Pertanda Perusahaan Butuh Software Performance Management

By On Senin, September 27th, 2021 Categories : Finance

software performance management

Pernahkah Anda kesulitan dalam memproses penilaian kinerja karyawan? Hal ini biasa dijumpai di perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan masih menggunakan cara manual dalam mengelola karyawan. Akibatnya, sering kali penilaian menjadi bias dan tak sesuai realita. Software performance management adalah solusi tepat untuk membantu masalah tersebut.

Apakah yang Dimaksud Software Performance Management?

Sesuai namanya, software performance management adalah sebuah perangkat lunak yang membantu pengelolaan manajemen kinerja termasuk penilaian kinerja. Semua parameter dari setiap pekerjaan akan diatur melalui KPI (Key Performance Indicators) yang kemudian setiap progress KPI terhadap tujuan atau target yang ditetapkan perusahaan akan terpantau saat itu juga oleh HRD.

Selanjutnya, HRD dapat membuat laporan penilaian kinerja berdasarkan target dan KPIs melalui sistem. Cara ini dapat memudahkan HRD dalam melakukan penilaian kinerja karena tidak perlu lagi melakukan input manual ataupun rekap menggunakan dokumen fisik yang biasa dilakukan melalui cara konvensional.

Baca Juga: Tips Membuat dan Contoh CV yang Menarik HRD

Pertanda Perusahaan Anda Butuh Software Performance Management

pertanda butuh software performance management

Adanya perangkat lunak dalam manajemen kinerja dapat membantu HRD untuk memaksimalkan kinerjanya. Alhasil, pengelolaan karyawan menjadi lebih optimal dan lancar.

Namun, ada beberapa kondisi yang mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut butuh perubahan dalam manajemen kinerja, dalam hal ini termasuk menggunakan perangkat lunak daripada bertahan dengan proses manual.

Apa saja pertandanya?

  1. Penilaian sering berjalan bias dan tidak akurat. Hasilnya, kinerja menjadi berantakan dan tidak terukur secara benar.
  2. Sulit mendokumentasikan informasi dan hasil kinerja tiap karyawan di berbagai divisi dikarenakan banyaknya dokumen fisik menggunung di lemari arsip.
  3. Jumlah karyawan semakin lama semakin meningkat karena pengembangan bisnis perusahaan.
  4. Sulit untuk mencapai target atau tujuan baik divisi maupun perusahaan.
  5. Tingkat turnover karyawan yang tinggi. Angka turnover yang tinggi menandakan bila manajemen karyawan dalam perusahaan sangat buruk.

Apakah kelima aspek diatas pernah Anda alami di perusahaan? Itulah tandanya jika perusahaan Anda perlu melakukan evaluasi terhadap manajemen kinerja dan mulai menggunakan software performance management!

Bagi perusahaan yang belum dapat mengembangkan perangkat lunak, ada alternatif menggunakan jasa vendor dengan berbagai solusi untuk membantu masalah Anda. Salah satunya adalah LinovHR sebagai vendor software performance management terpercaya yang sudah membantu banyak perusahaan untuk mengoptimalkan manajemen kinerja karyawan.

Dengan menggunakan software performance management, HRD di perusahaan Anda dapat lebih dalam menganalisis tugas strategis seperti memberikan kompensasi yang layak bagi karyawan, meningkatkan engagement, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai software performance management dan pertanda jika perusahaan Anda membutuhkannya. Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu pengelolaan kinerja di perusahaan Anda semakin baik!

Pertanda Perusahaan Butuh Software Performance Management | Destiara Cahaya | 4.5