Oleh-oleh Khas Brebes Paling Enak dan Terjangkau

By On Senin, Agustus 6th, 2018 Categories : traveling

Oleh-oleh Khas Brebes – Tidak lengkap rasanya setelah berkunjung ke kota Brebes tetapi pulangnya tidak membeli oleh-oleh. Bagi banyak orang, Brebes sangat identik dengan oleh-oleh Telur Asinnya yang melegenda. Di kota ini kita akan dengan mudah menemukan kios-kios yang menjual penganan yang satu ini. Mau di rebus ataupun di oven kita bisa memilihnya dengan leluasa. Selain Telur Asin apasih yang bisa kita beli sebagai oleh-oleh setelah mengunjungi kota Brebes ? yuk kita simak daftarnya.

telurbrebes1

  1. Telur Asin Brebes.

Di daftar kita yang pertama, kita memang harus menempatkan oleh-oleh paling populer dari Brebes yakni “Telur Asin”. Olahan telur bebek asli Brebes ini dikenal mempunyai tekstur berminyak, gurih dan berpasir. Di banyak sudut kota kita bisa menemukan banyak penjaja telur asin yang biasanya memproduksi sendiri jadi terjamin kualitasnya. Telur asin khas Brebes tersedia dalam dua pilihan pengolahan yakni original/rebus dan telur asin bakar. Keduanya sama-sama enak dan layak untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

2. Kerupuk tulang bandeng.

kerupuk_tulang_bandeng_3

Tulang Bandeng di buat sebagai kerupuk ?, iya dan rasanya sangat gurih dan enak. Di Brebes kita bisa membeli Kerupuk Tulang Bandeng ini sebagai oleh-oleh yang unik. Kerupuk ini terbuat dari tulang ikan bandeng yang sebelumnya, dagingnya diolah menjadi abon. Dibalik rasa gurih dan enak, tulang bandeng juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang bagus untuk kesehatan tulang.

3. Abon Ikan Bandeng.

Jika tulangnya dibuat kerupuk, maka daging ikan bandeng akan dibuat sajian lain yang tidak kalah enak yakni Abon. BandengĀ  mempunyai kandungan gizi yg sangat baik bagi tubuh, serta kaya akan kalsium dan omega 3. Selain itu ikan bandeng juga rendah kolesterol. Abon Ikan Bandeng Khas Brebes ini sangat direkomendasikan untuk dibawa sebagai buah tangan selepas mengunjungi kota ini.

4. Kerupuk Rumput Laut.

Brebes memang terkenal sebagai kota bahari, tidak heran jika kemudian oleh-olehnyapun bernuansa laut. Salah satu yang terkenal adalah Kerupuk Rumput laut yang enak dan renyah. Kerupuk ini terbuat dari rumput laut yang sudah diolah terlebih dulu menjadi tepung, yang kemudian diolah dengan bahan-bahan lainya untuk jadi camilan yang sangat khas. Pusat penjualan oleh-oleh banyak menyediakan kerupuk ini dalam keadaan mentah maupun matang. Harganya juga bersahabat jadi sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga terkasih.

5. Bawang Goreng.

bawang goreng brebesSelain terkenal dengan Telur asin, Brebes juga terkenal sebagai daerah penghasil bawang merah paling terkemuka di Indonesia. Tidak heran jika kemudian oleh-oleh bawang goreng menjadi ciri khas dari kota ini. Tidak perlu repot membeli bawang merah mentah, kita bisa membeli bawang goreng langsung yang lebih praktis. Bawang Goreng ini bisa dipadukan dengan masakan lainnya hingga membuatnya semakin enak untuk dinikmati.

Oleh-oleh Khas Brebes Paling Enak dan Terjangkau | Destiara Cahaya | 4.5