Cara Membuat Kopi Tubruk, Dengan Mudah dan Simpel

By On Sabtu, Maret 23rd, 2019 Categories : info kesehatan, traveling

Dibandingkan budaya minum teh yang banyak dilakuan diluar negri, Indonesia memiliki kebiasaan yang berbeda yakni lebih suka membudayakan minum kopi. Saat bertamu, atau saat berkumpul minuman yang selalu ditawarkan biasanya adalah kopi. Nah oleh karena itu, tidak heran jika kemudian orang indonesia mempunyai ciri khas tersendiri untuk menikmati kopi, yaitu kopi tubruk. Kopi tubruk sendiri adalah cara menyeduh serbuk kopi, gula dan air panas secara bersamaan. Sangat simple, dan cenderung bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi dibalik itu, cara ditubruk ini merupakan cara yang terbaik untuk menikmati cita rasa dari kopi itu sendiri.

Lalu seperti apasih cara membuat kopi tubruk yang benar ?, ini dia cara yang bisa kamu coba.

membuat kopi tubruk

1. Telaah Dulu Biji Kopi mu.
Yang harus kamu ingat yaitu jenis biji kopimu sesuai yang kamu inginkan, tapi untuk membuat kopi tubruk ini sebenarnya bebas memakai  jenis kopi apapun. Untuk selanjutnya pastikan biji kopi sangrai kamu masih baru, fresh dan juga bersih. Jangan memakai biji kopi sangrai yang sudah lama karena biasanya karakter biji kopinya sudah hilang.

2. Pastikan Rasio kopi kamu
Takaran biji kopi yang bagus itu 1:15 yaitu 1 jumlah air dibagi dengan 15gram, jadi misalnya gini kamu ingin 180ml air jadi 180:15 = 12gram. Jadi pastiin berat serbuk kopi kamu untuk 180ml air yaitu 12gram. Tetapi jika menurut kamu masih kurang atau terlalu pahit kamu bisa mengurangi takarannya, sesuaikan saja dengan selera yang paling penting kamu bisa menikmati kopi dengan nikmat.

3. Gilingan Kopi mu Harus sesuai Lidah kamu.
Sebelumnya ada banyak jenis gilingan kopi yaitu Kasar, Medium, Halus dan Sangat Halus. Ingat ya semakin halus karakter kopi makin keluar atau makin pahit nah kalo makin kasar rasanya makin asam. Untuk lebih aman usahakan gilingan kopi kamu di seting pada medium supaya tidak kaget pas mencobanya pertamkali.

4. Perhatikan juga Air Yang dipakai.
Pastiin sesuai ama takaran tadi ya, nah untuk selanjutnya pastiin juga suhu air nya juga ya soalnya berpengaruh juga sama rasa kopi kamu. Dimana semakin panas suhu air kamu maka rasa akan semakin pahit karena serbuk kopi kamu terlalu matang, kalau makin dingin maka rasanya makin asam. Biasanya para bartender membuat air dengan suhu sekitar 90 derajat celsius.

5. Pastikan Waktu Seduh Kamu Tepat.
Untuk awalan kamu harus basahi dulu atau berikan air dahulu sedikit untuk pemanasan awal dan pelepasan gas di kopi tapi jangan terlalu lama jangan sampai lebih dar 1 menit. Selanjutnya tinggal tambah air sisa tadi lalu aduk 2-4 menit, lalu jangan lupa juga bersihkan ampas kopi kamu agar semakin nikmat.

Kopi itu rasanya pahit, tapi kenapa ? jawabannya rasa pahit itu dihasilkan oleh kafein yang jika kamu minum membuat tubuhmu terjaga dan merasa lebih berenergi. Nah jika kamu butuh minuman yang bisa menjagamu tetap melek, boleh dicoba membuat kopi tubruk agar produktifitasmu tetap terjaga. Selamat mencoba.

Cara Membuat Kopi Tubruk, Dengan Mudah dan Simpel | Destiara Cahaya | 4.5