikan saat ini yaitu dibidang usaha peternakan. Pasar Indonesia saat ini untuk memenuhi kebutuhan daging ternak masyarakatnya harus mengimpor dari berbagai negara lain. Di Indonesia sendiri masih sedikit ditemukan pengusaha ternak,hal tersebut membuat harga daging ternak di Indonesia menjadi lebih tinggi.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam,Letak geografisnya dengan memiliki 2 musim panas dan hujan sangat mendukung masyarakatnya untuk berternak.Hampir semua hewan ternak mampu hidup di iklim Indonesia dan hampir semuanya dapat dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Ada beberapa hewan yang biasa dijadikan usaha ternak di indonesia diantaranya hewan sapi,kerbau,kambing,dan ayam. Masih ada beberapa usaha ternak lain yang tidak kalah menjanjikan yang dapat dijadikan peluang bisnis,diantaranya:

jangkrik

1.Usaha ternak burung
Burung merupakan hewan peliharaan yang sangat diminati khususnya oleh kaum adam. Pesona dari hewan ini terletak dari suara,warna, bahkan ukuranya. Usaha peternakan burung kini telah menjadi trend di Indonesia karena maraknya pecinta burung dengan berbagai jenisnya dan dengan harga yang relatif stabil,ternak burung bisa dijadikan alternatif.Jenis burung yang bisa diternak dan menguntungkan diantaranya burung kacer,murai batu,dan lovebird. Untuk ternak burung hanya membutuhkan sedikit keahlian saja diantaranya tau akan kondisi yang dirasakan burung,telaten dalam pemberian pakan dan kebersihan kandang.

Namun ada jenis burung yang memerlukan izin dari pemerintah sebelum membudidayakannya seperti burung Beo,jalak bali,dan jenis burung lainya yang di lindungi oleh negara. Dari berbagai burung diatas ada beberapa burung dengan nilai ekonomi tinggi bahkan sampai sebagai komoditi ekspor yaitu burung walet.Sarang burung walet yang terbuat dari air liur dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan.Air liur burung walet ini bisa dijadikan obat penyakit dalam seperti paru-paru,menjaga pertumbuhan sel dan menjaga energi dalam tubuh,selain itu juga bisa dijadikan sebagai sumber makanan yang bergizi.

2.Usaha ternak jangkrik
Dengan maraknya trend pecinta burung,usaha ternak jangkrik bisa dijadikan peluang usaha berikutnya.Kandungan protein tinggi yang terdapat didalamnya,jangkrik banyak dipilih oleh pecinta burung sebagai pakan yang baik untuk pertumbuhan burung.Semakin banyak pecinta burung dan peternak burung semakin besar pula konsumsi akan jangkrik.Semakin besar permintaan akan jangkrik dipasaran maka peternak jangkrik juga akan untung besar.

3.Usaha ternak kroto (semut rangrang)
Sama seperti ternak jangkrik,kroto juga merupakan pakan burung yang banyak digemari oleh pecinta burung dan peternak burung. Selain peternak burung,pabrik pakan ternakpun membutuhkan kroto untuk bahan produksinya. Usaha ternak kroto tidak memerlukan banyak tenaga dan pikiran. Salah satu faktor terpenting dalam usaha ternak kroto ini yaitu kestabilan koloni. Peternak kroto yang cerdik harus tau kapan tidak harus memanen dalam satu kali siklus panen. Ada periode tertentu dimana telur semut tidak di panen agar menetas dan menghasilkan koloni-koloni semut rangrang baru.

3.Ternak ikan air tawar
Budi daya ikan air tawar kini mempunyai peranan penting dalam memasok pasar akibat meningkatnya kebutuhan akan ikan. Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat kita gemari. Kuliner tentang ikan pun beraneka ragam dari kuliner kaki lima sampai bintang lima. Jenis ikan air tawar yang sering diternak dan mempunyai nilai ekonomi tinggi diantaranya ikan mas,lele,patin,nila,bawal,munjaher,gurame,dan lain sebagainya. Dalam usaha ternak ikan air tawar harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan hasil produksi diantaranya pemilihan jenis kolam,pemilihan bibit dan induk unggul,pemijahan serta kebersihan kolam.

4.Usaha Ternak Bebek
Bebek merupakan salah satu hewan penurut. Banyak yang dapat kita ambil manfaat dari membudidayanya diantaranya daging,telur,serta kotoranyapun dapat kita manfaatkan sebagai pupuk.Penggemar kuliner daging bebek yang mempunyai rasa lezat dan telurnya yang dapat diolah sebagai telor asin ini semakin hari semakin meningkat. Untuk berternak bebek,peternak harus memiliki pemahaman tentang pemilihan bibit unggul,perkandangan,pakan ternak,pemeliharaan,sampai dengan pemasaran agar usaha ternak bebek ini berjalan lancar.

5.Usaha ternak ikan hias
Peminat ikan hias memang mempunyai pasarnya tersendiri yang tidak akan ada matinya. Dengan pesona warna-warninya ikan hias mampu menyedot berbagai kalangan untuk memeliharanya. Budidaya ikan hias ini bisa dilakukan dengan media aquarium kalau terkendala masalah lahan. Budidaya ikan hias ini pun dapat dijadikan alternanif peluang usaha bagi anda yang tidak banyak memiliki waktu.Beberapa model ikan hias yang banyak diminati dan dapat dijadikan peluang usaha misalnya ikan koi,ikan louhan,ikan arwana,ikan cupang,dan berbagai ikan cantik lainya. Faktor keberhasilan dalam usaha ini yaitu pemilihan bibit unggul,pakan,pemijahan,dan kebersihan tempat pemeliharaan.

Dalam dunia usaha bila menginginkan bisnisnya berjalan lancar,sukses,dan berkembang diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Diperlukan kegigihan, pantang menyerah,serta kesungguhan dalam menjalankan usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan sesuai dengan keinginan.Selain itu perlu juga mengembangkan pengetahuan akan bisnis yang dilakuninya. Selamat berwiraswasta.

loading...
Peluang Bisnis yang Menjanjikan dari Usaha Peternakan | Destiara Cahaya | 4.5