Jaga Pola Hidup Untuk Menghindari Diabetes

By On Senin, Februari 27th, 2017 Categories : info kesehatan

was-was.com – Penderita diabetes di Indonesia selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, dan sekarang menduduki peringkat ke 5 terbanyak di dunia. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab terbanyak yang memicu penyakit ini selain juga faktor keturunan. Tuntutan pekerjaan yang tinggi dan mengabaikan pola makan serta kurangnya berolahraga menambah resiko tinggi menderita diabetes.

Lalu gejala diabetes itu apa sih ?

Kenali lebih dini gejala-gejala penyakit diabetes sehingga dapat ditangani sebelum bertambah parah.

diabetes

1. Sering buang air kecil terutama di malam hari.
Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, yang pada akhirnya membuat penderita sering buang air kecil dalam frekuensi yang sering.

2. Sering merasa haus.
Karena seringnya buang air kecil membuat tubuh membutuhkan asupan cairan. Gejala ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.

3. Sering merasa lapar.
Karena metabolisme terganggu, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik. Dengan demikian tubuh memberikan respon untuk terus makan untuk memperoleh asupan yang dibutuhkan.

4. Berat badan turun signifikan.
Dengan tidak baiknya proses di dalam tubuh membuatnya tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Pada akhirnya lemak akan diproses oleh tubuh untuk memperoleh sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara drastis.

5. Merasa kelelahan.
Tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dari terganggunya proses pengolahan glukosa dari makanan. Hingga akhirnya penderita akan sering merasa lesu dan menjadi mudah lelah.

6. Mata mengalami penurunan kinerja.
Ketidakstabilan kadar glukosa juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan sehingga sering merasa kabur.

Penyakit Diabetes masih bisa dicegah oleh perbaikan gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti mengurangi kadar gula dalam konsumsi makanan sehari-hari, menerapkan pola makan sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Meluangkan waktu untuk rutin olahraga, tidak merokok, dan cukup istirahat.

Untuk tetap menikmati rasa manis tanpa harus was-was, gunakanlah gula bebas kalori yang aman dikonsumsi dan mengurangi kemungkinan menderita diabetes.

loading...
loading...
Jaga Pola Hidup Untuk Menghindari Diabetes | Destiara Cahaya | 4.5