Setting Google Cardboard dengan Cara di Ini untuk Kualitas Gambar yang Keren

By On Rabu, Agustus 15th, 2018 Categories : review

Kecanggihan teknologi informasi yang berkembang pesat memang mampu memberikan pengaruh yang sangat besar di dalam kehidupan masyarakat. Google Cardboard menjadi salah satu inovasi terbaik untuk sebuah pengalaman menonton yang tak terlupakan. Dengan menggunakan Google Cardboard yang satu ini dapat membuat Anda merasakan berbagai macam adegan secara nyata di dunia virtual.

Google Cardboard atau yang juga disebut dengan kacamata VR ini sekarang sudah banyak yang menggunakannya. Sebuah pengalaman menonton gambar virtual yang tampak secara nyata tampaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang untuk menggunakan Google Cardboard. Tentunya, untuk menggunakan kacamata VR ini Anda harus bisa menyetelnya dengan baik agar bisa mendapatkan pengalaman menonton yang tak terlupakan. Pada pembahasan kali ini akan membantu Anda terutama bagi para pemula untuk mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengatur Google Cardboard.

Nah, bagi Anda yang sudah pernah memakainya, hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan level imersifitas dan presence yang ada di dunia virtual reality. Berikut ini pembahasannya.

Google-Cardboard

  1. Scan QR Code Terlebih Dahulu

Sebelum melangkah ke beberapa tahap yang lainnya, langkah yang paling awal ialah dengan melakukan scan QR Code terlebih dahulu. Lakukan scan QR Code dari kacamata VR dengan menggunakan sebuah aplikasi Google Cardboard. Jika Anda belum memilikinya, maka wajib bagi Anda untuk menginstallnya terlebih dahulu pada handphone yang akan Anda pasang VR.

Nah, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tidak semua produk dari VR Box menyertakan QR Code di dalamnya. Biasanya, QR Code tersebut digunakan untuk menginstall aplikasi bawaan saja pabrikan dan umumnya menggunakan bahasa mandarin. Namun, Anda bisa mengabaikan ini.

Nah, jika Anda sudah download aplikasi official Google Cardboard, maka Anda bisa melakukan scan QR Code dan akan langsung muncul nama profile VR Box-nya. Apabila suatu hari Anda ingin mengganti VR Box atau VR headset, maka pastikan bahwa QR Code sudah di scan terlebih dahulu.

  1. Pasang Handphone Dengan Benar

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan memasang handphone dengan benar. Pada saat Anda memasang handphone pada VR Box atau Google Cardboard, Anda harus memasangnya dengan pas dan garis split yang membelah layar harus Anda pastikan berada dibagian tengah serta sejajar dengan pembatas.

Lalu, masalah apa yang dapat timbul jika garis split tidak pas di tengah? Masalah yang akan muncul yakni membuat gambar menjadi blur ataupun double vision. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, makan akan membuat kepala Anda terasa pusing, mual dan bahkan bisa berbahaya bagi mata.

  1. Setting IPD Lensa Dengan Baik

Apa yang dimaksud setting IPD? IPD merupakan setting lensa supaya jarak yang digunakan sama dengan jarak index pupil pengguna VR Box. Hal ini bertujuan untuk membuat mata menjadi lebih rileks serta tidak dipaksakan untuk jarak lensa yang tidak sesuai

  1. Melakukan Refocus Lensa

Kebanyakn VR Box sudah dilengkapi dengan setting fokus lensa sehingga para penderita mata minus/plus bisa menggunakannya. Cara menyettingnya pun hanya dengan memutar tombol ataupun lensa sehingga bisa membuat jarak lensa menjadi berubah dengan layar handphone.

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan settingan yang tepat, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan trial and error. Caranya yakni dengan menggunakan Google Cardboard sembari dilihat apakah gambar yang Anda lihat sudah fokus atau belum.

google cardboard

  1. Perhatikan Cara Klik Trigger Tombol

Pada Google Cardboard 1 tidak ada masalah karena sudah dilengkapi dengan tombol magnet yang berguna untuk mentrigger klik ataupun action pada VR. Namun, pada versi 2 malah menggunakan tombol capacitive untuk melakukan trigger. Selain itu, VR Box headsetnya berasal dari plastic dan tidak menyertakan tombol yang telah terintegrasi.

Namun, Anda bisa memperhatikan beberapa solusi praktis yang akan diberikan di bawah ini.

  • Sebagian aplikasi tidak membutuhkan tombol, menggunakan sistem “stare to action” jadi hanya perlu memfokuskan pandangan beberapa detik saja akan membantu untuk mentrigger aksi di game ataupun aplikasi.
  • Anda bisa menggunakan kabel USB OTG pendek agar bisa menghubungkannya ke android serta mouse (menggunakan wireless lebih baik), untuk melakukan action trigger hanya tinggal klik mouse. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku pada OS android dan tidak berlaku pada iPhone/iOS.
  • Anda bisa menggunakan bluetooth clicker sederhana yang dijual dengan harga 50 ribuan. Jika bluetooth clicker tersebut dapat compatible, maka tidak akan ada masalah. Akan tetapi, tidak semua bluetooth yang digunakan bisa compatible.
  • Membeli gamepad joystick yang berkualitas. Hal ini tentu saja sangat perlu jika Anda ingin menggunakannya untuk game kompleks seperti Galaxy VR yang mana membutuhkan control pesawat yang jauh lebih rumit. Menggunakan gamepad joystick pun akan membuat pengalaman bermain Anda menjadi lebih menyenangkan.
  1. Menginstall Semua Aplikasi yang Wajib Untuk Anda Miliki

Jika Anda sudah selesai melakukan set up Google Cardboard ini, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah dengan menginstall beberapa aplikasi yang recommended untuk Anda gunakan. Beberapa aplikasi yang bisa Anda install seperti cardboard, Google Street View, Titan of Space, VRTV Video Player, Youtube, Cedar Point VR dan VTime.

Dengan melakukan berbagai macam cara di atas, hal ini dapat membantu Anda untuk melakukan set up Google Cardboard dengan mudah. Nah, semoga Anda bisa menikmati Google Cardboard dengan kualitas gambar yang tidak mengecewakan.

Setting Google Cardboard dengan Cara di Ini untuk Kualitas Gambar yang Keren | Destiara Cahaya | 4.5