5 Destinasi Wisata di Dieng yang Harus Dikunjungi

By On Rabu, September 19th, 2018 Categories : traveling

Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di ketinggian 2093 mdpl dan terhampar dalam dua wilayah kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yakni ‘Di’ yang berarti tempat yang tinggi dan ‘hyang’ yang berarti kahyangan. Maka Dieng bisa diartikan sebagai daerah pegunungan tempat di mana para dewa dan dewi bersemayam. Hawanya dingin berkisar antara 11 – 18 °C dan bahkan di puncak musim kemarau suhu bisa jatuh dibawah titik nol. Panorama pegunungan yang indah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk mengunjungi Dieng.

Nah bagi kamu yang merencanakan untuk liburan ke Dieng dan membutuhkan referensi objek wisata apa saja yang bisa di kunjungi, berikut kami rangkumkan.

sikunir dieng

https://www.instagram.com/hany_kharisma/

  1. Mengejar Sunset dan Sunrise Puncak Sikunir

Bukit Sikunir sebagai salah satu obyek wisata andalan Dataran Tinggi Dieng saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain berudara sejuk-dingin ala pegunungan, Sikunir dinobatkan sebagai salah satu kiblat para pencari sunrise. Keindahanya diakui banyak orang dan dinobatkan sebagai “The Golden Sunrise” spot Asia Tenggara. Di puncaknya kita dapat melihat hamparan hijau meluas, kebun berjejeran, rumah warga, hingga gunung-gunung lain disekitar plateu Dieng yang berbaris rapi menunggu di daki.

Biaya retribusi kawasan wisata Sikunir sekitar Rp. 15.000,/orang. Jika membawa mobil atau motor akan dikenakan biaya tambahan guna lahan parkir di dalam kawasan wisata. Buat teman-teman yang ingin camping di area wisata jangan khawatir jika lupa membawa tenda, para pekerja dan warga sekitar selaku penjaga alam Sikunir juga menyediakan tenda dan perlengkapan tidur dan pakaian hangat disana. Adapula satu warung kecil di pojok jalan sebelum memulai pendakian. Disana dijajakan gorengan panas, kopi serta teh dan minuman jahe sebagai penghangat badan dengan harga yang terjangkau untuk kantong menengah ke bawah.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kamu bisa mengaksesnya melalui jalan utama dari Kompleks Candi Arjuna menuju ke arah Candi Bima. Lokasi Kawah Sikidang sendiri sangat dekat dengan lokasi Candi Bima. Waktu tempuh yang diperlukan bila berangkat dari kompleks Candi Arjuna tidak lebih dari 15 menit berkendara. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, kamu bisa naik ojek atau jalan kaki.

Tiketnya hanya Rp.15.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp.30.000,- untuk foreigner. Tiket tersebut sudah mencakup untuk Kawah Sikidang dan Kompleks Candi Arjuna. Di kawah tersebut tersedia beragam oleh oleh khas Dieng, seperti carica, bunga edelweiss, sulfur(belerang) yang diambil dari kawah tersebut, dan lain lain. Disana terdapat beragam spot foto buatan yang snagat menarik (dikenakan biaya sumbangan Rp.5.000 untuk foto pada spot tersebut). Ada pula penyewaan mobil off-road dan motor trail untuk digunakan di area wisata tersebut. Disana kita dapat memakan telur yang direbus dari kawah tersebut dengan membeli pada warga lokal yang menyewakan jasa tersebut.

Jika berkunjung kesana, disarankan untuk menyiapkan masker karena disana agak berdebu dan asap dari belerang yang cukup pekat mungkin dapat mengganggu pernafasan.

3. Candi Arjuna.

“Belum komplit rasanya, kalo ke dieng belum berkunjung ke candi”, kata-kata tersebut merupakan gambaran bahwa daya tarik wisata di Dieng tidak terlepas dari pesona candinya. Dengan harga tiket masuk yang murah kita dapat merasakan sejuknya udara dingin di bangunan peninggalan zaman dahulu. Tempat ini sangat cocok untuk kita yang ingin mengenal lebih dekat sejarah Indonesia. Selain itu panoramanya yang indah juga sangat melenakan hati. Hijaunya rumput yang mengitari candi memberikan kesan nyaman apalagi bersama keluarga. jika berlibur pada puncak musim kemarau yang berlangsung sekitar bulan juli-agustus, kita berkesempatan untuk melihat embun es di rumput yang mengitari bangunan bersejarah ini di pagi hari.

4. Telaga Warna

Telaga warna di kawasan wisata Dieng PLATEAU merupakan sebuah telaga dengan warna asli dari belerang yang masih aktif. Tempat tujuan utama wisatawan dengan kondisi yang sejuk dan dingin. Parkir luas dan tempat nyaman, cocok sebagai salah satu alternatif wisata keluarga di hari libur.

5. Gunung Prau

Tempat yang tepat untuk berburu sunrise, cocok untuk pendaki pemula karena treknya tidak terlalu sulit, jarak antar posnya juga tidak terlalu jauh. Padang rumput luas yang terlihat dapat kita jumpai di puncak Gunung Prau. Ditambah dengan ornamen Bukit-bukit kecil dan sabana menambah keindahan gunung ini. Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan atau weekend.

5 Destinasi Wisata di Dieng yang Harus Dikunjungi | Destiara Cahaya | 4.5