Biar Keliatan Awet Muda, ini Pentingnya Eksfoliasi Bagi Cowok

By On Jumat, Juni 21st, 2024 Categories : info kesehatan
Eksfoliasi adalah

unsplash shafia shakil

Cowok seringkali menjalani rutinitas sehari-hari yang menyebabkannya terpapar polusi dan sinar matahari langsung, selain itu juga stres dan gaya hidup yang kurang sehat. Jika hal ini terus diabaikan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan masalah seperti penuaan dini, timbulnya jerawat, dan kulit kusam. Saat Kita mulai memperhatikan kulit wajah terutama, ternyata ada banyak sekali perubahan. Ketika disentuh kadang terasa berminyak, namun kering di beberapa tempat, kasar dan kaku. Dan bukan hanya itu saja, warnanya juga tampak kusam.

Sama seperti perempuan, kulit cowok juga membutuhkan perawatan agar tampak lebih segar dan cerah. Dan tidak ada salahnya cowok menjalankan rutinitas perawatan kulit, ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Karena baik cowok maupun cewek kulitnya sama-sama membutuhkan nutrisi dan perawatan yang tepat. Jadi, apa kunci kulit cerah? Sederhana: Kita hanya perlu melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah tahapan pengelupasan atau pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Seiring dengan usia yang semakin bertambah, kulit semakin membutuhkan lebih banyak waktu untuk memperbaharui dirinya. Ini berarti kulit mati bertahan lebih lama di permukaan wajah, menyebabkannya masuk ke dalam pori-pori dan memicu timbulnya jerawat, kerutan, dan kulit kusam. Untuk itu cowok juga butuh eksfoliasi untuk membuat wajah semakin cerah.

Mengapa Cowok Perlu Eksfoliasi?

Mengapa Pria Perlu Eksfoliasi?

unsplash drew hays

Kebanyakan cowok lebih memperhatikan cat pada mobil mereka daripada pada kulit mereka sendiri. Mereka rela mengelap body mobil selama berjam-jam agar tidak ada kotoran yang menempel. Nah ini juga yang sebetulnya harus mereka lakukan pada kulitnya. Eksfoliasi seperti membersihkan kotoran yang menumpuk di body mobil, kita harus menghilangkannya agar cat mobil tersebut terlihat berkilau.

Meskipun pengelupasan kulit sangat penting bagi hampir semua orang, tetapi bagi cowok ini seperti keharusan. Ini karena cowok cenderung memiliki kulit lebih tebal, pori-pori lebih besar, dan produksi sebum lebih tinggi dibandingkan para cewek. Karakteristik kulit ini membuat cowok lebih rentan terhadap beberapa masalah kulit. Sel-sel kulit mati dapat mudah terperangkap di permukaan kulit sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat, flek hitam, tekstur kulit kasar, kerutan, kusam, kering, dan kulit terkelupas. Jadi itulah mengapa proses eksfoliasi sangat penting untuk dilakukan oleh cowok.

Rekomendasi produk Eksfoliasi untuk cowok

Bagi Kamu yang sedang mencari produk eksfoliasi untuk cowok Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub 100 ML bisa jadi pilihan terbaik. Kahf sendiri merupakan brand dari PT Paragon Technology yang juga memproduksi Wardah. Kahf adalah brand yang produknya dikhususkan untuk perawatan para cowok, dan yang tidak kalah pentingnya adalah produk Kahf diformulasikan secara halal.

kahf

Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub 100 ML aman digunakan setiap hari karena mengandung Hydro Silica Scrub, scrub halus sehingga tidak akan membuat kulit menjadi iritasi ketika dipakai setiap hari. Dengan demikian produk ini bisa berfungsi sebagai face scrub sekaligus juga face wash. Bukan hanya itu Kahf Face Scrub juga mengandung hydro balance yang akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga tidak membuat kulit kering setelah dipakai.

Yang menarik dari produk ini adalah penggunaan ekstrak alami, seperti ekstrak Korean Ginseng yang mampu memberikan efek calming dan mengurangi efek inflamasi setelah melakukan scrubbing. Ada juga ekstrak kopi brazil yang membuatnya memiliki aroma kopi yang menyegarkan.

Cara penggunaan Face Scrub

Boleh tidak pakai scrub setelah cuci muka atau sebaliknya? Sebaiknya cuci muka pakai face wash dulu sebelum scrubbing, bukan sebaliknya. Dengan membersihkan terlebih dahulu, Kita menghilangkan kotoran di permukaan kulit, sehingga Kahf lebih mudah mencapai pori-pori.

1. Bersihkan dengan face wash.

Jika memungkinkan pertama-tama bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori lebih terbuka. Bersihkan wajah dengan face wash agar menghempaskan minyak dan kotoran yang menempel.

2. Pijat memutar dengan lembut.

Langkah selanjutnya adalah keluarkan Kahf face scrub secukupnya, lalu sebarkan ke seluruh jari. Oleskan dengan lembut dengan gerakan memutar ke wajah. Dengan gerakan yang lembut maka kulit tidak akan iritasi, dan sel kulit mati juga akan terangkat sempurna.

3. Bilas dengan air dingin.

Gosok tidak lebih dari 15 atau 20 detik, lalu bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

4. Oleskan pelembab sebagai langkah terakhir

Setelah selesai Kita bisa mengoleskan pelembab untuk hasil yang lebih maksimal. Pelembab akan terserap dengan baik karena tidak lagi terhalang oleh kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit.

Kesimpulan

Sepanjang hari, wajah Kita mengumpulkan kotoran dan minyak yang dapat terperangkap di pori-pori. Dampaknya bisa sangat buruk mulai dari timbul jerawat hingga tampak lebih tua. Menjaga kesehatan kulit dengan baik merupakan bagian dari cara kita merawat diri sendiri secara umum. Sama saja seperti menjaga pola makan dengan nutrisi yang sehat, olahraga yang konsisten, dan menjaga kualitas tidur yang cukup. Perawatan kulit yang baik merupakan bagian tidak terpisahkan dari perawatan diri.

Eksfoliasi memungkinkan kita mengangkat sel kulit mati, meresap jauh ke dalam pori-pori wajah menghilangkan kotoran, dan minyak yang menyumbat kulit. Proses ini akan membuat wajah jadi lebih halus, cerah dan awet muda. Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub dengan kandungan naturalnya hingga formulasi halalnya membuatnya jadi produk terbaik yang bisa Kita pilih.

Biar Keliatan Awet Muda, ini Pentingnya Eksfoliasi Bagi Cowok | Destiara Cahaya | 4.5