5 Skill yang Wajib Dikuasai Asisten Apoteker

By On Selasa, Juni 4th, 2024 Categories : info kesehatan
Asisten Farmasi

unsplash

Apa tugas dari seorang Asisten Apoteker? Asisten apoteker adalah salah satu profesi yang memiliki peran penting dalam sektor kesehatan. Mereka bekerja di bawah pengawasan apoteker untuk memberikan pelayanan di Apotek, Klinik dan Juga Rumah Sakit. Mulai dari memberikan obat kepada pelanggan, mengelola stok dan juga tugas administrasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memutuskan berkarir sebagai Asisten Apoteker, berikut adalah beberapa diantaranya:

5 Skill yang Wajib Dikuasai Asisten Apoteker

1. Tingkatkan Skill Komunikasi

Sebagai petugas yang berinteraksi langsung dengan pelanggan maka Asisten apotek dituntut untuk punya skill komunikasi yang baik. Ini penting dalam menjalin hubungan yang efektif dengan pelanggan. Mereka harus dengan sabar mendengarkan pertanyaan setiap pelanggan yang datang dengan teliti, memahami keinginan atau tuntutan mereka, bereaksi dengan penuh empati, dan pengertian.

Selain mampu berkomunikasi dengan pelanggan Asisten apotek juga harus dapat berkomunikasi dengan rekannya yang mungkin termasuk profesional kesehatan seperti teknisi farmasi dan dokter. Di apotek, komunikasi yang baik antar rekan kerja sangatlah penting karena dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman, yang dapat berdampak besar pada kesehatan pelanggan. Jadi fokuslah untuk membangun skill komunikasi, karena komunikasi yang baik sangat penting dalam melakukan pekerjaan secara akurat dan efektif.

2. Skill Komputer

Skill komputer adalah salah satu nilai plus yang harus dikuasai oleh Asisten Apoteker. Karena saat ini, apotek telah menerapkan banyak teknologi dan program komputer untuk menerima resep, menyimpan data pelanggan, dan mengelola stok obat. Sebagian besar tugas sehari-hari asisten apoteker akan dilakukan menggunakan komputer, jadi skill mengoperasikannya sangatlah penting untuk menjaga kelancaran operasional apotek.

3. Asisten Apotek Harus Cermat Detail

Apotek sebagai tempat mendistribusikan obat kepada pasien harus selalu memberikan dosis atau resep secara akurat. Untuk itu seorang Asisten Apoteker dituntut untuk cermat dan detail dalam menjalankan pekerjaanya. Jika ada kesalahan maka dapat menyebabkan perbedaan antara hidup dan mati bagi beberapa pasien.

Asisten apoteker sangatpenting untuk bekerja dengan sangat memperhatikan detail, memastikan bahwa resep yang diterima diikuti dengan cermat dan obat diberikan kepada pasien yang tepat. Meskipun asisten apoteker bekerja di bawah bimbingan apoteker, asisten apoteker yang baik akan jauh lebih berkembang jika membuat pekerjaan rekan-rekannya lebih mudah dengan memperhatikan detail dan mengerjakan pekerjaannya dengan serius.

4. Jago matematika

Saat pendidikan, asisten apoteker akan diajarkan melakukan perhitungan yang tepat untuk membantu menghitung dosis, analisis farmakokinetik, analisis kadar obat, dan penentuan tagihan. Asisten apotek harus bisa melakukan perhitungan berbagai satuan pengukuran yang digunakan, serta pecahan dan persentase. Dengan kemampuan matematika yang bagus, asisten apoteker akan mampu menjalankan tugasnya dengan lebih akurat.

5. Kerja Sama Tim Sangat Penting

Asisten Apoteker bekerja sebagai tim, mereka harus mampu menerima arahan dari apoteker dan berkolaborasi dengan anggota tim lain agar dapat menyiapkan dan memberikan obat yang tepat kepada pelanggan secara efisien. Jika Kamu ingin menjadi asisten apotek, persiapkan diri dengan berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain sebagai sebuah tim.

Bergabung dengan Pafi (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

PAFI Kabupaten Batubara

Di Indonesia, seluruh Asisten Apoteker wajib untuk bergabung dengan Pafi. Sebuah organisasi medis yang menaungi seluruh Tenaga Teknis Kefarmasian mulai dari Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, Analis Farmasi, dan Tenaga Menengah Farmasi/Asisten Apoteker. Organisasi yang didirikan pada 13 februari 1946 ini sekarang sudah memiliki banyak pengurus cabang di berbagai kota di Indonesia. Setiap Pengurus Cabang memiliki website sendiri yang akan memudahkan anggota untuk mengakses informasi. Seperti di Kabupaten Batubara yang memiliki website

Dengan adanya Pafi, tenaga ahli farmasi memiliki wadah untuk berjuang menyuarakan haknya dan juga sebagai ajang berbagi ide dan gagasan demi kebaikan anggota dan masyarakat luas pada umumnya. Untuk itu Pafi rajin melakukan berbagai acara seperti workshop dan seminar ilmiah sebagai upaya untuk meningkatkan skill anggota dan mengenalkan informasi terbaru di dunia kefarmasian. Selain itu juga melakukan bakti sosial dan penyuluhan bagi masyarakat agar memiliki kesadaran yang baik di bidang kesehatan.

Dengan berbagai upaya ini, harapannya semakin banyak masyarakat yang menyadari arti penting dari seorang ahli farmasi dalam dunia kesehatan. Tidak hanya dokter dan perawat saja tetapi Apoteker dan tenaga teknis kefarmasian juga punya andil yang besar dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

5 Skill yang Wajib Dikuasai Asisten Apoteker | Destiara Cahaya | 4.5