Cara Pesan Tiket Kereta Online Mudah dan Cepat

By On Senin, Januari 20th, 2020 Categories : traveling

Pesan tiket kereta api secara online banyak menjadi pilihan orang-orang saat ini. Apalagi menjelang hari libur, pasti setiap orang ingin mendapatkan tiket sesegera mungkin secara mudah tanpa perlu mengantri di loket. Ada cara lengkap cara pesan tiket kereta secara online juga di sini dan bisa Anda pelajari dengan mudah. Anda harus memesannya sesegera mungkin sebelum tiket transportasi segala umat ini kehabisan.

Bepergian apalagi dengan menggunakan kereta api adalah yang ternyaman dan jarang sekali ada yang mengalami mabuk selama perjalanan. Lajunya yang stabil bisa membuat Anda dapat duduk tenang dan istirahat dengan nyaman di dalamnya. Apalagi bagi Anda yang takut akan ketinggian karena menggunakan transportasi udara. Transportasi cepat yang menjadi alternatif bagi Anda adalah kereta api. Anda akan banyak menemukan sensasi menyenangkan selama menaiki kereta api. Ada banyak kisah yang bisa Anda ceritakan setelah sampai di tempat tujuan.

beli tiket kereta langsung

Dimana Anda Bisa Beli Tiket Secara Online dan Bagaimana Caranya?

Jika Anda ingin membeli tiket secara online, ada cara lengkap cara pesan tiket kereta secara online juga disini. Apa saja cara-caranya?

1.Melalui Halaman Resmi KAI
Anda dapat membelinya melalui halaman resmi KAI melalui situsnya, yakni kai.id. Anda bisa langsung mengatur kemana tujuan Anda, dari stasiun mana Anda berangkat dan akan turun di stasiun mana, waktu keberangkatan Anda, dan jumlah penumpang yang akan menaiki kereta. Anda juga akan memilih kereta mana yang akan digunakan sekaligus harga juga tertera di halaman tersebut dan kemudian Anda akan melakukan proses pemesanan.

2.Pembelian Melalui KAI Access
Terlebih dahulu Anda harus men-download aplikasi dari KAI Access melalui App Store atau Google Play pada smartphone Anda. Jika sudah mengunduhnya, Anda bisa membukanya dan mendaftarkan diri dengan memasukkan nomor telepon aktif Anda dan identitas-identitas pribadi lainnya.  Dengan menggunakan aplikasi ini ada keistimewaan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda tidak jadi pergi, Anda bisa membatalkan pemesanan tiket kereta tersebut.

3.Manfaatkan Online Travel Agent
Banyak sekali layanan agen yang bekerjasama dengan PT KAI untuk membantu Anda akan kebutuhan tiket kereta api. Anda juga dapat membelinya di beberapa minimarket, seperti Alfamart dan Indomaret. Anda bisa melakukan proses transaksinya dan mendapatkan kode booking. Kode booking tersebut dapat Anda cetak menjadi selembar tiket ketika Anda sudah sampai di stasiun.

4. Melalui Kontak Center 121
Jalur lainnya adalah Anda bisa menghubungi kontak center 121. Petugas akan melayani pemesanan tiket Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan data-data yang akan diminta oleh petugas. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode booking yang harus segera dilakukan proses transaksi pembayaran melalui transfer ATM ataupun e-banking. Ada batasan waktu dalam pembayaran Anda, yakni selama 1 jam.

Cara Melakukan Check In di Stasiun Hingga Naik Kereta

Setibanya Anda di stasiun, Anda tidak bisa langsung masuk ke ruang tunggu keberangkatan. Ada tahapan check in yang harus Anda selesaikan. Bagaimana saja langkah-langkahnya?.

menunggu kereta di peron

  1. Carilah Mesin Check In Setibanya di Stasiun
    Setibanya Anda di stasiun segeralah untuk mencari mesin check in. Anda hanya perlu mengetikkan kode booking yang tertera ketika Anda melakukan pembelian tiket. Boarding Pass akan keluar dari mesin dengan ID, kode booking, nama kereta api, tujuan, jadwal keberangkatan Anda.
  2. Verifikasi Boarding Pass Oleh Petugas
    Boarding pass yang sudah Anda dapatkan akan melalui proses pengecekan oleh petugas dan jangan lupa menyertakan kartu identitas Anda. Alat scanner akan memeriksa kecocokan boarding pass dengan kartu identitas Anda.
  3. Menunggu di Ruang Tunggu
    Setelah dilakukan pengecekan, Anda bisa menunggu pengumuman keberangkatan kereta api di ruang tunggu.
  4. Naik ke Kereta
    Setelah mendapat pengumuman atau aba-aba dari petugas, Anda bisa naik ke kereta dan mencari nomor tempat duduk Anda sesuai yang tertera pada boarding pass.
  5. Pengecekan Dalam Kereta
    Petugas di dalam kereta akan mengecek kembali boarding pass penumpang dan siapkan kembali boarding pass Anda.

Tiket menjadi kunci utama bagi Anda agar perjalanan benar-benar terlaksana. Oleh karena itu pastikan sejak Anda membeli tiket kereta, tiket Anda benar-benar valid hingga sampai pada proses check in dan pengecekan oleh petugas. Setelahnya Anda bisa duduk di dalam kereta dengan tenang.

loading...
Cara Pesan Tiket Kereta Online Mudah dan Cepat | Destiara Cahaya | 4.5