Pilih Mana Kamera DSLR Vs Kamera Mirrorless ? Ini Pertimbangannya

By On Kamis, Juli 13th, 2017 Categories : review

Bagi pecinta fotografi tentu tidak asing dengan istilah kamera DSLR dan kamera mirrorless. Keduanya adalah kamera teknologi masa kini yang bisa diganti lensanya dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda para pemula di bidang fotografi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaan kamera DSLR dan kamera mirrorless baik dari segi harga, ukuran kamera, dan spesifikasi yang ada di dalamnya.

Kedua jenis kamera ini sebenarnya sama, namun keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan dan rekomendasi Anda dalam memutuskan untuk membeli salah satu di antara keduanya.

mirrorless-vs-dslr

Mengenal DSLR dan Mirrorless
DSLR (Digital SingleLensReflex) adalah kamera yang masih menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder). Sedangkan kamera mirrorless adalah kamera yang tidak menggunakan cermin, sehingga cahaya yang melewati lensa akan langsung jatuh ke sensor gambar. Hal ini sama halnya seperti kamera pocket atau smartphone. Jadi perbedaan utama antara kamera DSLR dan mirrorless adalah ada tidaknya lensa di dalamnya.

Pertimbangan yang bisa Anda perhatikan saat hendak membeli kamera DSLR atau mirrorless antara lain ukuran dan berat kamera, akurasi fokus, image stabilization, kualitas viewfinder, kekuatan baterai, dan komponen-komponen lainnya. Agar Anda lebih mengerti tentang hal tersebut, maka simaklah informasi yang akan dijelaskan berikut ini:

• Ukuran dan Berat Kamera
Ukuran dan berat DSLR lebih besar dan lebih berat daripada kamera mirrorless. Hal ini dikarenakan kamera DSLR memiliki cermin dan mekanisme shutter yang memenuhi ruangan. Sedangkan kamera mirrorless tidak memiliki cermin dan mekanisme shutter, sehingga ukurannya kecil dan lebih ringan dibandingkan DSLR.

Kamera DSLR terkecil adalah Canon EOS 100D dengan berat 600 gram, sedangkan kamera mirrorless terkecil adalah Panasonic Lumix GM 1 dengan barat 204 gram.Ukuran dan berat kamera tentu menjadi pertimbangan utama ketika Anda hendak membeli kamera.

Sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis kamera yang ingin dibeli. Apakah kamera yang ingin Anda beli dimaksudkan untuk dibawa kemana-mana dan demi kenyamanan dan fleksibilitas dalam pemakaiannya, maka kamera mirrorless adalah yang bisa Anda pilih. Telah banyak kamera mirrorless yang bisa Anda pilih, sesuaikan pula dengan spesifikasi yang Anda inginkan.

• Akurasi Fokus
Hampir semua jenis mirrorless memiliki teknologi fokus dengan mendeteksi kontras, sehingga sistem ini tidak sebaik dan secepat sistem yang ada di kamera DSLR. Kamera DSLR menggunakan sistem cermin yang dapat mengatur cahaya ke sensor tertentu yang digunakan dalam proses PhaseDetect Auto Focus (PDAF).

Sedangkan kamera mirrorless yang tidak memiliki cermin, lebih lambat dengan ContrastDetect Auto Focus (CDAF). Deteksi kontras menjadi lebih lambatdalam cahaya rendah dan subjek bergerak cepat. Ini adalah salah satu kekurangan kamera mirrorless dibandingkan kamera DSLR.

Jika Anda adalah fotografer yang sering memotret objek bergerak cepat, maka kamera DSLR lebih baik Anda pilih dibandingkan mirrorless. Meskipun jaman sekarang perusahaan kamera juga sudah mulai menerapkan sistem deteksi phase (PDAF) di kamera mirrorless buatan mereka.

• ImageStabilization
Fitur stabilisasi gambar sudah ada di hampir semua jenis kamera jaman sekarang. Stabilisasi gambar ini berfungsi mengurangi blur pada gambar yang dihasilkan, yang bisa disebabkan karena ketidakstabilan tangan saat memegang kamera.

Kamera DSLR dan kamera mirrorles keduanya memiliki fitur image stabilization dengan 2 teknik, yakni dengan menggeser sensor gambar utama atau menggeser sebagian kecil optik lensa. Kamera mirrorless ada yang dapat menggeser kedua-duanya sehingga lebih baik daripada yang hanya bisa menggeser salah satu. Gambar yang dihasilkan juga akan nampak jelas, jernih, dan bagus.

• Kualitas Viewfinder
Kamera mirrorles memiliki viewfinder yang bisa menampilkan gambar yang lebih akurat, karena kamera ini menggunakan viewfinder elektronik (EVF). Anda bisa langsung melihat efek yang dihasilkan jika Anda mengubah pengaturan dari kamera. Hal ini bermanfaat untuk membantu cara Anda dalam memotret serta menghindari menebak-nebak hasil yang akan didapatkan.

Berbeda dengan kamera DSLR, dimana Anda harus mengambil gambar terlebih dahulu untuk bisa melihat hasil pengaturan kamera Anda. Jadi yang Anda lihat dari viewfinder kamera DSLR setelah mengatur ISO, kecepatan, dan diafragma tidak akan berubah. Namun hasil gambar akan lebih jernih, responsive, dan lebih cerah dibandingkan kamera mirrorless.

• Kekuatan Baterai Kamera
Kekuatan baterai adalah satu hal yang paling mencolok antara kamera DSLR dan kamera mirrorless. Penggunaan baterai kamera mirrorless lebih tidak tahan lama alias cepat habis dibandingkan kamera DSLR. Hal ini dikarenakan penggunaan lifeview yang terus menerus di kamera mirrorless dapat menguras daya baterai.

Ukuran kecil mirrorless sebanding dengan ukuran baterainya, sehingga tentu daya yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan kamera DSLR. Berbeda dengan kamera DSLR yang tidak terlalu banyak menguras daya baterai saat proses membidik gambar, selain juga body yang besar setara dengan baterai yang juga lebih besar.

• Kualitas Gambar yang Dihasilkan
Kualitas gambar yang dihasilkan antara kamera DSLR dan mirrorless boleh dikatakan hampir sama. Dahulu mungkin kamera mirrorless menghasilkan kualitas gambar yang lebih rendah dibandingkan kamera DSLR. Terlalu banyak noise dan warna lebih jelek, serta sensor gambar lebih kecil. Namun jaman sekarang telah bermunculan produk kamera mirrorless yang bisa menjawab permasalahan kualitas gambar tersebut.

Sekarang sudah banyak kamera mirrorless yang menawarkan kualitas gambar yang bagus dan setara bahkan melebihi kualitas gambar DSLR di spesifikasi yang sama. Seperti halnya kamera mirrorless keluaran Sony, seperti A7 dan A7R yang mengenalkan sensor full frame. Teknologi baru inilah yang akhirnya membuat kamera DSLR dan mirrorless sejajar dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan.

• Suara yang Dihasilkan
Kamera mirrorless tidak menghasilkan suara yang sekeras dan seribut kamera DSLR saat membidik suatu objek. Hal ini dikarenakan kamera mirrorless tidak memiliki cermin, sehingga memungkinkan juga kamera mirrorless akan lebih tahan lama dan awet, karena tidak ada bagian yang selalu bergerak.

Jadi, manakah yang lebih baik antara mirrorless dan kamera DSLR? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan selera Anda. Jika Anda lebih mengutamakan fleksibilitas dan kemudahan dalam membawa kamera kemanapun Anda berada, maka mirrorless lebih tepat untuk Anda. Namun jika Anda lebih menginginkan kualitas dan kecepatan maka DSLR adalah kamera yang harus Anda pilih.

Apalagi jika Anda adalah fotografer dengan objek yang selalu bergerak cepat, objek hidup (wildlifephotography atau sport photography), maka kamera DSLR lebih cocok untuk Anda. Namun jika Anda adalah traveller dan hanya menggunakan kamera untuk foto model atau pemandangan, maka kamera mirrorless dengan berbagai spesifikasinya akan lebih cocok untuk Anda. Di jaman sekarang kamera mirrorless keluaran baru-pun sudah mengalami banyak perubahan dan perbaikan kualitas, sehingga perlu juga Anda perhatikan dan bandingkan spesifikasi kamera mirrorless dan kamera DSLR yang menjadi incaran Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

loading...
loading...
Pilih Mana Kamera DSLR Vs Kamera Mirrorless ? Ini Pertimbangannya | Destiara Cahaya | 4.5