Penanganan Pada Sakit Radang Tenggorokan

By On Minggu, November 20th, 2016 Categories : review

Apakah anda sedang merasakan sakit dengan ciri dan gejala demam hingga 38C ,sulit menelan, ngilu pada otot-otot ,Sakit kepala ,Kelelahan, batuk ,pilek ? . Dengan gejala diatas mungkin anda sedang merasakan sakit radang tenggorokan. Radang tenggorokan memang sering dialami oleh anak-anak dan remaja dimana kekebalan (resistensi) mereka terhadap beragam virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan terbatas.Radang tenggorokan merupakan sakit tenggorokan biasanya merupakan gejala dari infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas.

mengatasi-radang-tenggorokan

Untuk menanggulangi bila hanya faringitis, minuman jahe dan madu dapat membantu, tetapi tetap perlu mengkonsumsi antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter. Meski dapat sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan :

  • Hindari merokok. Juga hindari lingkungan penuh asap.
  • Remaja dan orang dewasa dapat mengisap permen pereda tenggorokan.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk mengatasi radang tenggorokan.
  • Minum cukup air, terutama jika Anda sedang demam.

Hal yang perlu di waspadai jika suhu tubuh secara terus menerus berada diatas 38C dan gejala tidak membaik setelah dua minggu, coba konsumsi obat pereda tenggorokan seperti parasetamol, ibuprofen atau aspirin. Jika tidak juga kunjung sembuh, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berubah menjadi lebih serius, seperti:

  • Epiglottitis: Inflamasi (pembengkakan dan kemerahan) dari Epiglotis (flap jaringan di belakang tenggorokan, bawah lidah), jika tidak ditangani dapat menyebabkan kesulitan bernapas.
  • Quinsy: Abses (kumpulan nanah yang menyakitkan) yang berkembang antara bagian belakang tonsil dan dinding tenggorokan.
  • Infeksi mononukleosis, yaitu infeksi virus Epstein Barr yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan. Kita dapat melakukan tes darah untuk mengetahui apakah terkena jenis infeksi virus yang disebut demam kelenjar ini.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Hal-hal yang dapat kita lakukan diantaranya dengan membiasaan hidup bersih. Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas karena dapat membuat iritasi pada tenggorokan. Konsumsi makanan yang dingin dan lembut serta minum minuman dingin atau hangat. Hindari merokok dan berada di lingkungan yang berasap. Berkumur secara teratur dengan obat kumur atau air asin hangat untuk mengurangi pembengkakan atau sakit. Konsumsi cairan yang cukup, terutama jika suhu tubuh Anda sedang tinggi (demam). Selain itu juga hal penting lainya kita harus perhatikan adalah nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Konsumsi makanan lembut yang mudah dicerna serta banyak mengandung vitamin B6, kalium dan vitamin C. Hal kecil lainya seperti membiasakan mencuci tangan pun bisa kita lakukan untuk menghindari masuknya bakteri ke dalam tubuh kita. Semoga dengan beberapa tips diatas anda merasa lebih siap dalam mengatasi radang tenggorokan.

loading...
Penanganan Pada Sakit Radang Tenggorokan | Destiara Cahaya | 4.5