Ini Rekomendasi Game Edukasi Tentang Finansial Untuk Anak-anak

By On Senin, September 4th, 2023 Categories : Featured

Free Online Financial Video Games for Kids

Kebanyakan orang tua tidak setuju jika anak-anak mereka menghabiskan lebih banyak waktu bermain video game. Padahal bermain games tidak selalu buruk bagi kehidupan anak-anak, beberapa games di antaranya bisa menjadi alat yang tepat untuk mengajari anak-anak tentang uang dan mempromosikan literasi keuangan.

Saat mereka bermain kita akan mendapati mereka berdiskusi tentang bagaimana mengatur keuangan dalam games. Mereka akan belajar untuk bagaimana membeli beberapa item barang yang akan memberi mereka kemenangan, atau mencari cara untuk sukses dengan menggunakan sumber daya sesedikit mungkin. Beberapa games bahkan mengharuskan mereka meluncurkan simulasi bisnis, membayar karyawan dan hipotek, bahkan berdagang, dan berinvestasi.

Ketika mereka terlibat dan aktif ini akan membuat mereka belajar dengan baik. Konsep yang dipelajari dalam games membantu anak-anak untuk memahami konsep sebab dan akibat, belajar memperbaiki langkah saat membuat kesalahan, dan mendapatkan imbalan atas pilihan tepat yang telah mereka buat.

Bermain game tentang keuangan juga membuat orang tua lebih nyaman mendiskusikan topik tersebut dengan anak-anak. Tentu saja, yang terbaik adalah temani mereka untuk bermain bersama sehingga orang tua bisa membimbing mereka, membantu menjelaskan konsep game dan dampak pilihan mereka.

Main di mortgage calculator Money games

mortgagecalculator.org money-games

Kekurangan utama bagi orang tua saat mencari games yang cocok untuk anakya adalah mereka bingung harus menemukannya dimana. Salah satu situs rekomendasi adalah dengan mengunjungi situs Mortgage Calculator Money Games. Disini kita bisa menemukan banyak sekali game yang sesuai dengan usia sikecil. Gameplaynya kebanyakan sangat sederhana sehingga gampang dipahami oleh anak-anak. Kelebihan utama lainnnya lagi adalah kita tidak perlu mendownload dan menginstalnya untuk bisa memainkan games tersebut. Tinggal klik saja judul game yang diinginkan lalu biarkan loading secara sempurna. Dan kitapun bisa mengajak sikecil untuk segera bermain.

Mortgage Calculator juga memiliki tampilan yang sangat sederhana, sehingga ketika mengaksesnya kita tidak perlu menunggu lama untuk bisa tampil sempurna. Jadi kita tidak perlu kecepatan internet yang ngebut-ngebut banget untuk bisa memainkannya. Penempatan judul serta menu games juga sangat mudah untuk dipahami.

Beberapa Games yang saya coba di Mortgage Calculator Money games

Ada banyak sekali judul games yang terdapat disini, untuk memudahkan kamu memilihnya berikut beberapa judul games yang saya coba dan mungkin juga akan disukai oleh sikecil.

Real Estate Tycoon

Real Estate tycoon

Ini adalah games yang memungkinkan kita untuk membeli properti. Yang membuatnya menarik adalah harga properti tersebut bisa naik dan turun. Dengan kondisi ini kita bisa mendapatkan keuntungan dengan membelinya saat turun dan menjualnya saat harga naik. Dalam mode karir kita harus mencetak keuntungan 1000$ untuk bisa melewatinya.

Properti akan muncul di kotak yang tersedia, pertama akan muncul perlahan dan kemudian semakin cepat. Jika properti itu tidak dibeli maka akan menghilang dan kita tidak berkesempatan mencetak keuntungan. Kita harus jeli untuk membeli saat harganya sedang rendah dan menjualnya saat harganya naik, jika momen itu terlewat biasanya harga akan turun.

Jadi gameplaynya hanyalah membeli dan menjual dan misi kita adalah mencapai jumlah uang tertentu. Dengan demikian game ini sangat sederhana untuk dipahami anak-anak. Ini akan mengajarkan mereka bagaimana mengelola keuangan, saat ada properti yang harganya mahal apakah bijak untuk membelinya atau tidak. Selain itu juga disiplin untuk menetapkan jual dan beli agar tidak rugi. Lebih baik untung sedikit daripada terus menunggu dan ujungnya malah rugi.

Ada 3 mode yang bisa dipilih yakni

  • Mode Karir: Mulailah dengan sejumlah kecil uang dan capai jumlah tertentu akhir.
  • Mode Time Trial: Cobalah untuk mencapai sasaran penghasilan dalam jangka waktu terbatas.
  • Mode Tanpa Akhir: Beli dan jual tanpa henti dalam game tanpa batas waktu atau misi penghasilan.

Temukan game Real Estate Tycon disini.

Mahjong Solitaire

Mahjong Solitaire

Ini seperti permainan Mahjong pada umumnya yakni mencocokkan tile dan menyelesaikannya secepat mungkin. Ada pilihan opsi disebelah kiri, kita bisa memilih empat tataletak yang berbeda dan beberapa pilihan bentuk tile. Apakah ingin tentang landmark, economy, renovation, landscape, dan buildings. Setelah mengatur tampilannya kitapun bisa segera memainkannya.

Game ini akan sangat menyenangkan untuk sikecil, mereka akan belajar untuk mencocokan gambar dan mengingatnya. Jika melakukan kesalahan dan ingin membatalkannya maka pilih undo, jika dirasa sudah mentok kita bisa pilih shuffle.

Temukan game Mahjong Solitaire disini.

Construct a Bridge

Construct A Bridge Game

Gameplay Construct a Bridge ini benar-benar sangat bagus, permainan ini memungkinkan sikecil untuk berfikir kritis dan menganalisa bagaimana caranya jembatan bisa dibangun dengan aman tanpa melebihi anggaran yang terbatas. Sayangnya hanya ada 10 level untuk diselesaikan, ini benar-benar akan terasa sangat singkat ketika dimainkan. Pastinya akan lebih menyenangkan jika levelnya lebih banyak.

Disini kita harus menyusun jembatan berdasarkan dengan budget yang sudah ditetapkan. Kita harus menyusunnya sedemikian rupa agar aman untuk dilewati oleh mobil yang akan melintas. Ada beberapa variasi dalam setiap levelnya, mulai dari penyangga di tengah dan berbeda-bedanya panjang jembatan.

Temukan game Construct a Bridge disini

Farm Town

Farm Town Game

Ini adalah game simulasi tentang pertanian dan makanan. Disini kita dimungkinkan untuk menanam tanaman, memanennya, dan beternak hewan. Ketika panenan dan ternak hewannya sudah menghasilkan kita bisa menjualnya ke kota untuk mendapatkan uang. Jual produksi Anda ke pasar kota.

Saat sudah memiliki uang yang cukup kita bisa membeli lebih banyak benih, membeli peralatan memasak, dan melakukan riset produksi tanaman pangan baru. Ada 40 level yang berbeda dan setiap level memiliki tujuan yang berbeda mulai dari mengumpulkan jumlah uang tertentu, atau menciptakan sejumlah menu makanan tertentu. Game ini akan membuat sikecil merencanakan dengan baik langkah-langkahnya sesuai dengan misi yang diberikan.

Temukan game Farm Town disini

Kesimpulan.

Mengenalkan game tentang financial  akan memberikan manfaat bagi hidup sikecil kelak. Anak-anak yang diajari tentang uang akan lebih mahir dalam menabung, menghasilkan uang, dan mengelola utang. Dengan game keuangan yang interaktif, anak-anak dapat menghitung koin dengan karakter yang menyenangkan, memilih petualangan mereka sendiri dalam menabung vs membelanjakan uang. Dengan pendekatan ini, kita dapat mulai membangun kebiasaan baik dalam diri sikecil untuk mengelola uang yang dapat berguna seumur hidupnya.

Ini Rekomendasi Game Edukasi Tentang Finansial Untuk Anak-anak | Destiara Cahaya | 4.5