Tips Agar bisa Memiliki Keuangan yang Sehat

By On Senin, Juli 22nd, 2019 Categories : Finance

Pada era sekarang ini memiliki rekening tabungan sangat penting sekali, bukan hanya sebagai tempat menyimpan uang tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan mudah. Membayar tagihan, belanja online semuanya kini menggunakan rekening untuk media transfer. Tetapi dari kemudahan ini juga terkadang kita tergiur untuk terus belanja dan pada akhirnya tidak ada uang yang tersisa sebagai simpanan. Di awal bulan yang biasanya percaya diri bisa menyisihkan uang, tetapi pada akhirnya hal itu tinggalah sebuah wacana semata.

tabungan investasi

Cara mengatur Keuangan Agar bisa Nabung.

Sebetulnya, dengan adanya rekening tabungan, kita akan lebih mudah dalam mengatur keuangan. Kita bisa melihat pemasukan dan pengeluaran karena tercatat dengan rapi di history. Yang pertama harus di ingat adalah, “Banyak penghasilan bukan berarti juga pengeluaran harus banyak“. Jangan merubah gaya hidup menjadi konsumtif ketika memiliki penghasilan yang berlebih.

Belilah barang untuk diri sendiri artinya karena memang dibutuhkan dan akan berguna untuk dipakai. Jangan sampai membeli barang hanya terkena hasutan seseorang atau hanya untuk sekedar mengejar trend dan ingin membuat wah orang lain, sementara kita tidak benar-benar membutuhkan barang tersebut.

menabung

Selanjutnya adalah tidak membiasakan diri untuk berhutang, percayalah dengan kebiasaan ini kita akan lebih bijak dalam mengelola keuangan. Jangan mengandalkan orang lain untuk memenuhi hasrat konsumtif kita. Mengelola uang adalah sebuah kebiasaan. Kita harus memaksa diri kita untuk memiliki kebiasaan keuangan yang sehat. Buang anggapan bahwa ketika stress maka yang dilakukan adalah belanja, kita bisa melakukan hal lain misalnya me time dengan keluarga. Tahan pengeluaran agar selalu lebih kecil daripada pendapatan.

Buatlah catatan anggaran keuangan setiap bulan, bagilah dalam berbagai pos dan jangan melanggarnya. Tentukan target yang ingin dimiliki dalam jangka menengah dan panjang, hal ini akan membuat kita mengerem pengeluaran. Mulailah belajar tentang investasi yang low risk, kita bisa membaca ini pada berbagai referensi dan situs keuangan.

Temukan teman atau pasangan yang juga memiliki perilaku keuangan yang sehat. Karena jika kita berada pada lingkungan orang – orang yang memiliki manajemen keuangan yang baik niscaya kita bisa meredam sikap konsumtif kita.

loading...
Tips Agar bisa Memiliki Keuangan yang Sehat | Destiara Cahaya | 4.5