Tips Merawat Cat Mobil agar Awet dan Bersih

By On Kamis, Juli 5th, 2018 Categories : Otomotif

Kebersihan mobil mencerminkan kepribadian dari sang pemilik kendaraan tersebut, jika sang empunya orang yang mencintai kebersihan tentu tidak akan membiarkan kendaraan kesayanganya terlihat kotor dan dekil. Sebaliknya bagi pemilik yang jorok, ia tidak akan peduli jika mobil yang dikendarainya kotor, jarang dicuci dan dibersihkan. Nah, tentunya kita tidak ingin memiliki image sebagai orang yang jorok bukan ?, maka dari itu mulailah rawat kendaraan dengan baik agar selalu bersih dan wangi. Kita bisa mencuci mobil sendiri, atau jika tidak ingin repot kita bisa menggunakan jasa salon mobil yang saat ini telah banyak ditemui.

mencuci mobil

Mencuci mobil sendiri memang sedikit merepotkan, tetapi sisi baiknya kita bisa menghemat pengeluaran dan lebih leluasa saat membersihkan mobil kita. Kita bisa melakukannya di akhir minggu saat libur kerja, di pagi hari saat matahari belum menunjukan teriknya. Mencuci mobil dibawah terik matahari sangat tidak disarankan, hal ini karena bisa membuat mobil yang telah dicuci menjadi kering lebih cepat. Noda air dan sabun akan tertinggal pada body mobil dan kemudian terlihat seperti kerak yang susah dihilangkan. Cucilah dengan langkah dari atas kebawah dengan terlebih dahulu disemprot dengan air. Biarkan air turun dari bagian atas kebawah, agar lumpur dan cipratan tanah di bagian bawah menjadi lebih lunak dan mudah dibersihkan.

Selalu gunakan lap dan spons yang lembut agar body mobil terhindar dari goresan-goresan yang bisa memicu baret. Selain itu persiapkan dua wadah yang berbeda untuk air bilasan dan air sabun. Segera bilas lap dan jangan membiarkan kotoran menempel selama kita mengelap, karena kotoran tersebut dapat membuat goresan halus yang bisa menyebabkan cat menjadi kusam. Bilas sesering mungkin dan ganti air jika telah terlihat kotor. Setelah semua telah dibersihkan, bilas body mobil sekali lagi dengan air bersih untuk memastikan kotoan telah terlepas semua. Lalu kemudan kita bisa mengelapnya supaya bersih dan kering, untuk langkah selanjutnya kita bisa menggunakan wax dan polish untuk perawatan lebih lanjut. Namun tentunya waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dan harus lebih teliti untuk hasil yang lebih maksimal.

mencuci mobil sendiri

Mencuci mobil bukanlah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan dalam merawat body mobil, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tempat penyimpanan mobil. Usahakan agar kita memiliki garasi yang tertutup untuk melindungi mobil kita, jangan memarkir mobil di luar ruangan tanpa perlindungan yang memadai. Cat mobil dapat lebih mudah kusam dan pudar jika terus menerus terpapar sinar matahari, pun begitu jika terkena hujan secara langsung., karena tetesan hujan mengandung senyawa asam yang dapat merusak cat jika dibiarkan. Menyimpan mobil dibawah pohon juga bukanlah ide yang bagus karena getah pohon dapat menempel dan kemudian susah untuk dibersihkan, belum lagi kotoran burung yang dapat mengurangi estetika sebuah mobil.

Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membangun garasi yang mampu melindungi kendaraan. Selain body mobil lebih awet, juga dari segi keamanan akan lebih terjamin. Beli juga selimut mobil untuk melindunginya dari debu-debu halus yang bisa menempel ke body mobil. Bersihkan secara berkala untuk merawat body mobil agar tetap terlihat terawat dan mengkilap. Mobil yang memiliki body yang mulus dan terawat cenderung memiliki daya tawar yang tinggi saat akan dijual. So, rawatlah kendaraan kita agar tetap dalam performa terbaiknya.

loading...
Tips Merawat Cat Mobil agar Awet dan Bersih | Destiara Cahaya | 4.5