Mengenal Palangkaraya, Mulai dari Transportasi, Destinasi Wisata dan Kulinernya.

By On Minggu, Agustus 11th, 2019 Categories : traveling

Palangkaraya kota cantik

Kota Palangkaraya yang terletak di Kalimantan Tengah ini memiliki moto sebagai kotaCantik” C : TerenCana, A : Aman, N : Nyaman, T: Tertib, I : Indah, K : Keterbukaan. Yuk kenali kota ini mulai dari transportasinya. Selama ini kita hanya mendengar tentang kiprah bus-bus di Pulau Jawa yang berlomba-lomba memakai karoserie terbaru, tetapi siapa sangka ternyata Pulau Kalimantan juga memiliki armada bus yang tidak kalah bagusnya dengan bus di pulau Jawa. Salah satunya adalah Perusahaan Bus Agung Mulia yang melayani rute Banjarmasin – Palangkaraya – Pangkalan Bun – Sampit. Walaupun terbilang pendatang baru, karena secara resmi mereka mulai beroperasi pada juni 2017, nyatanya perusahaan bus Agung Mulya mampu menggebrak dan mengambil hati konsumen dengan pemilihan armada terbaru dan pelayanan prima bagi para penumpangnya. Karoseri jetbus HD3+ dengan chasis Hino RK8 260 air suspension menjadi andalan agar penumpang merasakan pengalaman perjalanan yang nyaman. Pemilihan livery merah maroon yang berani serta burung Enggang khas kalimantan maka PO Agung Mulya semakin terlihat gagah.

Menariknya lagi, PO Agung Mulya menyediakan tiket secara online. Penumpang akan lebih mudah beli tiket bus agung mulia di Traveloka melalui smartphonenya masing masing dan tidak perlu repot melakukan reservasi ke Pool. Untuk perjalanan Palangkaraya menuju Pangkalan Bun yang berjarak sekitar 450Km lebih dan menghabiskan waktu sekitar 8 jam, Armada PO Agung Mulya dilengkapi dengan fasilitas Toilet, AC, dan Wifi dan port USB setiap kurisnya sehingga penumpang bisa mengisi daya gawai mereka dengan mudah. Selain itu, joknya juga menggunakan konfigurasi 34 penumpang sehingga ruang kaki dan jarak antar sisinya sangat lega. Ruang merokok, bantal dan selimut juga tidak ketinggalan melengkapi fasilitas di Armada PO Agung Mulya. Dengan armada seperti ini, walapun perjalanan jarak jauh, rasanya penumpang tidak akan merasa pegal dan capek.

bus agung mulya

Tarif yang dibanderol oleh PO Agung Mulya untuk perjalanan Palangkaraya – Pangkalan Bun adalah 210 ribu rupiah, Pangkalan Bun – Palangkaraya 190 ribu rupiah, Palangkaraya – Sampit 105 ribu, dan Pangkalan Bun – Sampit 115 ribu rupiah. Dengan harga tiket demikian, penumpang juga mendapatkan makanan ringan yang bisa menjadi teman dalam perjalanan. Dan nilai plusnya lagi adalah PO Agung Mulya menyediakan armada jemput untuk penumpang dalam kota menuju ke Pool keberangkatan. Sungguh layananan yang memuaskan dari sebuah perusahaan bus PO Agung Mulya.

Dengan demikian, maka bagi kamu yang akan traveling ke Kalimantan akan semakin menyenangkan bukan ?. Jalan-jalan di sini juga sekarang sedang dibangun menjadi lebih baik, bahkan untuk ruas Samarinda – Balikpapan akan segera selesai jalan bebas hambatan yang pertama di Pulau ini. Tidak menutup kemungkinan nanti seluruh kota akan terhubung dengan Jalan Tol Trans Kalimantan yang membuat jalur transportasi semakin lancar.

Lalu jika sudah ke Palangkaraya sebaiknya kemana saja nih ?.

sungai-kahayan

Jika berkunjung ke Palangkaraya maka jelajahilah berbagai destinasi wisata dan juga kuliner khasnya agar kamu mengenal kota ini lebih jauh lagi. Untuk destinasi wisata, kita bisa mendatangi

  • Taman Nasional Sebangau hanya berjarak sekitar 15 km dari palangkaraya. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni 5 ribu untuk orang dewasa sedangkan anak-anak free. Disini kita bisa menaiki perahu bermotor untuk berkeliling melihat dari dekat kawasan yang masih asri ini.
  • Sungai Kahayan adalah salah satu sungai paling penting bagi Kalimantan, dan kita bisa menikmati wisata menyusuri sungai Kahayan ini dengan kapal yang tersedia untuk ditumpangi. Kita akan mendapatkan pengalaman unik dan melihat kehidupan dari masyarakat yang berada sepanjang sungai kahayan.
  • Kalawa Waterpark merupakan destinasi selanjutnya yang bisa kita kunjungi di Palangkaraya, tempatnya luas dan dilengkapi fasilitas pondok-pondok tempat bersantai, kolam renang, water boom, pelampung, serta luncuran buat anak maupun dewasa. Di sini juga ada yang menjual makanan dan minuman, serta panggung untuk pertunjukan live music pada saat-saat tertentu. Seceara keseluruhan, Kalawa Waterpark sangat cocok bagi tempak rekreasi keluarga.

Setelah lelah mengunjungi tempat wisata maka yang paling pas adalah menikmati kulinernya, ada apa aja di Palangkaraya ?.

kelakai

  • Lemang adalah makanan yang lazim ditemui di masyarakat Melayu, tetapi di Palangkaraya juga ada Lemang lho. Sekilas bentuknya mirip dengan lontong dengan bentuk panjang membulat, yang membedakannya adalah cara memasaknya dengan cara yang unik yaitu memakai bambu.
  • Keripik kelakai, nah ini adalah salah satu yang unik juga dari Palangkaraya. Kalakai ini bukan hanya sebagai makanan atau camilan semata lho, tetapi juga dipercaya memiliki berbagai macam khasiat seperti bisa menambah darah dan menjaga stamina.
  • Juhu umbut Rotan, bagian dari rotan muda ini bisa dimasak menjadi makanan yang enak sekali. Biasanya dimasak dengan santan, tetapi juga tetap lezat walau dimasak tanpa santan. Teksturnya sendiri mungkin mirip rebung., tetapi cita rasanya sangat unik, dan gurih.
  • Wadi patin, ikan yang umum ditemukan di Palangkaraya ini diolah menjadi makanan yang sangat memanjakan lidah. Uniknya ikan difermentasikan dahulu sebelum diolah, rasanya sangat kaya dengan campuran rasa asin dan asam yang pas.

Transportasinya sudah sangat nyaman, destinasi wisata juga cukup lengkap, lalu kulinernya tidak kalah unik, sepertinya tinggal meluangkan waktu saja nih untuk mengunjungi kota Palangkaraya ini. Ketika traveling kesini pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak bisa didapatkan ditempat lainnya. Flora fauna dan kondisi alamnya merupakan yang terbaik untuk dinikmati dari kota di Kalimantan ini. So, kapan nih mengunjungi Palangkaraya.

Mengenal Palangkaraya, Mulai dari Transportasi, Destinasi Wisata dan Kulinernya. | Destiara Cahaya | 4.5