Manfaat Teh bagi Kesehatan Tubuh

By On Minggu, Agustus 20th, 2017 Categories : info kesehatan

Apakah anda lebih suka minum air putih atau air teh ?. Bagi beberapa orang ini hanyalah soal kebiasaan saja dalam hal minum, namun baik untuk dicermati adalah banyak ahli mengatakan jika teh baik untuk tubuh. Di dalam minuman Teh mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh misalnya adalah flavonoids yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan. Flavonoids bisa digolongkan sebagai antioksidan polyphenol yang diyakini mampu membantu mencegah kerusakan sel. Dengan mengkonsumsi Teh secara teratur akan membantu tampil awet muda dan kulit berseri bebas jantung dan kanker.

Namun untuk mendapatkan manfaat positif dari Teh, sebaiknya kita memilih produk terbaik yang mampu menjamin proses pembuatan Teh yang higienis dan terjaga dari bahan-bahan berbahaya. Jangan memilih teh yang asal murah namun sama sekali tidak bermanfaat untuk tubuh, alih-alih menyehatkan malah selanjutnya membahayakan tubuh dengan cemaran berbahaya. Sebelumnya, apakah anda sudah mengenal teh itu sendiri ?

Teh merupakan tumbuhan yang cocok tumbuh di pegunungan yang memiliki hawa dingin, tak salah jika kemudian Teh banyak ditemukan di Ciwidey,Wonosobo,Pematang siantar hingga di Kayu Aro Jambi. Kedatangan Teh di Indonesia sendiri tidak lepas dari campur tangan Belanda saat masa penjajahan. Dan mulai berkembang secara besar-besaran di abad ke 18 dalam pengwasan VOC. Bibit Teh indonesia disebutkan berasal dari Srilangka dan mulai ditanam di daerah jawa barat dan baru pada awal abad 19 perkebunan teh dibuka di daerah luar jawa.

Untuk mendapatkan Teh yang berkualitas, dibutuhkan proses yang sangat panjang. Untuk proses pemetikannya saja dibutuhkan ratusan tenaga untuk memperoleh pucuk teh yang sangat berharga. Proses pemetikan dilakukan manual dengan tangan, dan biasanya banyak dilakukan oleh para wanita di sekitar perkebunan. Tahap selanjutnya adalah “dilayukan”,ini dilakukan untuk mengurangi kadar air yang terkandung dalam teh sebelum diproses ke tahap berikutnya yakni “pememaran”, “oksidasi”,”penghilangan warna hijau”, “penguningan”, “pembentukan”, “pengeringan”.

Sebalum tersaji di dalam cangkir anda, Teh telah melewati proses pengolahan yang terdiri dari beberapa tahap rumit, melibatkan tenaga kerja yang banyak serta jam kerja yang panjang. Proses yang panjang ini diperlukan untuk memastikan kualitas teh yang Anda minum adalah kualitas terbaik.

Jadi apakah anda makin menyenangi Teh sebagai minuman sehari-hari ?.

loading...
Manfaat Teh bagi Kesehatan Tubuh | Destiara Cahaya | 4.5