Jangan Salah, Begini Cara Tepat Mencuci Baju Batik

By On Selasa, September 25th, 2018 Categories : Featured

Batik keris  merupakan salah satu merek batik yang sangat populer di Indonesia. Perusahaan Batik Keris telah berdiri sejak tahun 1946 dan sampai sekarang masih banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Batik Keris menjadi salah satu produk batik terbaik dan terfavorit bagi masyarakat karena memang memiliki kualitas yang tak diragukan lagi.

Kain batik merupakan jenis kain yang tak hanya populer namun menjadi identitas bagi negara kita. Indonesia memiliki banyak sekali jenis batik yang memiliki ciri khas masing-masing. Kain batik juga sangat fleksibel bisa digunakan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Kain batik juga sangat fleksibel dipakai dalam beragam acara.

cara mencuci baju batik

Kain batik mungkin identik dengan acara yang sifatnya formal, namun seiring dengan perkembangan jaman justru kain batik semakin fleksibel dipakai dalam acara santai sekalipun. Sekarang juga semakin banyak model baju batik yang beredar di pasaran. Tak hanya bisa dikenakan oleh orang tua, batik juga sangat pas dipakai oleh anak muda jaman sekarang.

Cara Tepat Mencuci Batik
Batik Keris menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin memiliki baju batik berkualitas. Namun, perlu diketahui bahwa kain batik membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kualitasnya. Proses pencucian yang tepat sangat penting dilakukan agar kualitas kain batik anda tetap terjaga. Inilah dia beberapa cara tepat mencuci batik yang bisa anda lakukan di rumah :

1.Pencucian Pertama
Ketika anda akan mencuci kain batik untuk pertama kali, maka cucilah menggunakan air dingin. Selain itu, pisahkan baju batik anda dari baju lainnya karena mungkin saja warna akan luntur ketika pertama kali dicuci. Pastikan anda mencuci dengan tangan saat pencucian pertama dan jangan mengucek kain terlalu keras.

2.Memakai Mesin Cuci
Setelah melewati pencucian pertama, berikutnya anda bisa mencuci baju batik dengan memakai mesin cuci. Namun, anda juga harus berhati-hati ketika akan mencuci baju batik dengan mesin cuci. Pastikan anda menggunakan putaran yang lembut dengan waktu yang singkat.

mencuci batik

3.Jangan Memeras Baju Batik
Usahakan untuk tidak memeras baju batik anda. Memeras baju batik bisa membuat kualitas kain menjadi berkurang dan tampilan kain juga menjadi buruk. Lebih baik, tekan-tekan baju batik anda secara lembut kemudian kibaskan baju batik begitu selesai dicuci.

Bagi anda yang mencuci baju batik dengan memakai mesin cuci, jangan mengeringkan baju batik anda di mesin pengering. Lebih baik biarkan baju batik kering dengan sendirinya dengan digantung tanpa diperas maupun dikeringkan.

4.Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari
Ketika menjemur baju batik, usahakan untuk tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan warna baju batik menjadi cepat pudar. Selain itu tekstur kain juga bisa rusak kalau dijemur di bawah sinar matahari langsung.

5.Jangan Pakai Pemutih
Jangan menggunakan produk pemutih apapun untuk mencuci baju batik anda. Selain pemutih, anda juga tidak disarankan untuk memakai bahan kimia untuk mencuci baju batik karena bisa merusak kualitas kain batik.
Itulah tadi beberapa cara mencuci kain batik yang baik dan benar. Pastikan anda memperhatikan cara pencucian ini agar kain batik yang anda miliki bisa awet digunakan dan kualitasnya tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin mendapatkan baju batik kualitas terbaik, anda bisa memilih produk Batik Keris. Batik Keris bisa anda dapatkan secara online di Bukalapak. Belanja batik di Bukalapak sangat mudah dan menguntungkan karena aman, banyak pilihan, dan harga yang ditawarkan juga bersahabat.

loading...
Jangan Salah, Begini Cara Tepat Mencuci Baju Batik | Destiara Cahaya | 4.5