Ini Yang Membuat Solo menjadi Kota yang Ideal Sebagai Tempat Tinggal

By On Selasa, Mei 25th, 2021 Categories : Finance

kota solo

Solo adalah salah satu kota terbaik untuk ditinggali, suasananya yang tenang dan relatif masih asri membuat hidup disini terasa lebih santai. Tidak seperti kota Jakarta yang cenderung individualistis, di Solo masyarakatnya sangat murah senyum, khas ramahnya orang Jawa. Budaya yang masih dipegang teguh juga membuat kota ini memiliki suasana yang positif.

Hal baik lainnya adalah lalu lintas Kota Solo masih relatif lancar sehingga kemana-mana terasa lebih dekat dan cepat. Kondisi ini membuat kita bisa berangkat kerja dengan tidak terburu-buru. Dan saat pulang kerja, kitapun bisa lebih santai. Tidak banyak waktu terbuang dijalan, sehingga hidup terasa lebih berkualitas. Bandingkan dengan kehidupan Ibu Kota yang selalu identik dengan kemacetan, cuaca panas dan polusi yang seringkali membuat kita cepat merasa lelah dan stress.

Walaupun Solo tidak sebesar Ibu Kota, tetapi kota ini bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dari sektor transportasi, ada Bandara Internasional Adi Sumarmo, Stasiun Kereta Api, dan Terminal Bis yang semuanya cukup mudah dijangkau. Begitu juga dengan pusat perbelanjaan, ada beberapa mall yang bisa kita pilih mulai dari Solo Grand Mall, Hartono Mall, Solo Park, The Park Mall dan lainnya. Hotel bintang 4 juga bisa ditemui sehingga sebagai kota, Solo ini cukup ideal.

Tempat Tinggal terjangkau di Solo

kontrakan murah di solo

Perkembangan properti di Kota Solo cukup menjanjikan dengan permintaan rumah tapak atau landed masih mendominasi. Membeli properti di kota ini bisa menjadi investasi yang menarik. Beberapa pengembang menawarkan perumahan terbaik mereka dengan harga yang kompetitif.

Rumah yang memiliki akses mudah, bersih, serta lingkungannya aman adalah beberapa faktor utama sebelum kita memutuskan untuk menyewa ataupun membelinya. Karena itulah lokasi dan fasilitas yang dimiliki biasanya mempengaruhi harga yang ditawarkannya. Harga rumah di solo untuk daerah pinggirannya masih bisa ditemui dengan harga dibawah 200 jutaan, sedangkan untuk kawasan elit seperti Solo Baru bisa mencapai miliaran rupiah.

Kontrakan murah di solo berkisar antara 500 ribuan perbulan hingga yang termahal bisa mencapai 5 jutaan perbulan untuk sekelas apartemen full furnished. Kontrakan dan kost mudah ditemui di daerah dekat kawasan kampus yang tersebar di sekitar kota Solo. Hal ini terjadi karena para mahasiswa yang berasal dari luar daerah biasa memilihnya sebagai tempat tinggal selama menuntut ilmu.

Solo memiliki banyak Kuliner

kawasan kuliner solo

Biaya hidup di Solo itu sangat terjangkau, harga makanan relatif masih murah. Kita bisa hunting banyak kuliner Solo yang memanjakan lidah. Misalkan, menikmati timlo yang sudah menjadi trademark kuliner kota Solo, ditambah lagi dengan Gudeg, Selat, Tengkleng ataupun Serabi Notosuman yang legendaris pastinya akan membuat petualangan kuliner kita semakin beragam.

Selain itu, menghabiskan waktu di angkringan dan burjo juga akan membawa kesyahduan yang tiada tara. Menikmati sego kucing, atau bubur kacang ijo sembari berkumpul bersama teman akan sangat membekas di ingatan. Momen seperti inilah yang biasanya membuat kita selalu kangen dengan kota Solo ini.

Bagi kamu yang ingin hang out dengan lebih nyaman, Solo juga memiliki banyak Cafe dan tempat nongkrong kekinian yang bisa dikunjungi. Tempat-tempat ini biasanya dilengkapi dengan spot instagramable yang cocok untuk di unggah di feed sosial media, menikmati minuman kekinian dan wifi kencang sambil mengerjakan tugas kuliah atau sekedar kumpul bersama teman.

Solo sebagai kota Pendidikan

Selain sebagai kota budaya, Solo juga dikenal sebagai kota pendidikan. Hal ini terjadi karena Solo memiliki beberapa universitas yang tersebar di wilayahnya. Baik itu kampus negeri maupun swasta, mereka mampu mengundang para mahasiswa baru untuk menuntut ilmu disini. Beberapa diantaranya adalah kampus bergengsi, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) yang pada tahun 2020 masuk peringkat ke 8 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Selain itu ada Universitas Muhamadiyah Solo, IAIN Surakarta, Institut seni Surakarta dan Universitas Surakarta.

Bagi para mahasiswa baru, Solo bisa menjadi tujuan yang tepat untuk melanjutkan kuliah. Dengan paduan suasananya yang tenang dan biaya hidup yang sangat terjangkau, maka berkuliah di kota ini tentunya akan lebih menentramkan hati.

Wisata di Kota Solo

de tjolomadoe

Solo memiliki destinasi wisata yang cukup beragam. Diantaranya wisata sejarah dan budaya dengan mengunjungi Keraton Solo dan Benteng Vastenburg, Lalu berbelanja dengan mengunjungi Kampung Batik Kauman, dan pasar Klewer, lalu selanjutnya berjalan disekitaran di Alun-alun kidul dan menutupnya dengan kulineran di Kawasan Galabo. Jika ingin mengambil foto-foto menarik kita bisa mengunjungi The Heritage Palace, dan De Tjolomadoe.

Jika itu belum cukup kita juga bisa mengunjungi destinasi wisata alam lereng gunung lawu di Tawangmangu, atau melihat Candi Ceto yang terletak di kabupaten tetangga, Karanganyar. Menikmati indahnya gunung Sindoro sumbing di gardu pandang Suroteleng, dan menikmati keindahan merapi di Bukit Gancik, keduanya sama-sama terletak di Boyolali.

Solo adalah kota yang sangat mengesankan, mengunjunginya selalu meninggalkan kenangan yang sulit untuk dilupakan. Sebagai tempat tinggal, Solo juga membuat kita betah. Suasananya yang belum seramai Jakarta, serta gaya hidup yang masih murah sungguh membuat Kota Solo ini menjadi idaman. Tempat yang cocok untuk menepi dari hiruk pikuk kota metropolitan yang sudah penuh sesak dan melelahkan.

 

Ini Yang Membuat Solo menjadi Kota yang Ideal Sebagai Tempat Tinggal | Destiara Cahaya | 4.5