Tips Mengurangi Kecanduan Anak Pada Gadget

By On Sabtu, Desember 2nd, 2017 Categories : review

Zaman sekarang gadget mengambil peranan yang sangat penting dalam kehidupan, tren digital tidak dapat dibendung dan banyak mempengaruhi kehidupan kita. Di satu sisi itu sangat bagus namun disisi lain banyak hal yang hilang terlebih bagi anak-anak seperti misalnya permainan-permainan tradisional yang melatih fisik agar tetap sehat. Anak-anak zaman now lebih memilih untuk seharian memegang gadget dan memainkan permainan dengan memandang layar selama berjam-jam. Mungkin benar ada banyak permainan edukatif dalam gadget tetapi satu hal yang tidak bisa diberikannya adalah sosialisasi bersama teman di dunia nyata, dan pergerakan tubuh. Secara psikologis anak yang sering bermain gadget akan berpengaruh pada perilaku dan sikapnya. Anak lebih menyukai kesendiriannya daripada harus bersosialisasi dengan temannya.

childcare

Ajaklah Anak-anak untuk bermain diluar, dan mengenal lingkungan dengan baik. Atau sebagai orang tua kita bisa menjadi partner bermain mereka. Luangkan waktu, dan membuat kenangan indah dengan mereka. Jangan serahkan tumbuh kembang mereka ditemani gadget yang tidak memiliki perasaan, jangan karena mereka anteng-anteng saja maka anda biarkan. Mata yang memandang layar seharian juga sangat tidak baik bagi kesehatan mata, tubuhnya yang kurang gerak pun akan membuat badanya tidak sehat.

Permainan untuk anak yang mengajak anak berpikir logis seperti Puzzle, tangram, scrabble, building blocks, lego dan origami akan membantu perkembangan otak kiri sang buah hati. Permainan ini mampu mensimulasi anak untuk berpikir logis dan melatih dirinya terbiasa untuk memecahkan masalah. Sementara permainan seperti Scrabble, pretend play, tebak-tebakan dan permainan kata akan mengasah kemampuan bahasanya yang pada akhirnya akan membantu kemampuan bersosialisasinya. Permainan rumah-rumahan, atau Pasar-pasaran membantu mereka untuk mengelola sesuatu dan belajar berhitung secara tidak langsung. Selain itu bermain tebak anga dan bingo dapat menjadi permainan lainya jika anak telah mengenal cara menulis angka sebelumnya.

Di akhir pekan Orang Tua bisa mengajak sang buah hati berjalan keliling lingkungan tempat tinggal dengan sepeda ataupun jogging kecil. Biarkan mereka mengenali bagian-bagian dari seluruh lingkungan tempat tinggal seperti jalan utama, jalan alternatif, hingga orang-orang penting yang perlu diketahui anak, seperti ketua RT/RW dan petugas keamanan. Dengan memberikan pengetahuan mengenai lingkungan tempat tinggal, anak akan belajar mengenal kehidupan sosial di luar rumah dan teman sebayanya. Dengan mengenal permainan sederhana yang menyenangkan tanpa sadar mereka akan mengurangi ketergantungannya kepada gadget, sehingga ia lebih sehat dan ceria.

 

loading...
Tips Mengurangi Kecanduan Anak Pada Gadget | Destiara Cahaya | 4.5