Oleh-Oleh Khas Tegal yang Enak Buat Nyemil

By On Kamis, Agustus 9th, 2018 Categories : traveling

Oleh-oleh Khas Tegal paling populer – Tegal merupakan kota yang terletak di Pantai Utara Jawa, letaknya sangat strategis dengan terdapatnya persimpangan jalur utama yang menghubungkan pantura dengan kota-kota di bagian selatan Pulau Jawa. Sebagai kota yang menjadi perlintasan jalur utama, Tegal sangat cocok untuk disinggahi sebelum melanjutkan perjalanan ke kota lainnya. Disini kita bisa berbelanja makanan khas Tegal yang cocok dibawa untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk harga Oleh-oleh khas Tegal juga rata-rata sangat terjangkau dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Rasa yang ditawarkan juga tergolong unik dan enak, cocok untuk menemani saat santai.

Tempat memperoleh oleh-oleh khas Tegal dapat kita temui di sepanjang jalan utama dan juga di kompleks-kompleks wisata yang terdapat di kota ini. Destinasi wisata di tegal termasuk sangat komplit dan beragam, seperti wisata pantai yang indah, waterpark yang cocok untuk anak-anak atau wisata pegunungan di Guci.

Oleh-Oleh Khas Tegal yang Enak Buat Nyemil.

  1. Latopia

latopiaMakanan khas Tegal ini jika dilihat sekilas mengingatkan kita kepada Bakpia, tetapi yang membedakan keduanya adalah bentuk Latopia lebih besar, teksturnya pun lebih padat dan renyah. Menurut sejarah, Latopia pada awalnya merupakan penganan yang di kreasikan oleh orang-orang keturunan Tionghoa. Seiring waktu, kemudian menjadi ciri khas yang membanggakan kota tegal.

Kulit latopia dibuat dari tepung terigu. Bentuk latopia umumnya adalah kotak dengan ukuran yang bervariasi. Nah, untuk pilihan rasa latopia juga beragam, kita bisa memilih latopia isi kacang hijau, gula aren, bawang, durian, susu, keju, dan cokelat.

2. Kacang Bogares.

kacang bogaresSalah satu oleh-oleh yang bakal membuat ketagihan adalah Kacang Bogares, Terbuat dari kacang tanah pilihan yang diolah dengan cara disangrai di atas pasir halus, kacang satu ini bercita rasa gurih dengan aroma harum khas kacang yang kuat.  Makanan olahan dari bahan kacang-kacangan ini cocok dimanfaatkan sebagai cemilan dan menemani disaat santai.

Harga Kacang Bogares bervariasi antara 50ribu rupiah sampai 80 ribu rupiah per kilogramnya. Untuk mendapatkanya kita bisa mendatangi sentra oleh-oleh di kota Tegal atau memesan secara online di marketplace.

3. Tahu Aci.

resep tahu aci banjaran tegalTahu Aci merupakan oleh-oleh khas Tegal yang tidak boleh dilewatkan, tidak sulit untuk menemukan jajanan ini karena hampir di setiap pinggir jalan di Tegal banyak penjual yang menjajakannya. Tahu Aci Tegal terbuat dari tahu kuning yang dibelah dua sehingga membentuk 2 segitiga siku-siku. Kemudian bagian yang dibelah tersebut di beri adonan yang terbuat dari tepung kanji (aci), potongan daun kocai, bawang putih dan beberapa bumbu lainnya.

Harganya juga cukup terjangkau mulai dari 1000 rupiah perbijinya. Tahu Aci snagat cocok untuk dicemil saat dalam perjalanan, atau dinikmati bersama makanan lainnya.

4. Kerupuk Tahu.

keripik-tahuJika sebelumnya ada Tahu Aci, maka saat ini kita akan membahas tentang oleh-oleh yang juga berbahan tahu tetapi berbentuk kerupuk. Sensasinya sangat unik, selain renyah kita juga akan merasakan gurih yang membuat ketagihan. Olahan ini sangat cocok untuk dinikmati ramai-ramai bareng keluarga saat bersantai.

Harga untuk 500 gram kerupuk tahu berkisar antara Rp 30.000

5. Pilus Kletuk.

pilus kletukSatu lagi oleh-oleh khas tegal ini menawarkan makanan renyah dan cocok untuk dijadikan cemilan. Pilus Kletuk yang berasal dari Tegal memiliki bentuk bulat kecil kecil dan rasanya yang renyah dan gurih sangat cocok apabila menjadi teman saat memakan makanan yang berkuah seperti bakso,mie ayam. Pilus ini terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, bawang putih dan daun kancai. Pilus asli khas Tegal tidak dipadu dengan bumbu-bumbu rasa, namun jika ingin yang sudah dimodifikasi ada juga pilus yang memiliki berbagai rasa seperti rasa pedas, asin, keju, bahkan ada variasi pilus dengan kacang goreng di dalamnya.

loading...
Oleh-Oleh Khas Tegal yang Enak Buat Nyemil | Destiara Cahaya | 4.5