Oleh-oleh dari Ciamis Ini Bikin Kamu Ketagihan

By On Sabtu, Juni 30th, 2018 Categories : traveling

Setelah asik menikmati wisata di Ciamis, yang selanjutnya ada di pikiran adalah tentu adalah membeli oleh-oleh. Lalu oleh-oleh apasih yang khas dari kota Ciamis ini ?. Nah, banyak hal yang bisa kamu bawa untuk dijadikan buah tangan setelah mengunjungi kota ini, jangan khawatir karena oleh-oleh ini sangat enak dan akan membuat kamu ketagihan lho. Semakin asik mengunjungi kota di selatan jawa ini, dan berikut daftar Oleh-oleh Khas Ciamis.

  1. Galendo Khas Ciamis

galendoCiamis punya makanan khas yakni Galendo, yang merupakan makanan yang terbuat dari proses pembuatan minyak kelapa secara tradisional. Sari pati kelapa (santan kelapa) diolah dengan cara direbus sampai ada proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul adalah minya kelapa, sedangkan endapan dibawahnya adalah galendo. Sejak lama, galendo ciamis sudah terkenal hingga ke kota-kota besar. Seiirng waktu kini galendo hadir dengan banyak variasi rasa seperti lemon, apel, strawberry, coklat dan susu.

2. Sale Pisang Khas Ciamis

sale pisang ciamisOleh-oleh khas lainya dari Ciamis adalah Sale pisang yang rasanya renyah dan manis. Di Ciamis terdapat banyak produsen sale pisang, dan diantaranya malah sudah menembus pasar ekspor ke luar negeri. Sale pisang Suka Senang di Ciamis juga merupakan langganan dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

3. Abon dan Dendeng Sapi

abon ciamisOlahan dari daging sapi ini telah banyak dikenal bahkan sejak tahun 70an, Bagi kamu yang menginginkan oleh-oleh yang enak bisa banget membeli Abon dan dendeng sapi khas Ciamis ini. Dijadikan teman nasi tentunya akan sangat nikmat. Abon dan Dendeng Sapi olahan Ciamis mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda di bandingkan oleh abon dan dendeng pada umumnya.

4. Gula Aren dan Gula Kelapa

gula ciamisCiamis memang adalah daerah yang masih memiliki pohon aren dan kelapa yang melimpah, tidak heran jika kemudian masyarakat di Ciamis ini memanfaatkannya untuk membuat gula. Tradisi membuat gula ini telah sangat panjang sejak zaman dahulu, dan kini hasil dari produksinya bisa kamu jadikan oleh-oleh yang menarik. Gula aren dan kelapa khas Ciamis diproduksi dengan tradisional yang akan menghasilkan rasa yang otentik.

Semakin lengkap rasanya mengunjungi Ciamis dan kemudian pulang membawa oleh-oleh yang khas. Yuk, kunjungi Ciamis dan cobalah keramahan serta enaknya makanan di tatar priangan ini.

 

loading...
Oleh-oleh dari Ciamis Ini Bikin Kamu Ketagihan | Destiara Cahaya | 4.5