Pentingnya Peran Pemimpin Startup Untuk Menjamin Kesukesan

By On Kamis, Agustus 5th, 2021 Categories : Finance

Banyak dari kita cenderung melihat pemimpin startup sebagai pemimpin visioner, memiliki ide brilian, mampu mengarahkan tim, dan akhirnya bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Namun, ada banyak contoh startup dengan ide-ide bagus kemudian harus gagal karena kepemimpinan yang buruk. Untuk itu, memiliki pemimpin yang tepat sangat penting bagi startup baru untuk bisa terus tumbuh.

peran pemimpin startup

Para pemimpin startup memiliki peran penting dalam membuat keputusan yang akan membentuk masa depan bisnis, membentuk tim, menentukan arah yang harus diambil, dan kemampuan untuk menghadapi kesepakatan penting. Pemimpin yang kompeten dapat memberikan perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan bisnis.

Inilah Pentingnya Pemimpin Startup

Setiap startup teknologi yang sukses harus memiliki ‘pemimpi‘ sebagai bagian darinya dan orang yang selalu bersedia untuk percaya pada ide tersebut. Terlepas dari orang di luar sana yang mengatakan bahwa itu tidak memiliki masa depan atau itu adalah kegagalan total. Untuk itu CEO haruslah memiliki impian besar dan orang yang memiliki hasrat melampaui harapan siapa pun. Dengan demikian, CEO bisa memimpin dan yang lainnya bersedia mengikutinya. Sebelum ada yang percaya pada kesukesan dari sebuah ide, maka CEO-lah yang harus percaya terlebih dahulu.

Peran pemimpin startup yang cakap setidaknya membutuhkan dua keahlian untuk mencapai kesuksesan. Yakni mampu menjadi manajer yang hebat, ini artinya mampu berbagi tugas manajerial. Selanjutnya pemimpin startup harus bertindak sebagai pemimpin yang bisa diandalkan

Peran CEO sebagai manajer mencakup lima hal:

  • Menentukan strategi — mengatur arah perusahaan.
  • Merekrut tim yang tepat yang memiliki posisi terbaik untuk menjalankan strategi.
  • Menetapkan tujuan yang mengarahkan tim ke arah yang benar.
  • Membantu jika diperlukan saat tim menghadapi tantangan, atau memperingatkan saat tim keluar jalur
  • Memantau kemajuan secara berkala antara tim dan strategi, memastikan mereka bersinergi

Lima hal ini merupakan inti dari tanggung jawab seorang pemimpin startup dalam mengelola bisnisnya.

membangun tim startup

CEO sebagai Pemimpin

Menjadi CEO lebih dari sekedar memiliki kemampuan manajemen. Kenyataannya adalah, jika hanya fokus pada bagian manajemen maka sangat kecil kemungkinannya untuk bisa membangun sebuah perusahaan yang luar biasa. Kepemimpinan lebih sulit untuk dikuasai daripada manajemen, karena membutuhkan soft skill dan pemikiran yang luas. Pemimpin terbaik memimpin dengan memberi contoh dan menjadi inspirasi bagi karyawannya.

Harus dikatakan bahwa memimpin startup 10X lebih sulit daripada memimpin perusahaan biasa mengingat ketidakpastian dan dituntut untuk mampu mengubah arah perusahaan jika diperlukan.

Kesimpulan

Seorang pemimpin startup memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan perusahaan berdasarkan keputusan dan tindakannya. Kepemimpinan akan sulit untuk dijalankan jika seorang CEO hanya mengucapkannya, karena kepemimpinan itu perlu berperilaku dan ditampilkan dalam tindakan.

Selain itu, Pemimpin startup harus memiliki visi yang jelas, kuat serta optimis, juga harus sangat peduli pada perusahaan, pada produk, dan terutama pada orang-orang di tim mereka. Ini penting karena jika Ia peduli dan tim mereka merasakannya, mereka pun akan mencintai pekerjaan dan perusahaan mereka sepenuh hati.

Pentingnya Peran Pemimpin Startup Untuk Menjamin Kesukesan | Destiara Cahaya | 4.5