Apa Itu Maklon dan Bagaimana Cara Kerjanya?

By On Sabtu, April 29th, 2023 Categories : Featured, Finance

Apa Itu Maklon dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika ingin memulai bisnis, Anda mungkin tidak memiliki keterampilan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat produk bisnis Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab kini, Anda bisa menggunakan jasa maklon.

Apa itu jasa maklon? Lalu, apa saja yang dikerjakan maklon sehingga bisa memudahkan Anda dalam memulai bisnis?

Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini, yuk!

Apa Itu Maklon?

Maklon adalah perusahaan atau pihak yang mengolah produk untuk bisnis orang lain. Perusahaan ini biasa digunakan oleh pebisnis yang menggeluti industri pakaian dan kosmetik.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis kosmetik. Namun, Anda tidak memiliki modal besar dan kemampuan untuk memproduksi produk kecantikan.

Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa menggunakan jasa maklon. Jasa ini akan memberi Anda layanan produksi produk dengan biaya yang Anda tentukan.

Bagaimana Maklon Bekerja?

Maklon bekerja dengan melibatkan dua pihak, yaitu perusahaan penyedia jasa maklon dan pemilik merk.

Awalnya, pemilik merk akan menghubungi maklon untuk bekerja sama dalam memproduksi produknya. Pemilik merk bisa memilih maklon yang menyediakan bahan baku atau tidak. Jika tidak, maka pemilik merk harus menyerahkan bahan baku kepada maklon agar diproduksi.

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh maklon akan dilakukan berdasarkan keinginan pemilik merk. Pemilik merk akan menentukan bentuk sediaan, spesifikasi produk, hingga jumlah hasil produksi.

Sebelum produksi besar-besaran dilakukan, pemilik merk akan meminta sampel terlebih dahulu. Sampel ini berguna untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan maklon sudah sesuai keinginan pemilik merk. Selain itu, sampel juga diperlukan untuk membuat produk menjadi lebih baik lagi.

Apabila sampel sudah disetujui, perusahaan maklon akan melakukan proses produksi. Biasanya, perusahaan maklon menggunakan sistem ERP untuk merencanakan dan mengatur proses produksi agar berjalan dengan lancar.

Jika produk yang dihasilkan maklon membutuhkan legalitas dan sertifikasi tertentu, pemilik merk bisa mengurusnya sendiri atau meminta bantuan pihak maklon.

Jenis-jenis Maklon

Maklon digunakan oleh berbagai merk, tidak hanya kosmetik. Secara umum, ada 5 jenis jasa maklon yang paling sering digunakan. Kelima jenis jasa maklon ini sangat populer karena produknya begitu dinikmati masyarakat luas.

Lima jenis maklon yang biasa digunakan perusahaan ialah sebagai berikut.

jenis-jenis maklon

1. Jasa Maklon Kosmetik

Industri kosmetika dikenal sebagai industri yang banyak menggunakan jasa maklon. Hal ini tidak mengherankan sebab memproduksi kosmetik membutuhkan keahlian tertentu.

Saat ini, pemilik merek kosmetik bisa meminta jasa maklon untuk merangkai formula kosmetik dan memproduksi kosmetik tersebut secara massal. Pemilik merek juga bisa meminta produk dibungkus dengan packaging yang menarik, sesuai branding merek.

2. Jasa Maklon Makanan dan Minuman Instan

Penyedia jasa maklon makanan dan minuman instan cukup populer di Indonesia karena kebiasaan masyarakat yang senang mengonsumsi santapan instan. Tak sedikit merek makanan dan minuman instan yang menggunakan jasa maklon ini.

Jasa maklon makanan dan minuman instan yang paling banyak dicari adalah yang sudah memiliki izin dan legalitas seperti BPOM atau sertifikasi halal MUI.

3. Jasa Maklon Konveksi

Ada begitu banyak merek pakaian di pasaran. Beberapa pakaian tersebut ternyata diproduksi oleh jasa maklon konveksi.

Jasa maklon konveksi memberikan jasa pemotongan bahan baku sesuai dengan pola dan desain baju dari pemilik merek, penjahitan kain hingga menjadi baju, dan finishing untuk memastikan pakaian jadi sudah rapi.

4. Jasa Maklon Herbal

Saat ini, masyarakat yang beralih ke pengobatan herbal sudah semakin banyak. Itulah mengapa, makin banyak pebisnis di bidang herbal yang membutuhkan jasa maklon untuk memproduksi obat-obatan herbal.

Kurang lebih sama seperti jasa maklon kosmetik, jasa maklon herbal akan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi dan keinginan pemilik merek.

5. Jasa Maklon Sepatu

Jasa maklon sepatu berbeda dengan jasa maklon konveksi karena hanya fokus pada pembuatan sepatu.

Cara kerjanya sama seperti jasa maklon konveksi, di mana maklon akan memproduksi sepatu berdasarkan desain dari pemilik merek dan melakukan finishing.

Demikian pembahasan mengenai apa itu maklon, cara kerjanya, dan jenis-jenisnya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang akan memulai bisnis. Sekarang, Anda tak perlu bingung dalam memulai bisnis karena sudah ada jasa maklon.

Apa Itu Maklon dan Bagaimana Cara Kerjanya? | Destiara Cahaya | 4.5