7 Tips Membeli Gitar Listrik dan Kelebihannya

By On Senin, Juni 12th, 2017 Categories : review

Musik adalah sesuatu yang disukai banyak orang. Musik dapat memberi sesuatu yang menyenangkan bagi seseorang. Selera musik orang pun berbeda-beda, sehingga memberi warna tersendiri. Musik dapat dihasilkan dari alat musik atau barang-barang di sekitar. Contoh alat musik seperti piano, drum, biola, gitar, dan lain-lain.

Gitar menjadi salah satu alat musik yang banyak disukai orang. Ukurannya yang tidak terlalu besar, serta musik yang dihasilkannya membuat banyak orang menyukainya. Salah satu jenis gitar yang paling banyak dipakai adalah gitar listrik.

Gitar listrik ialah gitar yang di dalamnya menggunakan pickup yang berguna sebagai pengunah bunyi. Lalu bunyi tersebut berubah menjadi arus listrik dan dikuatkan dengan berbagi sound system seperti loud speker dan amplifier. Oleh karena itu suara yang dihasilkan dari gitar listrik lebih khas dan lebih keras.

Sejarah awal gitar listrik bermula saat banyak band-band jazz yang membutuhkan suara musik yang lebih keras. Karena kebutuhan tersebut banyak orang yang mulai membuat supaya suara gitar menjadi lebih keras. Adalah seorang Les Paul, pecinta elektronika dan pembuat gitar. Sejak saat itu gitar listrik mulai banyak dipakai band-band jazz dan orkestra. Tahun 1940 dan seterusnya gitar listrik mulai menjadi salah satu kunci bangkitnya era musik blues, blues rock, dan rock and roll.

Harga-Gitar-Listrik

7 Tips untuk Membeli Gitar Listrik
Bagi Anda yang memang menggeluti bidang musik atau sekedar hobi, gitar listrik menjadi salah satu komponen yang membuat musik lebih berwarna. Jika Anda ingin membeli sebuah gitar listrik, perhatikan segala hal yang dibutuhkan sebelum membelinya. Pasti Anda tidak ingin dirugikan dengan gitar listrik yang sudah Anda beli. Berikut tips bagi Anda yang ingin membeli gitar listrik.

Siapkan budget
Pertimbangkan budget yang dibutuhkan untuk membeli gitar listrik, karena ini sangat penting. Sesuaikan keuangan Anda dengan gitar listrik yang ingin Anda beli. Bagi sebagian Anda yang memiliki budget berlebih, gitar listrik yang mahal dapat menjadi pilihan Anda, selain itu kualitas yang dihasilkan pun lebih baik. Namun jika budget Anda minim, Anda harus menyesuaikan dengan keperluan-keperluan yang lain.

Hal yang dapat dilakukan jika Anda menemui kondisi ini, Anda dapat menabung terlebih dahulu sampai budget yang ada cukup untuk membeli gitarlistrik keinginan Anda. Atau pilihan lain Anda dapat membeli gitar listrik bekas dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Namun kualitas yang ditawarkan gitar listrik bekas mungkin dapat mengecewakan Anda.

Bentuk body gitar listrik
Bentuk body gitar menjadi salah satu yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda membeli gitar listrik yang ukurannya besar dan tidak sesuai dengan tubuh Anda. Maka dari itu sesuaikanlah tubuh Anda dengan ukuran gitar listrik yang ingin dibeli. Ukuran gitar yang sesuai dengan tubuh, akan membuat Anda terlihat keren saat memainkan gitar listrik tersebut.

Ketebalan leher gitar
Pilih gitar yang memiliki leher gitar yang sesuai dengan jari dan tangan Anda. Karena leher gitar yang terlalu besar, dapat menyebabkan tangan merasa tidak nyaman dan mudah pegal. Sesuaikan tebal leher gitar dengan jari dan tangan, membuat Anda akan merasa nyaman menggunakannya dan musik yang dihasilkan menjadi berkualitas.

Senar dan fretboard
Jarak antara senar dan fretboard dapat memengaruhi suara yang dihasilkan. Perhatikan jarak antar keduanya, apakah terlalu dekat atau terlalu tinggi.

Mainkan gitar terlebih dahulu
Sebelum membelinya, mainkanlah gitar listrik yang ingin dibeli. Agar Anda dapat mengetahui apakah ada yang bermasalah atau tidak. Pasti Anda tidak ingin gitar listrik yang Anda beli bermasalah saat memainkannya di rumah. Jika Anda sudah mencoba memainkannya sebelum dibeli, dan tidak ada masalah. Berarti gitar listrik tersebut layak Anda beli.

Pick up
Standarnya gitar listrik mempunyai 2 pick up, dan kedua pick up tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Suara treble dihasilkan oleh pick up yang berada dibelakang. Sedangkan pick up yang berada dekat dengan leher gitar berfungsi menghasilkan suara lebih tebal.
Jenis musik yang Anda mainkan

Sesuaikan gitar listrik yang ingin dibeli dengan jenis musik yang Anda mainkan. Apabila Anda memainkan jenis musik jazz atau fusion, janganlah menggunakan gitar listrik untuk memainkan jenis musik rock, metal, atau heavy metal. Karena hasil suara yang dikeluarkan akan berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Gitar Listrik dan dengan Gitar Akustik

Jenis musik yang dimainkan seseorang berbeda-beda. Itu menyebabkan jenis alat musik yang dimainkan pun berbeda. Gitar pun memiliki beberapa jenis yang jenis musiknya berbeda, yaitu gitar listrik dan gitar akustik. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan gitar listrik dengan gitar akustik.

Gitar listrik
Kelebihan gitar listrik adalah kegunaannya yang dapat memainkan berbagai jenis musik seperti pop, blues, jazz, reggae, metal country, rock, dan lain-lain. Serta gitar listrik dapat menghadirkan beberapa efek saat dimainkan, yang bisa menyesuaikan dengan banyak jenis musik.
Selanjutnya kelebihan dari gitar listrik yaitu banyaknya teknik gitar yang dapat dimainkan. Membuat permainan gitar elektrik lebih beragam dan atraktif dibandingkan gitar akustik. Gitar listrik pun dapat disambungkan ke amplifier atau berbagai macam efek, yang membuat pengalaman memainkan gitar listrik semakin beragam.

Namun kekurangan dari gitar listrik yaitu karena adanya berbagai macam efek dan teknik memainkannya. Hal ini membuat sebagian orang merasa bahwa suara yang dihasilkan dari gitar listrik tidak alami, dan terkesan terlalu digital. Selain itu gitar listrik tidak dapat menghasilkan suara jika tidak disambungkan ke speaker, menyebabkan pengeluaran untuk dapat memainkan gitar listrik semakin besar.

gitar akustik

Gitar akustik
Kelebihan dari gitar akustik yaitu terletak pada suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan dari gitar akustik lembut dan lebih natural. Sehingga gitar akustik sangat cocok dimainkan dengan lagu yang berirama rendah seperti jazz, pop, keroncong, dan klasik. Serta gitar akustik dapat menghadirkan suasana yang lebih menenangkan dan romantis. Juga berat dari gitar akustik yang lebih ringan, membuatnya bisa dibawa kemanapun dan dimainkan kapanpun.

Namun kekurangan dari gitar akustik yaitu jenis musik yang dapat dimainkan gitar ini sangatlah sedikit. Sehingga tidak dapat mengikuti perkembangan musik saat ini yang lebih condong kearah digital. Serta kurang beragamnya teknik yang dapat dimainkan pada gitar akustik, membuat gitar ini terkadang membosankan.

Musik memang menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia. Beragamnya jenis musik sekarang ini membuat banyak orang yang memiliki banyak pilihan musik yang ingin didengarkannya. Gitar listrik menjadi salah satu alat musik yang popular dimainkan banyak orang.

Jenis musik yang beragam yang dapat dimainkan serta banyaknya efek dan teknik yang dapat dicoba. Namun bagi sebagian orang suara yang dihasilkan gitar listrik tidaklah natural. Mungkin pilihan gitar akustik cocok untuk Anda yang suka suara yang natural.

loading...
loading...
7 Tips Membeli Gitar Listrik dan Kelebihannya | Destiara Cahaya | 4.5