Tempat Wisata Kudus Paling Hits saat Ini

By On Selasa, Juli 10th, 2018 Categories : traveling

Kudus adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah, dan berjarak sekitar 51 kilometer dari kota Semarang. Kabupaten ini terletak di jalur utama Pantura Semarang-Surabaya yang ramai. Lalu ada tempat wisata apa saja di Kudus ??. Wisata di kudus didominasi oleh wisata pegunungan dan alam, tidak ada Pantai di Kudus, karena kabupaten ini dikelilingi oleh daratan dan tidak mempunyai garis pantai. Ini dia tempat wisata paling hits di Kudus.

colo

  1. Kawasan Wisata Colo

Kawasan Wisata Colo ini memiliki lokasi berada di pegunungan Muria yaitu tepatnya 18 kilometer dari pusat kota kudus ke arah utara pada desa Colo, kecamatan Dawe, Kudus. Colo menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang sejuk, asri, dan sangat menenangkan. Di kawasan ini terdapat makam sunan muria. Selain itu, disini juga memiliki Taman Ria Colo yang memang tidaklah jauh dari Graha muria. Ini memiliki tempat berada di depan Graha Muria yang terpisah oleh jalan raya menuju makam sunan muria. Di tempat ini memang cukup luas serta sangat cocok untuk digunakan untuk wisata dengan keluarga.

2. Museum Kretek

Kudus sangat identik dengan Kretek, hal ini tidak terlepas bahwa kota ini memegang peranan penting dalam perkembangan rokok kretek di Negeri ini. Kudus menjadi tempat bagi Produsen Rokok seperti Djarum dan Sukun, jauh sebelumnya Kudus banyak memiliki produsen rokok bahkan sejak zaman penjajahn Belanda. Di museum ini, wisatawan bisa mengenal sejarah hingga diorama proses produksi rokok kretek dari proses pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern.

Museum ini terletak di Jalan Getas Pejaten No 155, Kecamatan Jati–Kudus, Jawa Tengah. Museum yang memiliki luas sekitar dua hektar ini, menghadirkan beragam koleksi alat-alat untuk memproduksi rokok kretek. Mulai dari miniatur yang menggambarkan proses produksi rokok, kemudian display beragam jenis rokok kretek,  alat giling cengkeh, mesin giling tembakau, alat perajang tembakau, dan lain sebagainya.

3. Situs Pati Ayam

Salah satu tujuan wisata edukasi yang berada di Kudus, Situs Pati Ayam terletak di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Tidak ada tiket masuk alisa gratis, disini kita bisa melihat 17 fosil hewan purba yang sangat eksotik.

Situs Patiayam dianggap satu situs terlengkap karena di wilayah ini ditemukan fosil manusia purba (Homo erectus), fauna vertebrata dan fauna invertabrata. Selain itu juga ditemukan alat-alat batu manusia dari hasil budaya manusia purba. Sejumlah fosil binatang purba ditemukan penduduk setempat seperti kerbau, gajah, dan tulang lain. Fosil gading gajah purba Stegodon trigonocephalus merupakan primadona Patiayam.

4. Waterboom Mulia

Bagi yang ingin bermain air, Waterboom Mulia ini menjadi salah satu wahana liburan di Kudus yang wajib dikunjungi. Lokasi Waterboom Mulia ini ada di Jalan Kudus – Colo KM 12, Desa Lau, Bae Kudus. Berbagai wahana air Waterboom Mulia dilengkapi dengan wahana permaian seperti kolam arus, ember tumpah dan masih banyak lagi. Selain wahana air di wisata ini juga menyediakan Kolam pemancingan dan juga kendaraan ATV yang layak dicoba.

wisata kudus

5. Desa Wisata Rahtawu.

Desa Wisata Rahtawu terletak di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Untuk menuju ke Rahtawu tak perlu memerlukan waktu lama. Sekitar 30 menit dari pusat kota Kudus, jalanannya juga bagus sudah beraspal mulus. Disini kita bisa menikmati bentang alam yang indah dari kabupaten Kudus. Daya tarik dari desa ini adalah pesona panorama alamnya yang sangat indah, selain itu ada pemandian alami kedung gong dan air terjun yang indah.

6. Wisata Religi Masjid Menara Kudus/ Sunan Kudus.

Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, sehingga Masjid Menara Kudus ini bisa dijadikan salah satu destinasi yang wajib kita kunjungi ketika sedang berada di Kudus. Selain menapaki sejarah penyebaran Islam, kita juga bisa berziarah ke makam Sunan Kudus yang terletak berdekatan dengan Masjid Menara Kudus. Salah satu penyebar agama Islam yang sangat berpengaruh di daerah Kudus di masa lalu.

7. Air Terjun Montel dan Air Tiga Rasa Rejenu.

Salah satu tujuan wisata yang menarik di Kudus, Air Terjun Montel dan Air tiga rasa rejenu. Objek wisata ini terletak di kawasan Colo dan saling berdekatan, Air tiga rasa rejenu terletak diatas air terjun montel, jika dari arah dari makam sunan muria adalah sebelah utara. Namun yang perlu diperhatikan adalah akses ke atas sini menanjak karena berada di ketinggian. Hamparan pemandangan yang memanjakan mata dapat kita nikmati begitu tiba di lokasi.

Itulah berbagai destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kudus, sangat beragam dari mulai wisata religi, edukasi, wisata air, hingga pemandangan alam yang menenangkan.

loading...
Tempat Wisata Kudus Paling Hits saat Ini | Destiara Cahaya | 4.5