PAFI Kabupaten Pesawaran dan Kiprah Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

By On Jumat, Juli 5th, 2024 Categories : info kesehatan

kabupaten pesawaran

Kabupaten Pesawaran terletak di Provinsi Lampung, kabupaten ini berdiri pada tahun 2007 sebagai sebagai pemekaran dari kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten Pesawaran memiliki motto “Andan Jejama” yang berarti menjaga atau memelihara dengan baik secara bersama-sama. Andan Jejama ini merupakan semangat sikap kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam memelihara pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

Seperti juga Kabupaten Tanggamus, nama Kabupaten Pesawaran juga juga diambil dari gunung yang berdiri tegak di setinggi 1.662 mdpl. Sementara Gedong Tataan adalah kota pusat pemerintahan di Kabupaten ini. Konon dahulu Pesawaran merupakan lokasi transmigran pertamakali yang dilakukan pada tahun 1905. Transmigran ini berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah yang dibawa oleh Belanda sebagai upaya mengurangi kepadatan di Pulau Jawa.

Pesawaran memiliki luas wilayah 1.173,77 km2 dengan jumlah penduduk hingga 485.671 menurut data pada tahun 2023. Pesawaran dibagi kedalam 11 kecamatan dan 119 desa atau kelurahan. Yang menarik dari Kabupaten Pesawaran adalah adanya wilayah berupa pulau yang berjumlah hingga 37, dengan 3 pulau terbesar yakni Pulau Legundi, Pulau Pahawang, dan Pulau Kelagian.

Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Pesawaran

Menurut data dari pesawaran.go.id Fasilitas kesehatan di Kabupaten Pesawaran berupa 1 Rumah Sakit Khusus Jiwa yang dikelola oleh pemerintah pusat, 2 Rumah Sakit Umum yakni RSUD Pesawaran dan RSU Gladhis Medical Center. Semua Rumah sakit ini terletak di Gedong Tataan yang juga sebagai ibu kota Kabupaten.

Selain itu ada juga Puskesmas Rawat Inap 9 unit, Puskesmas non rawat inap 6 unit, Puskesmas keliling 13 unit dan Puskesmas pembantu 39 unit. Sementara untuk Apotek ada 41 unit dan toko obat 5 unit. Jika menilik wilayahnya yang cukup luas, fasilitas kesehatan ini masih belum ideal untuk melayani semua masyarakat. Untuk itu masih dibutuhkan pembangunan fasilitas kesehatan lainnya untuk memastikan akses  kesehatan terpenuhi.

Peran PAFI Kabupaten Pesawaran Meningkatkan Kualitas pelayanan Kesehatan

Bagi yang belum tahu PAFI adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang merupakan organisasi bagi para tenaga teknis kefarmasian termasuk bagi asisten apoteker yang merupakan salah satu bagian penting dari keseluruhan pelayanan kesehatan masyarakat. Asisten Apoteker bertugas untuk menjalankan operasi sebuah Apotek dibawah bimbungan Apoteker.

Mungkin banyak yang mengira jika bekerja di apotek pekerjaannya cukup sederhana. Namun, hal itu tidak jauh sepenuhnya benar karena faktanya Asisten apotek memiliki peran penting dalam membentuk kesehatan masyarakat. Merekalah yang akan menyediakan obat-obatan yang diperlukan pasien untuk menangani penyakit. Asisten apoteker juga harus memastikan pasien menerima dosis dan pengobatan yang tepat, mengelola inventory obat mulai dari penyimpanan dan penanganannya.

pafipesawaran

Pafipesawaran terletak di Jl. Sidoharjo Kabupaten Pesawaran ini adalah pengurus cabang Pafi yang akan menaungi semua tenaga teknis kefarmasian yang ada di Kabupaten Pesawaran. Mereka akan memastikan semua anggota menjalankan profesi sesuai dengan kode etik dan menjunjung tinggi integritas tenaga kefarmasian.

Organisasi ini juga terus berupaya untuk memberikan sumbangsih bagi peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Pafi secara rutin mengadakan kerjasama dengan pemerintah maupun instansi terkait untuk bakti sosial, penyuluhan penggunaan obat, edukasi obat, dan layanan kefarmasian lainnya. Ini pad alhirnya akan membuat masyarakat semakin merasakan betapa pentingnya tenaga teknis kefarmasian.

Pafi Pesawaran juga dapat diakses melalui website https://pafipesawaran.org/, ini akan memudahkan para aggota untuk mendaftar secara online sebagai syarat untuk memperoleh KTAN, pembuatan STRTTK, SIKTTK, dan mutasi. Dengan adanya website, harapannya Pafi semakin relevan dengan era yang serba digital dan lebih mudah untuk menyebarkan informasi kepada sesama anggota.

 

PAFI Kabupaten Pesawaran dan Kiprah Meningkatkan Pelayanan Kesehatan | Destiara Cahaya | 4.5