Mewujudkan Impian Beli Rumah Pertama bagi Pasangan yang Baru Menikah

By On Kamis, Juli 13th, 2023 Categories : Finance

beli rumah

Membeli rumah untuk pertama kalinya merupakan impian setiap pasangan yang baru menikah. Dan ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup selepas menikah. Memutuskan kapan, berapa harganya dan di mana lokasinya akan menjadi beberapa faktor yang cukup membingungkan. Yang pasti akan ada banyak sekali pertimbangan yang harus kita perhatikan selama perjalanan memiliki rumah pertama ini.

Harga Rumah yang semakin tinggi

Saat pandemi kemarin harga properti jatuh dan banyak sekali yang dijual dengan harga murah. Mereka yang membeli pada saat itu termasuk yang sangat beruntung. Karena hari ini, harga properti kembali meroket. Penyebabnya diantaranya adalah bunga kredit Kepemilikan Rumah atau KPR yang naik seiring dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang juga naik.

Properti adalah jenis investasi yang sangat menjanjikan. Setiap tahun nilainya terus bertambah, terlebih jika lokasinya strategis maka harganya akan jauh lebih gila lagi. Mau bagaimana lagi karena luas tanah memang tidak segitu-gitu saja sementara populasi semakin banyak. Kondisi ini tentunya akan menyebabkan permintaan hunian terus meningkat. Pada akhirnya harga tanah dan rumah jadi semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Mungkinkah Beli Rumah pertama bagi pasangan Menikah?

Mungkinkah Beli Rumah pertama bagi pasangan Menikah?

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/14/kpr-metode-pembayaran-paling-diminati-milenial-untuk-punya-rumah-dalam-waktu-dekat

Harga rata-rata rumah di kota tempat saya tinggal berkisar berkisar antara 300-350 jutaan untuk rumah non subsidi, dan untuk perumahan subsidi berada dikisaran 150 jutaan. Lalu tanah kavling sekitar 80 jutaan untuk luas 60 m². Jika dipikir-pikir bagi mereka yang hanya punya upah UMR 2,3 juta perbulan rasanya benar-benar sulit untuk bisa memiliki rumah.

Bagi mereka yang terlahir kaya, tentunya tidak akan banyak kesulitan saat ingin membeli rumah selepas menikah. Tetapi bagi kebanyakan dari kita yang hanya kaum pekerja biasa ini tentunya akan menjadi tantangan yang tidak mudah. Sebelum mengajukan KPR kita harus benar-benar mempertimbangkan kondisi keuangan kita. Seperti pengeluaran bulanan, cicilan, dan dana darurat. Pikirkan dengan baik apakah jika ditambah dengan cicilan KPR akan memungkinkan.

harga rumah bekas

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/01/harga-rumah-bekas-naik-terus-sampai-april-2022

Langkah membeli rumah untuk pengantin baru

Membeli rumah pertama bersama pasangan itu mengasyikkan. Namun, penting untuk memilih yang memenuhi kebutuhan baik sekarang maupun di masa depan. Jangan sampai keputusan membeli rumah justru akan memberatkan hidup kita.

Lakukan diskusi dengan pasangan

Pengantin baru seringkali masih belum mau terbuka tentang beberapa hal, keuangan adalah salah satu yang mungkin belum menjadi topik yang dibahas secara menyeluruh. Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, penting untuk memahami kondisi keuangan kita dan pasangan. Pendapatan bulanan akan menjadi faktor penting dalam menentukan berapa banyak cicilan rumah yang mampu dibeli.

Selain itu kedua pasangan harus punya visi yang sama. Jika ada rencana untuk pindah dalam beberapa waktu kedepan, sedang merencanakan perubahan karir yang besar, atau istri berencana berhenti kerja setelah memiliki anak. Maka perlu merencanakannya dengan sangat matang.

2. Bicaralah dengan expert

Setelah kita dan pasangan memiliki pandangan yang jelas tentang rencana keuangan jangka panjang, maka tidak ada salahnya untuk meminta nasihat dari ahli untuk dapat membantu kita menentukan perumahan yang tepat. Mereka mungkin juga dapat membagikan langkah-langkah mengajukan KPR, dan beberapa tips yang sebelumnya tidak kita sadari sebelum membeli rumah.

3. Tentukan Budget dan Lakukan perbandingan

Jika semuanya sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan budget. Pilih beberapa lokasi, pertimbangkan yang paling sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Ini penting agar kita tidak membuang waktu mencari rumah di luar anggaran. Selanjutnya jangan abaikan reputasi dari developer yang akan kita pilih. Pertimbangkan bagaimana reputasi mereka dalam menangani perumahan mereka. Mulai dari keamanan, kebersihan dan kelengkapan fasilitas umumnya.Selain itu pilihlah bank yang memiliki program KPR paling menarik.

https://www.mortgagecalculator.uk

Ada sebuah situs yang bisa kita gunakan untuk menghitung berapa cicilan hingga berapa total uang yang kita butuhkan untuk membeli rumah. Kunjungi https://www.mortgagecalculator.uk dan masukan data-data harga, uang muka, pinjaman, bunga dan durasi pinjaman yang diambil. Abaikan mata uang yang digunakan, karena tidak mempengaruhi hasil yang ditampilkan.

Kesimpulan

Punya rumah sendiri bagi pengantin baru adalah pencapaian yang membanggakan. Daripada mengontrak rasanya akan jauh lebih baik menyicil rumah, karena dengan demikian ada aset yang pada akhirnya akan kita miliki. Kita bisa lebih leluasa menjalani hidup sebagai pasangan. Tidak perlu malu dan merasa terkekang sebagaimana jika masih menumpang di rumah orang tua.

Namun demikian, kita harus mempertimbangkanya dengan sangat matang. Karena rumah harapannya tentu sebagai tempat yang akan kita tinggali dalam waktu yang panjang. Ketika memutuskan untuk mengajukan KPR, ini artinya kita harus bersedia hidup lebih hemat.

Mewujudkan Impian Beli Rumah Pertama bagi Pasangan yang Baru Menikah | Destiara Cahaya | 4.5