Berikut Perkembangan Bayi Baru Lahir Hari Demi Hari!

By On Minggu, Maret 11th, 2018 Categories : info kesehatan

Banyak orang tua yang merasa heran dan bertanya-tanya tentang perkembangan bayinya kelak, terutama saat pertama lahir. Hal inilah yang menjadi sebab orang tua ingin memberikan perawatan yang baik kepada bayinya. Pada bayi, biasanya tubuhnya akan mengalami perkembangan pesat hingga usia 3 bulan.

Menurut beberapa ahli, salah satu perkembangan bayi baru lahir ialah tersenyum, dan ini terjadi saat usia bayi baru beberapa hari. Senyuman ini bisa diartikan bahwa bayi tersebut sedang berupaya mengeluarkan gas dari perutnya. Namun ketika masuk 3 bulan, senyuman tersebut mengandung arti yaitu respons terhadap wajah atau suara Anda.

bayi

Kenapa Saat Baru Lahir, Bayi Pasti Menangis?

Bayi baru lahir hingga usia beberapa bulan kemudian memang bisa dikatakan sangat sering menangis. Ini disebabkan karena ia belum bisa berkata dan menunjukkan kemauannya, jadi cara yang ia pakai adalah menangis. Bisa diperkirakan, jika bayi menangis, berarti ia menginginkan sesuatu dan Anda bisa berbicara dengan lembut kepadanya, kemudian berikanlah belaian hangat sebagai seorang ibu. Lakukan juga langkah lain seperti mencium, menggendong, memijat perlahan atau melakukan komunikasi dengannya. Banyak yang percaya bahwa langkah itu bisa menenangkan dan meredakan tangisan pada bayi.

Menurut Perkembangannya, Apakah Bayi Baru Lahir Bisa Diajak Main?

Tentu saja. Anda bisa menggerak-gerakan tangan atau memainkan tangan Anda dengan terampil. Bahkan Anda bisa mengajaknya bercanda agar ia tidak bosan dan menangis ketika terlalu lama tidur, namun hal ini berlaku saat bayi telah berusia 3 bulan.

Perkembangan Bayi Baru Lahir Hari Demi Hari bisa diamati dengan cara seperti ini:

Pada setiap bayi, perkembangan dan pertumbuhan berbeda-beda kecepatannya. Begitu pula dengan perkembangan otak ataupun kemampuan. Hal tersebut bisa karena faktor genetik atau bisa karena mengalami keterbelakangan. Maka, Anda juga perlu mengetahui perkembangan bayi tersebut dengan memantaunya dari haru ke hari, bulan ke bulan. Bisa juga dengan berkonsultasi ke Dokter, misalnya saat jadwal imunisasi, tanyakanlah mengenai kemajuan perkembangan bayi Anda.

Anda bisa melihat perkembangan signifikan ketika bayi masuk satu bulan, paling tidak, bayi mampu melakukan hal berikut:
Bayi akan mulai melihat jelas pada jarak 8-12 inci, sudah bisa tersenyum, sudah bisa mencari puting susu, apabila bagian wajahnya disentuh maka kepalanya akan bergerak ke arah sentuhan, lebih banyak tidur dibanding terjaga bahkan hingga sampai setengah hari ia habiskan hanya untuk terlelap.

loading...
Berikut Perkembangan Bayi Baru Lahir Hari Demi Hari! | Destiara Cahaya | 4.5