Lakukan Tips Berikut Ini Saat Membeli Rumah Bekas

By On Kamis, November 4th, 2021 Categories : Finance

beli rumah bekas

Membeli rumah bekas ataupun rumah baru, memang ada sisi positif dan kurangnya. Namun jika Anda memiliki dana terbatas, membeli rumah bekas bisa menjadi pilihan terbaik. Dimana harganya relatif jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah baru. Asalkan Anda bisa memilih dengan tepat, maka meskipun rumah bekas akan tetap nyaman ditempati. Anda bisa memilih rumah bekas yang kondisinya masih bagus dengan konstruksi yang kuat.

Mencari rumah bekas yang layak huni memang susah-susah gampang. Karena ada banyak pertimbangan agar dana yang Anda keluarkan untuk mendapatkannya memang sepadan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat membelinya, yaitu:

  1. Periksa kondisi rumah dengan teliti.

Periksa semua bagian rumah secara keseluruhan, mulai dari kondisi dinding, material kayu pada bagian rumah, sistem suplay air bersihnya, saluran pembuangan, atap rumah, lantai, dll. Jika diperlukan, Anda bisa menyewa bantuan tenaga ahli agar mendapatkan rumah yang tepat.

  1. Cari tahu mengenai legalitas rumah.

Saat membeli rumah bekas, pastikan untuk mengetahui riwayatnya. Anda bisa mencari tahu informasi dari pihak penjual atau perantara mengenai legalitas rumah tersebut. Pastikan jika rumah yang Anda perlu memang legal dan tidak bermasalah. Jika perlu Anda bisa menyewa bantuan tenaga ahli hukum.

  1. Buat anggaran yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Membeli rumah bukanlah perkara mudah, terutama untuk biayanya. Anda harus membuat anggaran terlebih dahulu agar tidak mengganggu kondisi keuangan. Anggaran yang dibuat tidak hanya mencakup biaya rumahnya saja, namun juga biaya untuk perbaikan rumah bekas tersebut jika diperlukan. Pastikan jika anggaran yang dibuat memang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jika berencana meminjam uang untuk keperluan membeli rumah, Anda bisa mempertimbangkan kredit rumah bekas syariah dengan produk iB Kepemilikan Rumah dari Bank Syariah Bukopin.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat membeli rumah bekas. Bagi Anda yang membutuhkan pembiayaan untuk membeli rumah atau keperluan lain, bisa mempercayakan pada Bank Syariah Bukopin. Dimana sistemnya sudah berbasis syariah dan menawarkan banyak kemudahan bagi nasabah. Selain memiliki produk pembiayaan untuk membeli rumah, Bank Syariah Bukopin juga memiliki banyak produk pembiayaan lainnya, seperti produk pembiayaan modal kerja syariah berupa iB KKPA.

 

Lakukan Tips Berikut Ini Saat Membeli Rumah Bekas | Destiara Cahaya | 4.5