Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju Dengan Cepat

By On Sabtu, Mei 8th, 2021 Categories : Featured

cara menghilangkan bau apek pada baju

Pakaian yang bersih dan harum akan membuat kita nyaman memakainya, selain itu juga bisa menambah mood sehingga siap menghadapi beragam aktifitas. Namun sebaliknya jika mengenakan pakaian yang lembap plus berbau apek, ini akan terasa sangat tidak nyaman dan bahkan bisa membuat kita minder.

Kenapa pakaian bisa berbau apek bahkan ketika barusaja dicuci? Ada banyak penyebab diantaranya adalah terkadang karena mesin cuci yang tidak dibersihkan. Terlalu lama merendam pakaian atau bisa juga karena tempat menyimpan pakaian tersebut lembab dan tidak disimpan dengan benar.

Bahkan bau tidak sedap bisa saja disebabkan oleh bau menyengat lain seperti asap rokok, bau makanan, atau bahkan hewan peliharaan. Ini terjadi karena serat pakaian cenderung menangkap aroma yang kuat sehingga baunya terus menempel. Pakaian yang tidak kering secara sempurna juga bisa berbau tidak sedap karena menjadi tempat tumbuhnya jamur. Saat spora jamur kecil tumbuh di dalam serat pakaian, itu dapat membuat pakaian dan lemari menjadi bau.

Pakaian bisa berbau lembap karena berbagai alasan. Hal ini terjadi jika ada kelembapan berlebih yang terperangkap pada bahan yang tidak dapat keluar, sehingga pakaian berbau apek. Berikut ini beberapa alasan mengapa pakaian Anda tidak berbau segar:

  • Keringat dapat menyebabkan bau pakaian
  • Membiarkan cucian basah di mesin cuci dalam waktu yang lama
  • Membiarkan cucian basah atau lembap di mesin pengering juga akan menyebabkan pakaian berbau
  • Menyimpan pakaian di ruang tertutup (laci / lemari pakaian) saat masih lembap
  • Mesin cuci yang bau juga bisa membuat bau pakaian menjadi kurang segar

cara menghilangkan bau apek pada baju dengan cepat

Cara Mencegah Bau Apek pada Baju

  • Yang pertama, selalu cuci pakaian yang basah karena air atau keringat sesegera mungkin.
  • Memasukkannya ke dalam mesin pengering, segera setelah proses cuci selesai
  • Penting untuk selalu menjemur cucian hingga kering
  • Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum menyimpannya di laci atau lemari pakaian agar kelembapannya tidak terperangkap di dalam kain.

Jika mesin cuci yang kamu miliki baunya tidak sedap, kita bisa menggunakan air panas dan jalankan tanpa pakaian untuk menghilangkannya. Sebaiknya biarkan pintu mesin cuci terbuka saat tidak digunakan untuk mencegah kelembapan.

Setelah mengetahui cara terbaik untuk mencegah bau lembap pada pakaian, sekarang saatnya mengatasi pakaian yang mungkin sudah terlanjur berbau apek. Berikut panduan langkah sederhana tentang cara menghilangkan bau apek dari pakaian.

Cara menghilangkan bau apek pada baju dengan cepat bisa dimulai dengan mencucinya sekali lagi. Kali ini gunakanlah detergen yang memiliki aroma yang kuat. Pastikan jamur yang ada di pakaian dihilangkan sampai bersih, jika sudah hilang kita bisa memberikan pewangi agar baju memiliki aroma yang harum.  Bilas baju dengan tuntas jangan sampai ada deterjen yang tertinggal, lalu jemur hingga benar-benar kering. Setrika sebelum dimasukan ke lemari untuk menjaganya tetap rapi selama disimpan.

Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju Dengan Cepat | Destiara Cahaya | 4.5