Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri dengan Mudah dan Gampang

By On Sabtu, Juni 30th, 2018 Categories : Otomotif

Mesin adalah salah satu komponen paling penting dari sebuah kendaraan, namun demikian banyak orang tidak terlalu memperhatikan kebersihannya. Kebanyakan dari mereka hanya memperhatikan kebersihan pada bagian eksterior ataupun interior mobil. Sementara sektor mesin hanya sebatas di cek oli dan dibersihkan sekedarnya, padahal jika Mesin Mobil dibiarkan kotor bukan tidak mungkin akan berkarat dan pastinya akan membuat kinerja mesin berkurang dan beresiko saat dikendarai. Kotornya mesin mobil ini banyak disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, dan cipratan air dari jalanan. Banyak ruang di permukaan mesin yang cekung dan tertutup disinilah biasanya debu menempel dan berkerak.

cara membersihkan mesin mobil

Walaupun disarankan untuk dibersihkan secara berkala, cara membersihkan ruang mesin ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, jika salah langkah akibatnya dapat berakibat fatal, karena seperti diketahui ruang mesin banyak terdapat komponen elektronika yang sangat rentan jika terkena air.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri.

Jangan membersihkan mesin mobil dalam keadaan panas, karena ketika disiram air, mesin yang sedang memuai akan mengkerut seketika. Keadaan ini dapat memicu kebocoran yang susah dideteksi. Membersihkan mesin mobil sebaiknya dilakukan pagi hari disaat mesin belum bekerja sama sekali. Cukup dihangatkan sebentar untuk membuat kerak kotoran lebih mudah dilepaskan. Membersihkan mesin dianjurkan untuk disemprot dahulu dengan udara untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Wipe the car engine

Pastikan komponen kelistrikan terlindungi, bisa kita bungkus terlebih dahulu dengan plastik agar terhindar dari air. Selain itu, cek juga lubang mesin, pastikan tertutup, jangan sampai air merembes ke ruang pengapian yang dapat berakibat tercampurnya air dengan oli mesin. Kita dapat mulai membersihkan bagian mesin dari yang paling mudah dahulu, baru kemudian bersihkan area-area yang tersembunyi. Kita bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk bersihkan bagian-bagian debu yang mengendap. Lap dengan kain untuk menghilangkan noda dan bekas oli. Kita juga bisa menggunakan cairan khusus seperti “engine degreaser” untuk menghilangkan noda membandel.

Sebisa mungkin jangan menyiramkan air secara langsung karena dikhawatirkan ada air yang merembes ke soket kelistrikan. Air yang mengontaminasi soket lama-lama akan menjadi jamur yang bisa menghambat arus listrik. Hingga pada akhirnya beresiko memicu korsleting. Cukup gunakan lap basah untuk membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor. Setelah semuanya selesai, pastikan semuanya dalam kondisi normal dan tidak ada bagian yang basah. Cek kinerja mesin dengan mencoba menghidupkannya, lihatlah bahwa semuanya berjalan dengan semestinya.

Cara membersihkan Mesin Mobil diatas memang membutuhkan ketelitian dan cukup menyita waktu, namun jika dilakukan secara berkala mesin akan tampak lebih bersih dan awet. Kinerja mesinpun meningkat dan terasa nyaman, jika sudah bersih, kita sebagai pemiliknyapun akan merasa tenang dan puas saat mengendarainya.

loading...
Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri dengan Mudah dan Gampang | Destiara Cahaya | 4.5