Sumur Kuno Berusia 1000 Tahun Dengan Tangga Rumit

By On Kamis, Februari 16th, 2017 Categories : Unik

was-was.com – Sumur Kuno dengan usia lebih dari 1000 tahun terletak di negara india tepatnya di negara bagian rajashtan. menjadi sangat unik dan menakjubkan karena memiliki desain super komplesk dengan jumlah tangga hingga 3500 buah. Sumur yang bernama Chand Baori Ini adalah salah satu sumur tangga tertua di india, dan dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Struktur persegi yang luar biasa ini memiliki 13 lantai yang mendalam, dan berjajar di sepanjang dinding di tiga sisi adalah anak-anak tangga ganda yang diatur dalam simetri yang sempurna menurun ke dalam sumur yang berkedalaman 30 meter menuju ke genangan air hijau yang keruh.

pada awalnya sumur ini Dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha, untuk menyediakan sumber air yang diandalkan selama berabad-abad untuk daerah sekitarnya sebelum sistem pengirimana air modern diperkenalkan. Namun kini, Air hijau di dasar sumur membuktikan, sumur sudah  tidak lagi digunakan. Tetapi struktur arsitektur yang mengesankan yang berusia lebih dari 1000 tahun, tetap menarik orang untuk mengunjunginya. Ada juga sebuah kuil yang berdampingan dengan sumur itu untuk dikunjungi.

baori

Sumur tangga (Stepwells), juga disebut bawdi atau Baori, adalah khas India. Sumur ini memiliki tangga-tangga yang dibangun ke sisi yang bisa dituruni untuk mencapai air di bagian bawah. Sumur tangga umumnya lebih besar dari sumur pada umumnya dan signifikan secara arsitektural, seperti Chand Baori. Tangga tangga mengelilingi sumur pada tiga sisi, sementara sisi keempat memiliki seperangkat paviliun yang dibangun satu di atas yang lain. Sisi yang memiliki paviliun memiliki relung dengan patung-patung yang indah, termasuk ukiran keagamaan. Bahkan ada tempat tinggal kerajaan dengan kamar untuk Raja dan Ratu dan panggung untuk pertunjukan seni. Chand Baori pernahi ditampilkan dalam film The Fall dan juga sedikit ditampilkan di filmnya Christopher Nolan, yaitu The Dark Knight Rises.

baori 7

Alasan dari bentuk rumitnya anak tangga untuk memastikan bahwa orang-orang Rajput memiliki akses ke air setiap saat sepanjang tahun, dan dari semua sisi. Sementara Alasan di balik besarnya lubang sumur berfungsi sebagai corong penangkapan hujan yang berkontribusi pada air yang merembes masuk dari batuan berpori di bagian bawah.  Rajasthan sendiri adalah tempat yang kering, dan karenanya, setiap tetes air sangat berharga.

Chand Baori juga menjadi tempat pertemuan komunitas bagi penduduk setempat Abhaneri. Warga kota menggunakan sumur ini untuk duduk-duduk disekelilingnya sambil mendinginkan tubuh (ngadem) selama hari-hari musim panas. Di bagian bawah sumur udaranya selalu sekitar 5-6 derajat lebih dingin daripada di atas.

Sekarang Chand baori menjadi harta karun yang dikelola oleh Archeological Survey of India dan menjadi objek wisata unggulan yang mendatangkan para wisatawan.

Selamat datang di majalah unik chanel, yang kali ini akan membahas tentang sumur kuno berusia 1000 tahun dengan tangga yang super rumit.

Sumur Kuno Berusia 1000 Tahun Dengan Tangga Rumit | Destiara Cahaya | 4.5