Hal-Hal Sederhana yang Bikin Pengeluaranmu Lebih Hemat

By On Selasa, Desember 27th, 2016 Categories : review

Beware of little expenses.
A small leak will sink a great ship.
-Benjamin Fraklin-

Apakah kamu pernah mendengar ungkapan tersebut?
Rasanya memang tidak berlebihan jika kamu percaya dengan ungkapan itu, ya. Karena pengeluaran-pengeluaran kecil bisa membuat kamu jadi boros secara berlebihan. Oleh sebab itu, kamu mesti mengontrol pengeluaran dengan cermat. Sebaiknya kamu membuat catatan pengeluaran sehingga kamu bisa mengetahui pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan.
Setelah mengetahui rincian pengeluaranmu setiap bulan, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana berikut ini agar kamu jadi lebih hemat :

belanja-online-cashback

Mengurangi Aktivitas Nongkrong di Kafe
Sesekali tentu tidak jadi masalah bila kamu nongkrong di kafe bersama klien penting. Namun jangan melakukan hal ini terlalu sering karena bisa bikin kamu jadi makin boros. Setiap kali kamu nongkrong di kafe, pasti kamu harus mengeluarkan uang minimal Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Kalau kamu nongkrong di kafe minimal 5 kali sebulan, coba bayangkan pengeluaran yang harus kamu sisihkan hanya untuk minum kopi di tempat keren. Wah, ternyata pengeluarannya boros juga, ya.

Memanfaatkan Promo Cashback Belanja Online
Bukan cuma diskon yang bisa kamu dapatkan ketika belanja online. Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas belanja online cashback dari Hadiah.me. Hanya dengan mengakses halaman toko online melalui situs Hadiah.me, kamu pun bisa mendapatkan nominal cashback sesuai keterangan yang tertera di Hadiah.me. Dapatkan cashback segera ketika berbelanja online. Nanti cashback yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

Mematikan Barang Elektronik yang Sedang Tidak Digunakan
AC kamar yang menyala sepanjang hari, lampu teras yang lupa dimatikan, dan charger yang tidak pernah dicabut dari stop kontak. Hal-hal sepele ini ternyata juga bisa membuat pengeluaran untuk bayar listrik jadi membengkak. Mulailah membiasakan diri untuk mematikan atau mencabut kabel barang elektronik yang sedang tidak digunakan. Supaya penggunaan listrik di rumah tidak sebesar biasanya.

Cobalah Menggunakan Transportasi Umum
Mungkin kamu enggan menggunakan fasilitas transportasi umum dengan alasan kenyamanan. Padahal kini banyak fasilitas transportasi umum yang nyaman, cepat dan harganya terjangkau, misalnya ojek online atau Bus TransJakarta. Sesekali tidak ada salahnya kamu mencoba transportasi umum ketika sedang tidak terlalu sibuk. Kemudian bandingkan dengan pengeluaran dan waktu yang harus kamu sisihkan saat mengendarai kendaraan pribadi. Bila waktunya hampir sama dan lebih hemat naik transportasi umum, tentu kamu patut mempertimbangkannya sebagai alternatif ketika beraktivitas di luar rumah.

Lebih Sering Makan di Rumah
Makan di luar rumah juga kerap bikin orang jadi boros. Coba hitung saja pengeluaran yang mesti kamu siapkan jika kamu sering makan di luar rumah. Selain boros, mungkin saja kamu tidak terlalu kenyang dan kebutuhan gizi harianmu tidak tercukupi. Alangkah lebih baik bila kamu lebih sering makan di rumah. Sehingga kamu juga bisa menyantap aneka menu makanan yang kamu sukai.

Mengurangi Kebiasaan Ngemil
Kebiasana ngemil bukan hanya berisiko bikin berat badan bertambah. Karena nyatanya pengeluaranmu juga akan membengkak bila kamu sering membeli camilan. Kalau mau ngemil, pilihlah camilan sehat rendah kalori seperti buah-buahan atau makanan berbahan oatmeal. Santaplah camilan dengan porsi seimbang agar kamu bisa berhemat sekaligus menjaga kestabilan berat badan.

Apakah kamu sudah siap berhemat dengan melakukan 6 hal sederhana tersebut?
Semakin cepat kamu berhemat, maka semakin cepat pula kamu merasakan manfaatnya. Berhamt secara modern tidak akan membuatmu tersiksa dan terkesan pelit.

loading...
loading...
Hal-Hal Sederhana yang Bikin Pengeluaranmu Lebih Hemat | Destiara Cahaya | 4.5