Profil Kabupaten Tanggamus, Mulai dari Geografis, Potensi SDA hingga fasilitas Kesehatan

By On Selasa, Juni 11th, 2024 Categories : info kesehatan

kabupaten tanggamus

Kabupaten Tanggamus merupakan wilayah di Provinsi Lampung yang memiliki semboyan “Bumi Begawi Jejama” yang berarti Tempat untuk Bekerja bersama-sama. Kabupaten ini dinamakan berdasarkan nama Gunung yang berdiri tegak di Kota Agung, kota terbesar di Kabupaten ini. Gunung Tanggamus memiliki ketinggian 2.102 mdpl.

Kabupaten Tanggamus letaknya cukup strategis karena terletak di bagian selatan Lampung dengan Teluk Semaka yang memiliki garis pantai hingga 200km memberikan garis pantai yang panjang. Untuk akses darat, Tanggamus dilewati oleh Jalur Lintas Barat Sumatera yang membentang sejauh 2.562 kilometer hingga tembus ke Banda Aceh.

Wilayah Tanggamus terdiri dari 20 kecamatan, 3 kelurahan dan 299 desa. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat dan Lampung tengah, sebelah selatan dengan Samudera Indonesia, sebelah barat dengan Lampung Barat dan sebelah timur dengan Kabupaten Pringsewu.

Kaya akan Sumber daya Alam

Tanggamus memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Teluk Semaka membuat Tanggamus punya potensi besar dalam sektor perikanan. Ada banyak nelayan tangkap dengan produk unggulan Blue Marlin. Lalu dengan garis pantainya yang panjang juga bisa menjadikannya sebagai sentra tambak pembudidayaan lobster. Sementara dari sektor perkebunan, Tanggamus punya produk unggulan seperti Kopi Robusta Lampung yang sudah terkenal, Kelapa, Kakao, dan juga Pala.

Selain alamnya yang subur, Tanggamus juga memiliki potensi tambang yang begitu tinggi. Tercatat ada perusahaan pertambangan emas Natarang Mining dengan cadangan stok hingga 699 ribu ton yang beroperasi di Hutan Way Linggo, Gunung Doh, Tanggamus. Ini adalah perusahaan tambang yang memiliki skala besar. Natarang Mining 85% sahamnya dimiliki oleh perusahaan mining asal Perth, Australia Kingrose Mining Ltd.

Fasilitas Kesehatan di Tanggamus

Wilayah Tanggamus dengan jumlah penduduk hingga 652.898 jiwa menurut data BPS 2020, membuat Tanggamus harus memiliki fasilitas kesehatan yang baik. Tercatat ada 24 puskesmas tersebar di beberapa wilayah Tanggamus. Juga ada dua Rumah Sakit yakni RSUD Batin Mangunang yang terletak di Kota Agung dan Rumah Sakit Panti Secanti yang terletak di Kecamatan Ginting, Tanggamus.

Mengenal Pafi Tanggamus

pafi kabupaten tanggamus

Ketika bicara tentang pelayanan kesehatan di Tanggamus maka tidak bisa mengabaikan peran dari Apoteker dan Asisten Apoteker. Keduanya termasuk ujung tombak pelayanan yang berhadapan langsung dengan pasien yang membutuhkan obat. Mereka memastikan pasien mendapatkan obat yang sesuai dan aman.

pafitanggamus sebagai organisasi Tenaga Teknis Kefarmasian memiliki komitmen untuk memajukan profesi ini juga mengawasi kinerja para asisten apoteker. Juga menjadi wadah bersama untuk masa depan Tenaga Teknis Kefarmasian yang lebih baik. Semua Tenaga kefarmasian harus menjadi anggota Pafi dan keanggotaan ditentukan menurut wilayah Kabupaten atau Kota saat mendaftar. Pafi Tanggamus terletak di Jl. Kesehatan, Gisting Bawah, Kabupaten Tanggamus.

Pafi selaku organisasi selalu mendukung para anggotanya untuk terus mengembangkan diri. Karena dunia farmasi terus berkembang mulai dari teknik kefarmasian, manajemen apotek, penggunaan alat pendukung hingga pada regulasi terbaru. Para anggota didorong untuk aktif berjejaring secara profesional dan saling bertukar informasi dunia kefarmasian. Hal ini dilakukan agar pada akhirnya Tenaga Kefarmasian semakin berperan dalam kehidupan masyarakat sehingga profesinya semakin dihargai.

Sementara untuk kepentingan masyarakat umum, Pafi sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan instansi lain untuk melakukan sosialisasi kesehatan pada masyarakat. Pafi dapat melakukan edukasi seputar penggunaan obat, efek obat dan penanganan obat yang benar kepada masyarakat. Diluar itu, Pafi juga seringkali melakukan bakti sosial agar keberadaannya dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Profil Kabupaten Tanggamus, Mulai dari Geografis, Potensi SDA hingga fasilitas Kesehatan | Destiara Cahaya | 4.5