Aneka Oleh-oleh Khas Kalimantan yang Wajib Dibawa Pulang

By On Rabu, September 21st, 2022 Categories : traveling

makanan khas kalimantan

Berbicara tentang nama makanan khas Indonesia, pasti tidak jauh dari aneka ragam oleh-oleh makanan. Uniknya, oleh-oleh tersebut bisa mencerminkan daerah asalnya. Jika oleh-olehnya banyak yang mengandung ikan, bisa dipastikan daerah asalnya dekat dengan laut atau sungai besar.

Salah satu pulau di Indonesia yang banyak terdapat unsur ikan adalah Kalimantan. Hampir semua provinsi di Kalimantan memiliki oleh-oleh ikan atau kepiting. Penasaran apa saja? simak di bawah, yuk!

Balikpapan

 

kue bingka

kue bingka

Oleh-oleh makanan khas Kalimantan dari Balikpapan ini cukup beraneka ragam. Kamu bisa menemukan mantau yang jadi menu sarapan populer di sana. Jika di restoran Cina biasanya mantau disiram dengan kental manis, maka di Balikpapan mantau disantap dengan ayam atau sapi lada hitam. Unik dan lezat sekali. Sedangkan oleh-oleh lainnya ada kue bingka yang manis, abon kepiting, keripik kepiting, bakpia Balikpapan, dan amplang atau kuku macan dari ikan pipih.

Pontianak

snack murukku

Snack Murukku

Siapa yang setuju kalau Pontianak adalah surga makanan di Kalimantan? Di Pontianak, terdapat banyak sekali makanan dengan citarasa Tionghoa. Pasti kamu sudah tidak asing lagi, kan dengan choipan? Asal makanan tersebut dari kota ini. Ada beberapa oleh-oleh makanan dari Pontianak yang wajib dibawa, misalnya seperti snack murukku, keripik pisang Segedong, cokelat lidah buaya dan coklat wijen, kopi sepok, teh lidah buaya, lempok durian, dan sirup sengkit dari jeruk nipis.

Banjarmasin

dodol kandangan

dodol kandangan

Di ibukota Kalimantan Selatan ini, kamu bisa menemukan oleh-oleh berupa camilan yang beraneka ragam. Seperti dodol kandangan yang tekstur beras ketannya lebih terasa, lalu kue rangai, amplang ikan, ikan sepat kering, ikan seluang goreng, dan rabuk ikan yang terbuat dari ikan haruan yang hanya bisa ditemukan di aliran sungai Barito. Uniknya, ikan ini terbilang beracun, namun setelah diolah menjadi rabuk, olahan ikan ini pun menjadi aman dan tidak ada racunnya sama sekali.

Palangkaraya

nama makanan khas indonesia

keripik kelakai

Ibukota Kalimantan Tengah ini rupanya juga menyimpan berbagai oleh-oleh makanan yang menarik. Seperti keripik kelakai yang berasal dari tanaman liar yang bisa mengatasi penyakit darah rendah dan diare. Untuk rasa dari keripik kelakai ini cukup gurih dan enak. Cocok untuk dijadikan cemilan saat santai. Selain keripik kelakai, ada pula rabuk patin kandas sarai yang memiliki rasa pedas manis. Tidak hanya itu, ada pula tahu bakso ijo, wadai apam, lemang, dan wadi ikan yang berupa fermentasi ikan sepat, patin, haruan, bawal, papuyu, dan saluang.

Tanjung Selor

abon kepiting

Abon Kepiting

Tanjung Selor adalah ibukota dari provinsi Kalimantan Utara, yang merupakan provinsi baru pada tahun 2012. Mungkin belum banyak yang menggali potensi wisata di Tanjung Selor, padahal wisata alamnya sangat indah karena masih belum banyak terekspos. Jika berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh wajibnya yaitu kopi Arab, tudai, abon kepiting soka, amplang bandeng, lempok cempedak, dan lawa.

sumber gambar:

idntimes.com, kalteng.co, antarafoto, pinterest

Aneka Oleh-oleh Khas Kalimantan yang Wajib Dibawa Pulang | Destiara Cahaya | 4.5