Bagus Mana Gopro atau Xiaomi Lite ?

By On Kamis, September 20th, 2018 Categories : traveling

Kamera action adalah salah satu jenis kamera yang banyak dipakai oleh konten kreator dalam proses pembuatan video. Berbeda dengan kamera biasa yang umumnya berbentuk besar dan sedikit merepotkan, action cam justru hadir dengan bentuk yang mungil dan ringkas. Action cam seperti namanya, memang diperuntukan bagi pengambilan gambar luar ruangan disela-sela aktifitas seperti olahraga atau dalam perjalanan riding. Bentuknya yang simpel dan ringan sangat cocok untuk dilekatkan tanpa takut menghalangi atau membebani. Beragam aksesoris mounting dan waterproof case juga biasanya disertakan dalam penjualan, sehingga memberikan perlindungan yang lebih aman bahkan ketika dibawa  kedalam air sambil menyelam.

Merk Action Cam yang sudah banyak dikenal diantaranya adalah GoPro, Xiaomi, Sjcam dan yang lainnya. Harganyapun bervariasi dari yang mulai 5 jutaan hingga yang cuma ratusan ribu saja. tentu saja kemampuan dalam pengambilan gambar menjadi pembeda diantara mereka. Kamera Aksi harga ratusan ribu biasanya hanya memiliki resolusi yang rendah dengan hasil video yang pas-pasan. Sedangkan kamera aksi berharga mahal seperti Gopro mampu menyajikan video yang smooth dan tajam bahkan ketika dalam keadaan yang tidak stabil.

harga kamera gopro

Harga Kamera GoPro saat ini untuk type paling baru yakni Hero 6 berkisar antara 6jutaan rupiah di berbagai online store. Namun memang hasil dari videonya sangat luarbiasa dan sebanding dengan harganya yang mahal tersebut. Kamera aksi mungil ini menyediakan berbagai fitur canggih membuatnya semakin mumpuni untuk menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi. GoPro Hero6 bisa menangkap foto dengan resolusi 12 megapixel dan merekam video hingga resolusi 4K. Untuk membuat video slow motion pun ia akan mampu memberikan yang terbaik karena telah didukung untuk merekam video gerakan lambat hingga 120fps di resolusi 1440P dan 240fps di resolusi Full HD.

Keunggulan lainya adalah sistem stabilisasinya yang sangat smooth. Gopro Hero 6 dibekali dengan electronic image stabilizer yang mampu meredam goyangan. Video yang dihasilkan menjadi lebih stabil walaupun kondisi saat merekam sangat berguncang. Bagi mereka yang suka dengan olahraga lua ruang yang menantang, tentu saja Gopro Hero 6 sangat direkomendasikan. bagi motovlogger yang menaruh kamera diatas helm juga pastinya membutuhkan kamera aksi seperti ini disaat menghadapi kontur jalan bergelombang selama perjalanan.

kamera aksi

Harga Kamera Gopro memang tidak murah, oleh karena itu bagi para pemula yang terjun menjadi konten kreator biasanya lebih memilih kamera aksi yang lebih terjangkau seperti Xiaomi Yi lite. Kamera aksi ini bisa dimiliki dengan mengeluarkan uang di kisaran 1 jutaan rupiah. Sebagai kompensasi dari harganya tersebut, Xiaomi Lite tidak membawa desain yang terlihat wah. Menggunakan material plastik yang cukup solid Yi Lite hadir dengan desain yang sangat simple. Bobotnya sendiri lumayan ringan hanya 72 gram dengan dimensi 65 x30 x 42mm. Walaupun begitu, Yi Lite dibekali kamera yang bisa digunakan untuk merekam video berkualitas 1080p di 60fps dan foto di resolusi 16MP dan yang menarik kameranya tersebut sudah menggunakan sensor Sony IMX206. Sudut pandangnya terhitung luas, 150 derajat wide angle lens.

Jika bicara bagus mana diantara kedua kamera ini ? maka tentu saja itu kembali pada budget yang dimiliki. Kedua kamera ini memiliki segmen yang berbeda, dan tentu saja akan sangat tepat jika memilih menurut kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki.

Bagus Mana Gopro atau Xiaomi Lite ? | Destiara Cahaya | 4.5