Belanja Online Memang Asyik, Tapi Jangan Sampai Boros Lho

By On Sabtu, April 27th, 2019 Categories : Finance

Toko online saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita, berbelanja hanya dengan klak – klik layar smartphone tanpa harus berdesakan dan repot keluar masuk toko di cuaca yang panas. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa berbelanja online memiliki banyak kelebihan daripada belanja secara ofline. Efisien dari segi waktu dan biaya membuatnya menjadi primadona utama. Namun dengan semakin mudahnya melakukan transaksi, disatu sisi terkadang membuat kita tidak bisa mengontrol diri untuk terus belanja. Pada akhirnya seringkali budget bulanan terlewati tanpa disadari.

Jangan Tergiur Diskon.

Seringkali tekad kita untuk tidak belanja dan ingin mengelola keuangan dengan baik kemudian dikalahkan setelah melihat banner diskon disalah satu situs e-comerce. Padahal jika difikirkan lebih seksama, barang diskonan tersebut kebanyakan tidaklah terlalu dibutuhkan dan pada akhirnya malah terkadang tidak berguna sama sekali. Untuk itu, saat melihat iming – iming diskon jangan langsung nafsu untuk klik beli, tetapi cobalah untuk berhenti sejenak untuk mengetahui atau sadar memilih manakah barang yang sebatas hanya keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan.

toko online

Membuat Wishlist

Buatlah prioritas atau menyusun wihstlist sehingga kita gampang memutuskan mana saja yang ingin dimiliki dalam waktu dekat ini. Daftar ini secara tidak langsung membantu kita untuk bisa mengontrol keuangan dan menghindari berbelanja secara berlebihan. Kita akan fokus pada barang-barang yang ada dalam daftar tersebut. Kita bisa mengurutkan daftar keinginan tersebut mulai dari barang yang terpenting dulu, lalu disusul dengan barang yang sifatnya tidak begitu urgent dan bisa dibeli pada kemudian hari.

Diskon Tidak Selalu Menarik

Selain itu, harga diskon sebenarnya tidak sepenuhnya menarik dan terkadang hanyalah gimmick belaka. Jika kita bersedia untuk compare harga, seringkali barang tersebut tidak berbeda jauh dengan harga aslinya di situs ecomerce lain. Seller nakal biasanya memakai trik menaikan harga jual terlebih dahulu sebelum memberikan diskon, jadi ketika di diskon harganya masih tetap berada di kisaran harga pasarannya. Untuk itu, pilihlah toko online yang memberikan diskon secara fair dan usahakan untuk membandingkan harga sebelum memutuskan untuk membeli.

Belanja online memang menyenangkan, kita bisa melakukannya dimanapun selama masih ada internet. Namun untuk itu kita diharapkan bijak dalam mengatur keuangan dan fokuslah kepada wishlist yang sudah dibuat agar kondisi keuangan kita tetap sehat. Selamat belanja dengan bijak ya!

Belanja Online Memang Asyik, Tapi Jangan Sampai Boros Lho | Destiara Cahaya | 4.5