Kelebihan Digital Advertising untuk Kesuksesan Bisnis

By On Minggu, September 5th, 2021 Categories : Finance

Era digital telah mengubah banyak hal, termasuk juga cara untuk berbelanja. Kini konsumen memiliki banyak opsi dan informasi sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Kondisi ini memaksa seller untuk menjadi lebih kreatif, original, dan lebih bermanfaat. Dengan memanfaatkan teknologi digital memungkinkan seller untuk lebih fokus dalam menentukan strategi yang efektif untuk menyampaikan pesan, campaign produk, atau promosi kepada target audiens.

digital advertising

Digital advertising memiliki banyak kelebihan, berikut adalah tujuh hal yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Digital advertising sangat tertarget

Bagaimana jika setiap iklan yang  kita buat selalu dilihat oleh audiens yang potensial? Iklan konvensional tidak bisa menjamin ketepatan seperti ini, tetapi platform digital telah mengubah semuanya. SEO dapat menempatkan produk pada keyword tertentu sehingga berpotensi untuk dikunjungi oleh audiens. Begitupun media sosial seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn menawarkan opsi iklan fleksibel yang memungkinkan kita untuk mengelompokkan target iklan berdasarkan lokasi geografis, demografi, minat, dan banyak lagi.

2. Digital Advertising sangat fleksibel

Kata kunci untuk sukses dalam periklanan digital adalah “multi-channel.” Dengan iklan digital, sepotong konten dapat dibagikan di berbagai platform, yang berarti kita tidak lagi terbatas pada satu halaman. Campaign yang sukses tau bagaimana memanfaatkan berbagai platform ini. Misalnya membuat konten video di tiktok dan instagram kemudian menguploadnya juga di facebook, blog dan Youtube. Dengan demikian produk yang kita tawarkan akan terus dilihat oleh audiens dan kemudian mempengaruhinya untuk melakukan pembelian.

3. Digital advertising dimanapun dan kapanpun

Digital advertising memungkinkan kita menjangkau audiens di mana pun mereka berada dan kapan pun selama mereka memiliki akses internet. Ini adalah cara yang sangat tepat untuk menjangkau audiens Gen Z dan Milenial. Karena bagaimanapun, ponsel adalah tempat mereka menghabiskan waktu. Dengan iklan yang relevan, mereka adalah calon konsumen yang sangat potensial. Bagian terbaiknya dari ini adalah kita memerlukan teknik unik lainnya. Desain responsif adalah pendekatan desain digital yang secara otomatis mengoptimalkan konten untuk perangkat apa pun yang digunakan untuk melihatnya.

4. Digital Advertising Mudah dimodifikasi

Kondisi dan tren terus berubah dengan cepat, dan itu membutuhkan strategi pemasaran yang gesit. Kampanye digital dapat dijalankan lebih cepat, dan dapat dimodifikasi dengan cepat pula jika diperlukan. Kemampuan untuk memodifikasi ini juga berguna ketika mempertimbangkan anggaran yang berfluktuasi. Perusahaan dapat melakukan penyesuaian setelah melakukan evaluasi suatu campaign.

5. Digital advertising sangat terukur

digiads telkomsel

digiads telkomsel

Iklan digital dibangun diatas sebuah sistem yang terintegrasi. Kitaa bisa tahu persis siapa yang mengklik konten, membukanya, merujuknya, membagikannya. Kita juga dapat melacak sumber lalu lintas, mulai dari demografinya hingga keyword yang mereka ketikan dari masuk ke keranjang belanja dan akhirnya membeli. Ini akan membantu kita untuk menentukan strategi mana yang memberikan hasil terbaik, dan mana yang layak untuk terus di improve.

Periklanan digital sangat terukur dan seringkali bisa dipantau secara real time. Ini membantu kita untuk membuat kampanye lebih hemat biaya tetapi lebih tertarget. Jika hasilnya tidak bekerja dengan baik, mudah untuk menyesuaikan program dengan cepat untuk memastikan bahwa anggaran dihabiskan untuk hasil yang lebih baik.

6. Iklan Digital Bisa Menjadi Viral

Dengan koten yang unik, iklan kita bisa menjadi sensasi viral berikutnya. Tidak ada formula ajaib untuk bagaimana atau mengapa sesuatu bisa menjadi viral, tetapi, secara umum, konten harus mampu berbicara dan menyentuh hati audiens. Konten yang membuat orang tertawa atau merasa senang dengan diri mereka sendiri mudah untuk dishare ulang.

Untuk membangun strategi pemasaran konten yang efektif, kita harus memiliki visi yang kuat, fresh dan serelevan mungkin. Jadi, ketika merencanakan dan membuat materi iklan untuk suatu merek, kita perlu memastikan bahwa pesan yang disampaikan relevan dan secara khusus akan menawarkan nilai kepada audiens.

Kelebihan Digital Advertising untuk Kesuksesan Bisnis | Destiara Cahaya | 4.5