Tempat Wisata Bayuwangi Paling Terkenal dan Populer

By On Senin, September 3rd, 2018 Categories : traveling

Banyuwangi saat ini menjelma menjadi kabupaten dengan tujuan wisata paling menarik dan layak untuk dikunjungi. Terletak di ujung timur pulau Jawa, kabupaten ini mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Dengan perjalanan darat kita bisa memilih bus, mobil travel atau kereta api yang secara reguler menuju ke Banyuwangi. Sementara jika ingin menggunakan pesawat, kita juga bisa naik dari Bandara Juanda Surabaya menuju ke bandara Blimbingsari Banyuwangi dengan pesawat Lion Air. Pesona kabupaten ini memang sangat luar bisa, dan berikut ini adalah spot-spot wisata terbaik yang ada di Banyuwangi.

  1. Taman Nasional Baluran

Bayangkan sebuah padang sabana seperti di Africa terhampar luas di depan mata kalian, dan kabar baiknya kamu tidak harus benar-benar pergi ke Africa untuk menikmatinya karena Kabupaten Banyuwangi memiliki Taman Nasional Baluran yang berjuluk “Little Africa in Java”. Taman Nasional Baluran memiliki luas area 25.000 hektar ini memang tampak sangat berbeda dengan tempat lainnya di Indonesia. Padang Sabana berwarna kekuning-kuningan dengan Gunung Baluran yang berdiri kokoh dibelakang menambah kesan eksotik yang tiada duanya. Taman Nasional ini memiliki keaneka ragaman hayati yang juga luar biasa, terdapat 444 jenis tumbuhan yang diantaranya adalah tumbuhan asli, 155 spesies burung dan 26 jenis satwa seperti kerbau liar, monyet, rusa, kijang, macan tutul, kancil, kucing bakau, dan banteng. Selain panorama yang indah, Pengunjung juga akan dijumpai oleh satwa liar yang kerap menampakkan diri.

2. Pulau Merah

Pulau merah merupakan nama yang diberikan kepada sebuah bukit kecil di pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Bukit ini memiliki tinggi sekitar 200 meter, dan tampak menyembul dari laut ketika pasang tiba. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah yang kemudian menjadi asal dari namanya, walaaupun sekarang ditutupi oleh tanaman hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya.

Pesona utama dari kawasan pantai ini terletak pada ombaknya yang cocok untuk surfing, banyak wisatawan asing yang jatuh cinta dengan ombak pantai ini yang berkisar antara 2-5 meter. Selain itu hamparan pasir putihnya juga sangat indah dengan latar belakang pegunungan yang kontras. Terdapat pula sebuah pura hindu di tepi pantai yang menambah kesan eksotik.

3. Pantai Plengkung

Pantai ini telah banyak memikat hati para peselancar dunia karena ombaknya yang ganas. bayangkan sebuah ombak dengan ketinggian hingga 8 meter dan bersusun-susun sangat memacu adrenalin pencinta olahraga satu ini. Selain surfing, kita juga melakukan diving, memancing, atau treking menyusuri keindahan hutan Alas Purwo yang melegenda.

  • Tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo senilai Rp. 5000
  • Tiket menyebran hutan lindung serta tepi patai laut selatan senilai Rp. 5000

Pantai ini disebut juga dengang nama Pantai G-Land. Sebutan ini berasal dari lokasinya yang berada pada teluk Grajagan yang diawali huruf “G”. Serta bentuk ombak Pantai ini yang seperti membentuk huruf G. Namun apapun itu, sempatkanlah untuk mengunjungi pantai indah ini jika kebetulan sedang berada di sekitar Banyuwangi.

banyuwangi

4. Kawah Ijen

Menyaksikan api biru yang sangat langka, di dunia hanya ada dua tempat yakni di Islandia dan di Banyuwangi!. Sangat menarik menyaksikan fenomena langka yang luar biasa ini, Kawah Ijen berada pada ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kita aan disuguhi Kawah seluas 20 km yang dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter ini akan membuat siapa pun yang menyaksikannya untuk takjub dan terpesona.

Api Biru atau Blue Fire terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap. Namun jika berkunjung kesini, siap siaplah dengan bau belerang yang menyengat.

Yuk berkunjung ke Banyuwangi, jangan khawatir dengan akomodasi karena disini cukup banyak homestay atau hotel yang siap untuk memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung.

 

Tempat Wisata Bayuwangi Paling Terkenal dan Populer | Destiara Cahaya | 4.5