Mengulas Tentang Stadium Kanker Pada Payudara dan Cara Mengobatinya

By On Jumat, Juli 13th, 2018 Categories : info kesehatan

Kanker merupakan penyakit kronis yang banyak memakan korban. Kanker bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, anak-anak hingga manula. Salah satu jenis kanker yang merenggut banyak nyawa adalah kanker payudara pada wanita. Kanker ini menyerang payudara wanita baik di sebagian selnya, kelenjar susu, saluran keluar air susu atau di sel sehat sekitarnya termasuk getah bening. Meski mematikan, namun dengan pemeriksaan secara rutin, kanker ini bisa diketahui saat masih dalam stadium dini sehingga dapat lebih mudah dimusnahkan. Berikut ini adalah beberapa stadium kanker beserta penjelasannya untuk informasi penting bagi para wanita:

obat kanker payudara

  1. Stadium satu.

Dibedakan menjadi 1a dan 1b, dimana tumor di payudara memiliki ukuran antara 0,2mm hingga 20mm. Stadium 1b ditandai dengan sudah adanya sel tumor di kelenjar getah bening di ketiak dengan ukuran antara 0,2mm hingga 2 mm.

  1. Stadium dua.

Juga dibedakan menjadi stadium 2a dan 2b. Pada stadium ini sel kanker sudah berukuran 20mm hingga 50mm di payudara dengan sudah atau belum menyebar di kelenjar getah bening ketiak.

  1. Stadium tiga.

Kanker di stadium ini semakin membesar dan mengenai kelenjar getah bening dengan ukuran semakin besar. Kanker juga telah menjalar ke jaringan di sekitar seperti jaringan kulit payudara.

  1. Stadium empat.

Stadium ini ditandai dengan kanker yang telah merambat ke jaringan lain misalnya paru-paru, liver dan otak.

Untuk mengatasi keempat stadium kanker tersebut, ada beberapa cara yang dilakukan oleh kedokteran yaitu terapi radiasi, kemoterapi, pengangkatan sel kanker dan terapi hormon. Namun semua cara tersebut tak bisa memberikan jaminan kesembuhan hingga 100%. Tak jarang sel kanker yang telah dioperasi, beberapa tahun kemudian berkembang ke organ lainnya. Cara yang paling baik untuk terhindar dari penyakit ini adalah dengan menghindari kanker payudara dengan melakukan kebiasaan baik sehari-hari.

Untuk menghindari kanker ini, Anda para wanita sangat dianjurkan untuk melakukan papsmear terutama bagi wanita yang sudah menikah. Anda juga bisa secara rutin melakukan pemeriksaan di rumah dengan cara mengecek apakah ada benjolan pada payudara Anda.

loading...
Mengulas Tentang Stadium Kanker Pada Payudara dan Cara Mengobatinya | Destiara Cahaya | 4.5