10 Tempat Wisata Jepara Paling Hits

By On Selasa, Juli 10th, 2018 Categories : traveling

Jepara adalah sebuah kabupaten di pesisir pantai utara Jawa, letaknya sekitar 70 kilometer dari Semarang. Akses kendaraan menuju Jepara sangat mudah, moda transportasi seperti Bis juga banyak ditemukan menghubungkan jepara dengan kota besar lainnya. Sebagai kota pesisir, Tempat Wisata Jepara didominasi oleh wisata pantai, namun begitu ada juga wisata edukasi, ziarah dan alam yang indah. Nah berikut bagi kamu yang ingin berwisata di Kabupaten Jepara admin sediakan referensi yang bisa kamu pertimbangkan.

pantai-kartini-jepara_20180415_094958

  1. Karimun Jawa

Tempat wisata yang satu ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara dan menjadi andalan utama pariwisata bagi Kabupaten Jepara. Karimun Jawa adalah kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan telah dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut. Jaraknya kurang lebih sekitar 83 km dari barat laut Kabupaten Jepara. Untuk bisa mencapai Karimun Jawa, wisatwan dapat dapat menggunakan kapal feri yang berangkat dari Semarang; Jepara; atau Kendal.

Keindahan bawah laut Karimun Jawa sangat eksotik. Disini terdapat kekayaan biota laut yang ada terdiri dari 90 jenis karang keras, lebih dari 200 ikan hias, dan 130-an genera atau marga akuatik. Atraksi menarik lainnya yang dapat dilakukan di tempat ini adalah menyelam, berenang, bermain di pantai, hingga berjemur. Akomodasi seperti hotel dan makan dapat dengan mudah ditemukan di pulau ini, jadi para wisatawan tidak perlu khawatir.

2. Pantai Kartini

Kartini adalah sosok yang melekat dengan warga Jepara, seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-haknya. Nah, kemudian beliau diabadikan untuk sebuah nama pantai. Lokasi Pantai Kartini mudah dicapai dan sangat dekat dengan pusat kota. Pantai ini tepatnya berada di Desa Bulu, Kecamatan Jepara atau sekitar 2,5 km ke arah barat dari kantor Bupati Jepara. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai serta masuk ke wahana Kura-kura Ocean Park yang unik.

Wahana ini dimaksudkan sebagai objek wisata edukasi kehidupan bawah laut. Tempat ini sangat mencolok karena bentuknya menyerupai kura-kura atau penyu raksasa. Bangunan unik ini terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama berupa akuarium yang memiliki koleksi berbagai jenis ikan dan penyu. Lantai kedua berisi aneka macam permainan anak-anak.

3. Pantai Bandengan / Tirto Samudro

Jika di Pantai Kartini wisatawan tidak bisa berenang dengan bebas, maka di Pantai Bandengan kita bisa berenang sepuasnya. Pasir putih yang menghampar menambah keindahan pantai ini. Pantai ini terletak cukup dekat dengan pusat kota Jepara, sehingga bagi wisatawan yang ingin kesini relatif sangat mudah dicapai. Selain berenang kita juga bisa ikut trip ke Pulau Panjang dari Pantai Bandengan ini, banyak kapal yang menyediakan perjalanan kesana.

4. Jepara Ourland Park.

Ini adalah salah satu destinasi wisata baru di Jepara, sebuah tempat yang menyediakan berbagai wahana air yang cukup lengkap di Jawa Tengah. Alamatnya berada di Pantai Mororejo, RT 4/2, Mlonggo, Bandengan, Kecamatan Jepara. Kawasan wisata yang pertama kali dibuka tahun 2016 ini memang terletak persis di tepi pantai, dibangun di atas lahan seluas 11 hektare. Tempat ini menggabungkan antara olahraga, pendidikan, hiburan, relaksasi, dan permainan. Tiket masuknya mulai dari Rp60.000 saja, dan Rp75.000 khusus untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

5. Museum Kartini.

Sosok ini memang tidak bisa dilepaskan dari kota Jepara itu sendiri, sehingga bagi wisatawan belum lengkap rasanya jika ke Jepara tetapi tidak mampir ke Museum Kartini. Lokasi Museum R.A Kartini berada tepat di Jalan Alun-Alun No. 01, Panggang, Kecamatan Jepara. Bangunan museum ini terdiri dari 3 gedung dengan desain yang menyerupai huruf K, T, dan N. Meskipun bernama Museum R.A Kartini, tetapi tidak semua barang koleksi merupakan peninggalan dari Raden Ajeng Kartini. Tersimpan juga koleksi benda-benda purbakala dan peninggalan sejarah lainnya.

Museum R.A Kartini buka setiap Senin-Minggu, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuknya hanya seharga Rp2.000 pada hari biasa, dan menjadi Rp3000 pada akhir pekan. Ajaklah anggota keluarga untuk mengenal sejarah ke Museum Kartini.

6. Masjid Mantingan.

Selain wisata pantai, Jepara juga mempunyai situs wisata ziarah yang bisa kita kunjungi. Masjid Mantingan merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kabupaten Jepara. Masjid ini diyakini sudah dibangun sejak zaman Kesultanan Demak. Lokasinya berada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, tepat 5 km dari pusat Kota Jepara. Lokasi wisata religi ini juga terbilang sangat mudah diakses.

Disini kita bisa berziarah ke makam sultan Hadlirin yang merupakan tokoh penting dalam sejarah perkembangan Jepara.

7. Pantai Teluk Awur

Salah satu pantai yang bisa dikunjungi di Jepara dengan pasir putih yang menakjubkan, disini wisatawan bisa berenang sepuasnya. Letaknya relatif berdekatan dengan Pantai Bandengan.

8. Pantai Empu Rancak

Pantai ini lokasinya berada di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Jepara. Pantai Empu Rancak tergolong masih belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan tempat wisata pantai lainnya di Jepara. Tapi jangan salah lho, disini selain menikmati keindahan pantainya kita bisa menikmati sajian kuliner seafood yang khas Jepara.

9. Air Terjun Songgo Langit.

Dengan ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, Air Terjun Songgo Langit menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di wilayah Kabupaten Jepara. Namun yang perlu di ingat adalah Wisatawan dilarang keras untuk berenang karena ada palung sedalam 8 meter yang dapat membuat wisatawan terjebak di dalamnya. Air Terjun Songgo Langit berada di Desa Bucu, Kembang Jepara.

10. Air Terjun Nganten

Tidak hanya satu, Jepara juga mempunyai Air Terjun lain yang juga tidak kalah indahnya. Air Terjun Nganten terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Suasana yang tenang serta pemandangan di sekitar air terjun yang sangat cantik membuat wisatawan bisa puas berlama-lama di sini. Namun sayangnya lokasinya yang berada di daerah lembah, membuat medan yang harus dilalui cukup sulit.

Nah itulah beberapa destinasi wisata Jepara yang bisa kita kunjungi, sangat lengkap mulai dari wisata pantai, wahana air, wisata religi, hingga wisata edukasi bisa kita nikmati selama berada di kota ini. Selamat berwisata ya gaes…

 

loading...
10 Tempat Wisata Jepara Paling Hits | Destiara Cahaya | 4.5