Ciri-ciri Situs Jual Beli Online Indonesia yang Perlu Diwaspadai

By On Senin, Juli 18th, 2016 Categories : review

Bersikap waspada ketika akan berbelanja online perlu dilakukan supaya kegiatan belanja yang Anda lakukan bisa berlangsung aman dan lancar. Sebab, tidak semua situs jual beli online di Indonesia memiliki kualitas yang baik dalam menyediakan fasilitas belanja yang aman bagi setiap pelanggan. Beberapa diantaranya bahkan dikelola secara tidak profesional untuk menipu dan menimbulkan kerugian bagi banyak orang. Supaya situs belanja yang Anda pilih adalah situs yang tepat, maka perhatikanlah ciri-ciri online shop yang mencurigakan di bawah ini, yaitu:

jual-beli-online

1. Tidak dikelola secara profesional.
Situs belanja online yang harus dicurigai adalah situs belanja yang tidak dikelola dengan baik dan profesional. Hal ini bisa dilihat dan dinilai dari tampilan website atau situs online shop tersebut secara keseluruhan. Tampilan website yang tidak memiliki daya tarik dan cenderung asal-asalan perlu dihindari karena kemungkinan pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik oleh pihak pemilik online shop bersangkutan. Sebaiknya, pilihlah online shop yang tampilannya berkualitas dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan fasilitas belanja yang profesional pula.

2. Tidak mencantumkan alamat dan kontak yang jelas.
Online shop wajib mencantumkan alamat lokasi dan kontak yang bisa dihubungi dengan jelas untuk mempermudah para pelanggan dalam mendapatkan layanan belanja yang baik dan memuaskan. Namun bila situs belanja yang Anda kunjungi tidak mencantumkan alamat yang jelas dan kontak yang sulit dihubungi, maka sebaiknya carilah situs lain yang lebih terpercaya agar belanja online berlangsung aman.

3. Tidak menjelaskan produk secara detail.
Ketika berbelanja online di salah satu web jual beli online , Anda tentu wajib memperhatikan produk yang ditawarkan dengan seksama. Anda perlu informasi produk yang detail sekaligus gambar asli produk tersebut supaya belanja terasa lebih mudah dan aman. Namun jika situs belanja yang Anda temukan tidak menjelaskan produk secara detail dan lengkap, hal ini perlu dicurigai untuk mencegah resiko barang tiruan dan kemungkinan buruk lainnya. Karena itulah mencari tahu info lengkap seputar produk yang dijual juga perlu dilakukan untuk dapatkan produk yang berkualitas.

4. Tidak memberikan pilihan pembayaran yang aman.
Salah satu trik yang dapat dilakukan supaya aktivitas belanja online berlangsung aman adalah dengan memilih metode pembayaran yang tepat. Bayar ditempat atau COD ketika barang diterima adalah pilihan pembayaran yang paling aman. Namun jika online shop yang tidak menyediakan alternatif pembayaran yang aman seperti COD dan sejenisnya, maka hindarilah transaksi belanja online di situs tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan.

5. Tidak memberi jaminan keamanan belanja.
Selain tidak memberikan metode pembayaran yang aman, situs belanja yang perlu diwaspadai juga adalah situs belanja yang tidak memberikan jaminan keamanan belanja. Padahal, jaminan keamanan belanja dari suatu online shop sangatlah penting dan dibutuhkan agar pelanggan merasa yakin bahwa proses belanja dapat berjalan lancar. Biasanya, online shop yang terpercaya akan memberi jaminan keamanan belanja dan memberikan fasilitas garansi pengembalian barang untuk setiap transaksi pelanggan. Namun hal tersebut tidak berlaku di online shop yang kurang profesional.

Itulah beberapa ciri dari situs jual beli online di Indonesia yang perlu diwaspadai keberadaannya. Meningkatkan sikap waspada dalam memilih online shop sangatlah penting untuk menghindari berbagai resiko yang merugikan. Oleh sebab itu, pastikanlah aktivitas belanja online yang Anda lakukan selalu di situs belanja yang tepat dan terpercaya, menyediakan produk berkualitas dengan jaminan keamanan belanja yang pelayanannya profesional. Dengan begitu, belanja online terasa aman dan jauh dari resiko yang tidak diharapkan.

loading...
Ciri-ciri Situs Jual Beli Online Indonesia yang Perlu Diwaspadai | Destiara Cahaya | 4.5