Lelang Barang untuk Amal, 8 Item Unik Ini Ternyata Banyak Diminati

By On Selasa, Agustus 30th, 2022 Categories : Finance

lelang barang untuk amal

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Selain berdonasi, lelang barang untuk amal adalah salah satu bentuk kegiatan amal yang ramai diikuti. Biasanya barang yang digunakan untuk lelang merupakan milik dari seorang mantan artis.

Lucunya, ada beberapa barang aneh yang diikutsertakan dalam lelang. Ini dia beberapa barang lelang yang dimaksud, dirangkum dari berbagai sumber.

Beragam Lelang Barang yang Unik

Celana Ratu Victoria

Celana berbahan sutra milik Ratu Victoria sempat dilelang dengan harga sekitar Rp20 jutaan pada tahun 2015. Celana dengan inisial VR ini diperoleh seorang pelayan bernama Susah Heard.

Selama menjadi pelayan, Susah Heard mengaku dulunya sering bertukar pakaian dengan yang dikenakan oleh sang majikan. Dengan ukuran yang sangat besar dan bentuk yang lumayan aneh, celana tersebut memancing para donatur untuk memilikinya.

Piala Oscar

Piala Oscar

Saking eksklusifnya, banyak yang mengira Piala Oscar akan disimpan oleh pemenangnya. Kebalikannya, di tahun 1942, seorang sahabat karib pemenang Piala Oscar, Joseph C. Wright, memutuskan melelang piala tersebut untuk amal.

Bak mendapatkan rezeki nomplok, piala tersebut pun terlelang dengan harga Rp1,1 miliar atau 79.200 USD. Tidak lama dari kejadian ini, Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang menyelenggarakan Oscar pun menuntut pihak yang mengadakan lelang.

Semenjak kejadian ini, para pemenang Oscar pun diwajibkan menandatangani surat pernyataan untuk setuju tidak menjual piala.

Pahatan Wajah Fir’aun

Pahatan wajah Fir’aun sempat membuat heboh publik di tahun 2019. Patung tersebut dilelang oleh balai lelang Christie’s dengan harga menyentuh Rp87 miliar. Akan tetapi, acara lelang ini menimbulkan kontroversi.

Berbagai keterangan menyebutkan kalau patung tersebut dicuri pada tahun 1970 an dari Kuil Karnak. Nah, setelah diselidiki, memang benar bahwa patung tersebut curian.

Lukisan Karya Adolf Hitler

Lukisan Karya Adolf Hitler

lukisan adolf hitler

Popularitas Adolf Hitler membuatnya terkenal di seluruh penjuru dunia. Pemimpin Nazi ini memang kejam, tetapi karismatik secara bersamaan. Bahkan, meskipun terkenal memiliki sifat yang kurang manusiawi, Adolf Hitler pun masih memiliki beberapa fans fanatik.

Dalam sebuah lelang di tahun 2016, lukisan karya Adolf Hitler pun dipajang. Lukisan yang dimaksud sebenarnya bukan karya yang artistik, melainkan hanya goresan nama Adolf Hitler.

Karya tersebut dilelang dengan harga sekitar Rp6,5 miliar. Nominal ini sangat fantastis untuk sebuah lukisan sederhana.

Laptop dengan Enam Virus

Di tahun 2019, seorang seniman China menjual karya seni unik yang sangat aneh. Seniman tersebut memasukkan enam virus yang sangat mematikan ke dalam sebuah laptop.

Siapa sangka, tujuan dari tindakan ini adalah untuk mencegah agar laptop tidak dibeli oleh pelaku kejahatan. Nah, laptop bermerek Samsung tersebut kemudian dilelang dan dibeli dengan harga Rp18,8 miliar oleh pembeli anonim.

Patung Kelinci Besi

Sebuah patung unik berbentuk kelinci dilelang dengan harga sekitar Rp1,3 triliun. Sebuah nominal yang sangat fantastis untuk patung sederhana berbentuk seekor kelinci.

Salah satu alasan yang membuat patung tersebut mahal adalah bentuknya yang menyerupai balon dan kaca. Tak hanya itu, tampilan patung kelinci ini sangat mewah dan bisa hancur sendiri.

Lukisan Gadis dengan Balon Merah

Di tahun 2018, lukisan gadis dengan balon merah terjual Rp19 miliar atau 1,4 juta USD. Lukisan tersebut rupanya tidak biasa, karena bisa hancur dengan sendirinya. Hal ini memang sengaja untuk membuat lukisan terlihat unik dan lain dari biasanya.

Lelang Aset NFT dalam Bentuk Karya Lukis

Baru-baru ini, platform galang dana dan donasi online di Indonesia, Ayobantu, menjadi medium penyaluran hasil lelang NFT antara Indodax dan Wahid Foundation.

Aset digital yang dilelang merupakan sebuah lukisan dari CEO Indodax, Oscar Darmawan, yang dilukis langsung oleh Yenny Wahid, Direktur dari Wahid Foundation.

Pada proses lelang barang untuk amal ini, Ayobantu bertugas sebagai pihak yang mengelola hasil lelang lukisan tersebut. Hasil donasi dari proses lelang diserahkan ke Pondok Pesantren Qoryatussalam, pondok pesantren programmer di bawah naungan Wahid Foundation. Diharapkan, hasil donasi ini dapat membantu untuk memajukan pendidikan di dalam Pondok Pesantren Qoryatussalam.

Ada banyak cara unik saat melakukan lelang barang untuk amal. Beberapa daftar barang unik untuk lelang di atas merupakan bukti, betapa lelang bisa dilakukan dengan berbagai item tanpa batasan.

Jadi, bagaimana, apakah kamu juga tertarik melakukan lelang barang untuk amal?

Lelang Barang untuk Amal, 8 Item Unik Ini Ternyata Banyak Diminati | Destiara Cahaya | 4.5