Kisah Inspiratif yang dapat Kita Renungkan

By On Selasa, November 1st, 2016 Categories : review

Dunia ini memang bagaikan panggung sandiwara. Setiap ciptaan Tuhan mempunyai peranannya masing-masing. Sebagai manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, kita juga mempunyai peran masing-masing dalam kehidupan ini. Setiap orang dengan masalahnya sendiri-sendiri. Dalam menjalani kehidupan setiap orang juga mempunyai jalannya sendiri untuk memecahkan masalahnya,dan tidak sedikit orang juga memilih jalan yang salah. Sebagai ciptaan Tuhan yang sempurna dan beriman seharusnya kita menjalani hidup dan menghadapi masalah dengan sabar dan terus berusaha sampai masalah yang kita hadapi teratasi dengan menempuh jalan yang benar tentunya. Tuhan pastinya memberikan cobaan kepada hambanya sesuai dengan kemampuaan masing-masing hamba-Nya.

Selain sebagai mahkluk individu,manusia juga diciptakan Tuhan sebagai mahkluk sosial. Sebagai mahkluk sosial hendaknya orang yang mampu dan bercukupan membantu orang lain yang berkesusahan. Untuk menumbuhkan jiwa sosial dan empati sesama manusia salah satu caranya yaitu mendengarkan atau membaca kisah-kisah inspiratif dari saudara-saudara kita. Dan di zaman sekarang ini begitu banyak sumber berita seperti surat kabar, siaran radio ataupun program tv yang menyajikan cerita-cerita kehidupan yang mengulas kisah hidup seseorang yang dapat menginspirasi kehidupan kita. Diantara cerita inspiratif berikut ini:

inspiratif

1. Kisah pemulung wanita tua yang berkurban saat Hari raya idul Adha. Walau mempunyai penghasilan yang pas-pasan dan tidak begitu besar,tidak menyurutkan niat pemulung tua itu untuk berkurban.Dengan niat dan tekat yang kuat,sedikit demi sedikit pemulung itu menyisihkan penghasilannya.Dan setelah menabung selama 5 tahun akhirnya nenek tua itu membeli kambing kurbannya untuk pertama kalinya.Dengan keihlasan dan kegembiraan si nenek tua menyerahkan kambing kurbannya kepada panitia kurban.Pelajaran yang bisa petik adalah walau dalam keterbatasan,tidak ada alasan untuk berbagi dengan sesama.

2. Cerita kakek renta penjual koran. Seorang kakek renta menawarkan korannya kepada setiap pengendara di rambu-rambu lalu lintas melawan terik matahari.Setiap rupiah yang dihasilkan demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Usia dimana seharusnya menikmati sisa hidup si kakek tua harus bergelut dengan debu dan asap kendaraan di jalan raya.Dirumah sederhananya dia hidup dengan istri tercinta.Anaknya tinggal di kota. Ketika ada orang bertanya kepadanya mengapa dia dan istrinya tidak ikut anaknya saja di kota padahal anaknya sudah mengajak dan bersedia merawatnya.Namun dengan bangga si kakek menjawab selama kakinya masih mampu berjalan mencari sesuap nasi untuk dia dan istrinya, si kakek tidak mau merepotkan anaknya dan orang lain. Si kakek tetap akan bekerja semampu dia dengan cara halal untuk menghidupi istri dan memberikan sedikit uang untuk cucunya ketika maen kerumahnya tanpa harus mengiba belas kasihan orang atau meminta-minta. Walau demikian si kakek tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur kepada Tuhan atas semua nikmat yang diberikan. Dari cerita si kakek dapat diambil hikmah bahwa semangat hidup dan kerja keras di usia senjanya patut dijadikan contoh untuk kawula muda.

3. Cerita Tukang sapu jalanan naek haji. Ada seorang tukang sapu jalanan yang memendam keinginannya untuk suatu saat bisa berkunjung ke Baitullah. Namun mungkin untuk sebagian orang hal itu cukup mustahil dikarenakan mereka berasumsi bahwa dengan upah sebagai tukang sapu jalanan harus berapa lama ia harus menabung untuk naik haji. Jangankan untuk menabung naik haji ,untuk makan sehari -hari saja pas-pasan. Tetapi siapa yang mengira hal itu tidak mustahil untuk tukang sapu satu ini. Bila Tuhan sudah berkehendak yang terjadi,terjadilah. Suatu ketika tukang sapu itu memberikan sebungkus nasi yang baru dibelinya kepada seseorang yang meminta kepadanya karena kelaparan. Dengan ihklas tukang sapu itu memberikan makanannya walau dia harus menahan lapar. Namun siapa yang mengira bahwa orang yang meminta kepadanya adalah talent dari program salah satu tv swasta yang mencari seseorang yang di zaman yang individual ini masih mempunyai kebaikan untuk sesama untuk di wujudkan impiannya untuk dinaikkan haji. Dan akhirnya impian seorang tukang sapu jalanan bisa naik hajipun terwujud. Bila Tuhan berkendak hal yang mustahilpun bisa terjadi.Sebagai manusia hendaklah selalu berjalan dijalan-Nya an menjauhi larangan-Nya.

Masih banyak cerita inspiratif lainnya.Setiap orang mungkin mempunyai masalah yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana menyikapi untuk menyelesaikannya. Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan hamba-Nya.Jangan memandang orang yang diatas kita,pandanglah orang-orang di bawah kita akan menumbuhkan rasa syukur kita terhadap Tuhan bahwa masih ada orang yang lebih menderita dari kita. Tetap bersyukur dalam segala keadaan dan terus berusaha.Menebarkan cinta kasih dan mampu menjadi bermanfaat untuk kehidupan kita dan orang lain.Insya Allah akan membuat hidup kita bahagia.

Kisah Inspiratif yang dapat Kita Renungkan | Destiara Cahaya | 4.5